Aplikasi Pemilihan Raya Mahasiswa

Di perguruan tinggi, akhir tahun menjadi momen berakhirnya pula sistem kepengurusan pada sebuah organisasi mahasiswa di lingkungan kampus. Kendati tidak seluruh masa bakti dalam organisasi mahasiswa sesuai dengan setahun kalender.

Sebagai generasi penerus bangsa, mahasiswa juga memiliki pesta demokrasi sendiri di lingkungan kampus yang bertujuan mempersiapkan mahasiswa untuk memasuki organisasi sesungguhnya, tentunya ketika sudah lulus nanti.

Pesta demokrasi di lingkungan kampus dikenal dengan istilah pemilihan raya mahasiswa atau disingkat sebagai Pemira. 

Lalu, apa itu pemilihan raya mahasiswa?

Pemilihan raya mahasiswa merupakan suatu mekanisme bentuk demokrasi di tengah lingkungan perguruan tinggi. Pemilihan raya mahasiswa biasanya dilaksanakan di akhir tahun, mulai dari Oktober hingga Desember. Layaknya pemilihan umum pada umumnya, pemilihan raya mahasiswa juga dilaksanakan secara demokratis dan juga mengedepankan azas langsung, umum, bebas, rahasia, jujur, serta adil, dan digelar setiap setahun sekali.

Secara sederhana dapat dikatakan, pemilihan raya mahasiswa adalah kegiatan yang serupa dengan pemilu pada umumnya, namun dengan ruang lingkup yang lebih kecil, ya hanya di lingkungan kampus saja. Pemilihan raya mahasiswa biasanya dilakukan untuk memilih pemimpin di lingkungan kampus, mulai dari Ketua dan Wakil Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) sebagai organisasi tertinggi di kampus, Dewan Legislatif Mahasiswa (DLM), serta perangkat yang lainnya di lingkungan perguruan tinggi.

Seperti pemilihan umum, pemilihan raya mahasiswa juga menugaskan sejumlah panitia yang bertanggung jawab dalam mengawasi serta memastikan proses pemilihan raya mahasiswa berjalan dengan baik, mulai dari pencalonan, pemungutan suara mahasiswa, penghitungan suara mahasiswa, hingga pengumuman perolehan dari suara yang diperoleh untuk masing-masing calon peserta pemilihan.

Melalui pemilihan raya mahasiswa, diahrapkan setiap mahasiswa dapat berperan secara aktif dalam menerapkan sistem demokrasi yang dimulai dari lingkungan kampus. Sehingga ke depan, tepatnya ketika lulus, setiap mahasiswa mampu berkontribusi saat menentukan sosok pemimpin selanjutnya, dan mengimplementasikan praktik demkorasi juga memberikan partisipasi dalam bidang politik.

Selain itu, dengan adanya pemilihan raya mahasiswa akan membuat mahasiswa lebih memahami perannya sebagai generasi penerus bangsa, meski dimulai dari pesta demokrasi di lingkungan kampus serta menciptakan pendidikan dengan iklim demokrasi secara baik bersama seluruh civitas akademik di perguruan tinggi.

Kendati ini merupakan kegiatan keorganisasian khusus mahasiswa, bukan berarti tidak ada peran perguruan tinggi di dalamnya, pihak kampus sangat berperan dalam mendukung proses pemilihan raya mahasiswa agar berjalan dengan baik. Terlebih lagi, setiap kegiatan di lingkungan kampus membutuhkan anggaran untuk operasional. 

Sebelumnya, memang pemilihan raya mahasiswa dilakukan secara manual. Namun seiring perkembangan teknologi informasi dan era digitalisasi, pemilihan raya mahasiswa pun beralih ke sistem yang lebih modern, yakni dengan memanfaatkan teknologi informasi.

Dengan pemanfaatan teknologi informasi, tidak ada lagi kendala terkait kotak suara, surat suara, maupun proses penghitungan suarat yang seringkali memakan waktu dan banyak tenaga. Karena, semuanya berjalan melalui sistem digital.

Untuk mendukung pemilihan raya mahasiswa berjalan dengan baik, sudah semestinya perguruan tinggi memberikan kontribusi dengan menerapkan sistem pemilihan raya mahasiswa yang sudah terdigitalisasi.

Pemilihan raya mahasiswa yang berjalan dengan sistem digital atau online akan membantu manajemen secara baik pula. Mulai dari proses pendataan calon peserta pemilihan, data pemilih, sampai hasil suara yang diperoleh. Sehingga, pihak kampus yang berwenang di bidang kemahasiswaan dapat lebih mudah melakukan pemantauan serta mengontrol setiap aktivitas mahasiswa di kampus.

Aplikasi Pemilihan Raya Mahasiswa Garuda Cyber Indonesia

Garuda Cyber Indonesia sebagai perusahaan yang bergerak di bidang teknologi informasi dengan berbagai inovasi selalu mendukung sistem pendidikan di Tanah Air, tak terkecuali memberikan dukungan pesta demokrasi di lingkungan kampus melalui aplikasi pemilihan raya mahasiswa ciptakan para ahli.

Aplikasi pemilihan raya mahasiswa Garuda Cyber Indonesia ini merupakan aplikasi manajemen pemilihan raya mahasiswa dengan penghitungan quick count secara otomatis dan terintegrasi sms gateway.

Mengingat pentingnya manfaat aplikasi pemilihan raya mahasiswa pada proses demokrasi di lingkungan kampus, Garuda Cyber Indonesia berkomitmen memudahkan pesta demokrasi para mahasiswa melalui aplikasi raya mahasiswa.

Aplikasi pemilihan raya mahasiswa ini tentunya didukung berbagai keunggulan yang tentunya disesuaikan dengan kebutuhan pemilihan. Beragam keunggulan yang melengkapi aplikasi pemilihan raya mahasiwa ini, di antaranya yakni sebagai berikut ini:

1. Data master
Data master adalah fitur pertama yang dihadirkan Garuda Cyber Indonesia di aplikasi pemilihan raya mahasiswa ini. Data master memudahkan dalam memanajemen setiap menu yang dibutuhkan pada aplikasi ini. Data master dilengkapi pula dengan fitur pendukung, mulai dari penginputan, manajemen menu, dan lain sebagainya.

2. Manajemen daftar pemilih tetap
Meski hanya dilakukang di lingkungan kampus, pemilih tetap menjadi hal yang penting untuk diperhatikan. Aplikasi pemilihan raya mahasiswa ini mendukung dan memudahkan dalam melakukan manajemen daftar pemilihan tetap. 

Menu ini akan melakukan manajemen daftar pemilih tetap dengan baik. Sehingga, tidak ada data pemilih ganda ketika pemilihan raya mahasiswa dilaksanakan. Jika daftar pemilih tetap sudah dikelola dengan baik, kemungkinan terjadinya kecurangan akibat dua suara dari pemilih ganda dapat pula dihindari.

3. Manajemen data pasangan calon (paslon)
Tidak hanya memanajemen daftar pemilih tetap, data pasangan calon atau paslon juga harus dikelola dengan baik. Sehingga, proses pemilihan raya mahasiswa untuk segala tingkat dapat terkontrol dengan baik.

4. Unggah dan verifikasi berkas paslon
Pasangan calon atau paslon dapat melakukan pendaftaran secara langsung lewat aplikasi pemilihan raya mahasiswa ini. Aplikasi pemilihan raya mahasiswa ini memudahkan dalam proses unggah hingga verifikasi berkas yang menjadi syarat yang harus dilengkapi setiap paslon.

5. E-voting
Aplikasi pemilihan raya mahasiswa ini berjalan secara online. Jadi memudahkan dalam proses pemilihan dan meminimalisir terjadi kerumunan serta antrean saat pemungutan suara dilaksanakan. Sebab, aplikasi pemilihan raya mahasiswa dilengkapi dengan e-voting.

E-voting memudahkan proses pemungutan suara setiap user. Meski berjalan secara online, e-voting memiliki keabsahan suara yang lebih valid yang meminimalisir terjadinya kecurangan.

6. Penghitungan suara otomatis (quick count)
Setelah pemungutan suara dilaksanakan, proses selanjutnya tentu penghitungan suara. Aplikasi pemilihan raya mahasiswa dair Garuda Cyber Indonesia dilengkapi dengan fitur penghitungan suara secara otomatis atau quick count layaknya pemilu.

Dengan quick count, penghitungan suara dapat dilakukan secara cepat, muda, dengan hasil yang tepat dan akurat. Hasil penghitungan suara kemudian akan tersimpan di database. Jadi lebih aman.

7. Laporan hasil pemilihan raya mahasiswa
Tak hanya penghitungan secara otomatis, aplikasi pemilihan raya mahasiswa ini menyediakan laporan hasil pemilihan secara tepat. Laporan yang lengkap akan memudahkan dalam mengambil keputusan dalam pemilihan raya mahasiswa.

8. Integrasi SMS gateway dan email blast
Menariknya, aplikasi pemilihan raya mahasiswa ini sudah terintegrasi dengan SMS gateway dan email blast. Sehingga hasil suara dan hal lainnya dapat diinformasikan melalui SMS maupun email yang dikirim secara massal, bukan satu per satu.

Sudah saatnya mempercayakan sistem pemilihan raya mahasiswa yang terdigitalisasi pada aplikasi pemilihan raya mahasiswa dari Garuda Cyber Indonesia. Garuda Cyber Indonesia tak hanya menjual, tapi juga menghadirkan mutu dan kualitas terbaik. Buktinya, sudah banyak perguruan tinggi yang bekerja sama dengan Garuda Cyber Indonesia menerapkan aplikasi ini pada sistem pemilihan raya mahasiswa.

Hubungi kami : Admin (0811-7674-727)

Sukai/Like Fan Page Facebook Garuda Cyber Indonesia

Subscribe Channel Youtube Garuda Cyber Indonesia

Follow Instagram Garuda Cyber Indonesia

Chat Wa

Artikel Terpopuler

Definisi Struktur Kontrol Perulangan Dalam Pemrograman Dan Contohnya

Pada dasarnya perulangan pada pemrograman yang sama dengan perulangan bahasa pemrograman lainnya. Struktur kontrol perulangan yang dipakai memilki suatu fungsi dari program yang akan dijalankan secara berulang. Contohnya anda ingin membuat tampilan nama anda sebanyak 100 kali, tentu akan sangat lama jika anda menuliskan kode program secara dengan manual. Dengan struktur kontrol perulangan bisa menampilkan dengan nama sebanyak 100 kali...