Smart Akademik, Fitur yang Memudahkan Proses Manajemen Perakademikan Kampus

Tampilan Logo dari Fitur Smart Akademik Produk Smart Campus (ft:GarudaCyber.co.id)


Perguruan tinggi harus bisa mengelola dan menciptakan sistem yang sesuai dengan kebutuhan namun di sisi lain juga dapat memajukan kampus. 

Terdapat beberapa sistem yang perlu diperhatikan dalam pengelolaan manajemen kampus yang meliputi sistem informasi umum, sistem informasi akademik, sistem pengaturan keuangan, sistem perpustakaan, dan sistem pengelolaan aset. Sistem informasi umum merupakan sistem yang dapat diakses oleh publik. 

Dengan adanya transformasi digital tentu sangat penting untuk mengubah kualitas sebuah perguruan tinggi menjadi lebih baik. Salah bentuk perubahan transformasi digital ini diberlakukan pada sebuah sistem informasi akademik di sebuah perguruan tinggi. 

Dalam perguruan tinggi, tentunya dibutuhkan suatu sistem yang dapat membantu proses manajemen sistem perakademikan kampus. Oleh karena itu, Smart Akademik hadir untuk mengatasi permasalahan tersebut.

Sistem informasi akademik merupakan sistem yang dapat diakses oleh mahasiswa, dosen dan tata usaha. Sistem untuk mahasiswa meliputi informasi jadwal kuliah, jadwal bimbingan, nilai (baik IP maupun IPK).

Sistem Informasi Akademik di sebuah perguruan tinggi memiliki peran yang sangat penting. Pengembangan Sistem Informasi Akademik harus betul-betul dilakukan dengan sungguh-sungguh. Jika Sistem Informasi Akademik yang telah diterapkan pada suatu perguruan tinggi berjalan suskses, maka akan membantu perguruan tinggi menjadi lebih siap dalam menyiapkan segala tantangan yang ada di depan.

Dengan adanya proses manajemen akademik yang baik maka akan tercapainya suatu tujuan yang efektif dan efesien dalam proses kerja sama suatu lembaga pendidikan yang mengatur semua komponen-komponen lembaga pendidikan dengan berbagai inovasi-inovasi yang diterapkan.

Adapun pengguna yang dapat mengakses fitur Smart Akademik ini adalah sebagai berikut.

  1.  Operator Akademik

  2. Admin Prodi

  3. Mahasiswa dan 

  4. Dosen

Terdapat manfaat ataupun keunggulan yang dimiliki oleh fitur Smart Akademik diantaranya adalah sebagai berikut.

  1. Terintegrasi dengan Aplikasi PDDikti 

  2. Proses setup cepat & mudah 

  3. Fitur RBAC dan hak akses penuh operator 

  4. Migrasi data dari feeder lebih mudah

Pada awalnya, proses manajemen perakademikan kampus dilakukan secara manual. Tentunya konsep seperti ini tidak mudah, banyak persiapan yang perlu dilakukan oleh pihak kampus. 

Perlu diketahui juga bahwasanya terdapat beberapa fitur lainnya yang ada pada Smart Akademik, diantaranya yaitu:

  1. Manajemen data mahasiswa 

  2. Manajemen data dosen 

  3. Manajemen kurikulum 

  4. Manajemen matakuliah 

  5. Manajemen ruangan 

  6. Manajemen jabatan 

  7. Manajemen kelas kuliah 

  8. Manajemen akta ajar dosen 

  9. Manajemen data AKM 

  10. Manajemen unit jabatan 

  11. Manajemen kuisioner Cetak KTM 

  12. Manajeman Laporan Integrasi dengan PDDikti 

  13. Manajemen EDOM 

Jika pihak kampus hendak melakukan perubahan pada konsep manajemen akademik-nya dengan memanfaatkan kemampuan teknologi, maka fitur Smart Akademik pada Produk Smart Campus merupakan pilihan yang tepat.

Banyak sekali manfaat yang bisa dirasakan apabila sebuah perguruan tinggi menggunakan transformasi digital ini. Transformasi digital ini dapat disebut sebagai sebuah langkah yang baik untuk meningkatkan pendidikan menjadi lebih cepat dan kuat.

Teknologi digital ini tentunya juga bisa mengurangi seluruh biaya pengeluaran di perguruan tinggi. Jadi biaya untuk melakukan pengelolaan dan pelaporan data menjadi lebih murah dan mudah.

Jadi tunggu apalagi, segera berlangganan dengan produk Smart Campus dan terapkan fitur Smart Akademik pada sistem manajemen kampus-mu!

Sukai/Like Fan Page Facebook Garuda Cyber Indonesia

Subscribe Channel Youtube Garuda Cyber Indonesia

Follow Instagram Garuda Cyber Indonesia

Chat Wa

Artikel Terpopuler

Definisi Struktur Kontrol Perulangan Dalam Pemrograman Dan Contohnya

Pada dasarnya perulangan pada pemrograman yang sama dengan perulangan bahasa pemrograman lainnya. Struktur kontrol perulangan yang dipakai memilki suatu fungsi dari program yang akan dijalankan secara berulang. Contohnya anda ingin membuat tampilan nama anda sebanyak 100 kali, tentu akan sangat lama jika anda menuliskan kode program secara dengan manual. Dengan struktur kontrol perulangan bisa menampilkan dengan nama sebanyak 100 kali...