Jual Aplikasi E-Learning

Di era digitalisaisi seperti saat ini menuntut semua sektor untuk dapat menyesuaikan diri dengan teknologi informasi yang kian berkembang. Tidak hanya di dunia usaha dan industri, bahkan sektor pendidikan juga harus disesuaikan dengan perkembangan teknologi informasi agar dapat bersaing di tengah persaingan global yang begitu dipengaruhi segala kecanggihan teknologi dan dibarengi dengan kecepatan informasi.

Seiring perkembangan teknologi informasi, ditambah jaringan internet yang sudah dapat diakses dengan mudah dimana saja dan kapan saja, berbagai lembaga pendidikan formal hingga non formal bahkan dari tingkat terendah pun mulai memanfaatkan kemudahan ini. 

Bahkan kekinian, peserta didik tidak selalu bertatap muka dengan guru atau tenaga pengajarnya. Terlebih lagi beberapa tahun belakangan, dunia diterpa pandemi Covid-19 yang tidak memungkinkan bagi peserta didik dan guru untuk saling bertemu dalam proses belajar serta mengajar secara normal di sekolah seperti biasanya. 

Alhasil, teknologi informasi berperan sebagai media penghubung antara peserta didik dan guru agar proses belajar dan mengajar dapat berjalan dengan baik meski dalam kondisi yang tidak normal.

Hingga pandemi Covid-19 mereda, teknologi informasi masih saja menjadi andalan untuk mendukung proses belajar dan mengajar, bahkan metode ini dianggap lebih efektif dalam meningkatkan nilai akademik peserta didik meski intensitas pertemuan langsung di sekolah berkurang.

Nah, salah satu teknologi informasi yang digunakan dalam mendukung proses belajar dan mengajar jarak jauh, namun tetap efektif adalah metode e-learning. E-learning saat ini sudah banyak diterapkan di berbagai tingkat pendidikan.

Lantas, apa itu e-learning?

Electronic learning atau dikenal sebagai e-learning merupakan sebuah metode belajar dan mengajar yang memanfaatkan teknologi informasi berupa jaringan internet. 

Sebenarnya e-learning sudah diterapkan sejak dulu. Pertama kali diperkenalkan di Universitas Illionis di Urbana Campaign. Kala itu, e-learning diperkernalkan dengan memanfaatkan komputer atau disebut PLATO. Hingga saat itu, e-learning terus mengalami perkembangan mengikuti arus kemajuan teknologi informasi. 

Dengan e-learning, proses pembelajaran dapat dilakukan dimana saja dan kapan saja, bahkan oleh siapa saja. Seperti pembelajaran online lainnya, e-learning tidak mengharuskan peserta didik dan tenaga pengajar, baik guru dan dosen untuk saling bertatap muka dalam satu ruangan tertentu.

E-learning saat ini sudah banyak digunakan di hampir sekolah bahkan hingga perguruan tinggi negeri maupun swasta. Selain mengikuti perkembangan era digital, pandemi Covid-19 yang sampai saat ini belum usai juga menuntut pendidikan harus disesuaikan dengan memanfaatkan sistem online atau dalam jaringan (daring).

Pada praktiknya e-learning memanfaatkan teknologi informasi yang dijadikan sebagai sarana pembelajaran. Umumnya, e-learning memakai media yang berbasis website dan internet. 

E-learning biasanya menyajikan materi berupa teks dalam format dokumen, video dan audio pembelajaran, bahkan hadir secara siaran langsung atau streaming video YouTube. Seluruh materi belajar dan mengajar dalam bentuk catatan, ujian, maupun kuis, dapat mudah diakses melalui website.

Dengan kata lain, diciptakannya e-learning guna mengatasi setiap hal yang menjadi kendala yang tidak memungkinkan bagi peserta didik dan tenaga pengajar saling bertemu dalam ruang dan waktu yang sama dalam rangka melaksanakan proses belajar mengajar. 

E-learning memungkinkan sistem pendidikan tetap berjalan secara efektif meski tanpa pertemuan tatap muka secara langsung antara peserta didik dan tenanga pengajar, tanpa dipengaruhi dimensi ruang maupun waktu. Jadi dengan kata lain, pembelajaran berjalan secara online.

Jual Aplikasi E-Learning

Dalam rangka kemajuan pendidikan di tengah perkembangan teknologi informasi, semua instansi pendidikan harus mampu menerapkan sistem dalam jaringan (daring) atau sistem belajar online. Salah satunya dengan memanfaatkan aplikasi e-learning.

Jika sekolah belum memiliki aplikasi e-learning, tidak ada salahnya membeli atau menggunakan jasa pembuatan e-learning yang handal dan profesional. Nah, kini sudah hadir aplikasi e-learning ciptakan Garuda Cyber Indonesia. 

Garuda Cyber Indonesia merupakan perusahaan teknologi informasi yang selalu berinovasi, termasuk menciptakan aplikasi e-learning. Tak hanya menjual, Garuda Cyber Indonesia juga menyediakan jasa pembuatan web e-learning sesuai kebutuhan instansi pendidikan.

Setiap fitur pada aplikasi e-learning Garuda Cyber Indonesia disesuaikan dengan kebutuhan pengguna atau user baik siswa maupun guru. Untuk tingkat perguruan tinggi, aplikasi e-learning Garuda Cyber Indonesia terintegrasi pada Smart Campus, sebuah sistem informasi kampus merdeka belajar.

Tak hanya memungkinkan guru dan siswa belajar secara efektif meski tanpa adanya pertemuan langsung secara tatap muka, ada banyak fitur-fitur yang memudahkan proses pembelajaran jarak jauh berjalan dengan baik. Apa saja? Berikut di antaranya:

User Guru
Hak untuk mengakses e-learning bagi guru dan siswa berbeda. Sehingga, menu yang disediakan pun juga berbeda. Berikut sejumlah fitur aplikasi e-learning bagi guru:

1. Profile
Fitur ini memungkinkan guru mengatur profilnya. Guru bahkan bisa mengubah foto profil, data pribadi, hingga password yang digunakan sebagai kunci untuk mengakses akun pada aplikasi e-learning.

2. Classroom
Menu classroom digunakan dalam proses pembelajara. Classroom menampilkan jadwal  mengajar guru hingga sepekan ke depan. Di sini guru juga bisa memantau tingkat kehadiran siswa secara online dan menambahkan aktivitas belajar dan mengajar.

Classroom juga menyediakan sub menu berupa materi, tugas, diskusi, dan ujian. Materi yang ditampilkan dapat berupa teks dokumen, gambar, bahkan video. Adapula chat interaktif yang memudahkan guru berkomunikasi dengan siswa secara online tentunya.

3. Schedules
Fitur ini menampilkan jadwa mengajar guru, dilengkapi dengan hari, tanggal, dan kelas yang diajar. Jadwal yang ditampilkan berupa harian dan satu pekan ke depan.

4. Menu Assignment
Fitur ini digunakan untuk tugas-tugas mendetail yang diberikan kepada siswa. Guru dapat langsung melihat tugas yang dikerjakan siswa dan memberikan penilaian.

5. Bank Materi
Di sini guru dapat menginput materi-materi belajar sebelum pembelajaran dimulai. Materi dapat disimpan sebelum diberikan kepada siswa.

User Siswa
Tak seperti user guru, fitur yang dihadirkan aplikasi e-learning Garuda Cyber Indonesia untuk siswa di antaranya meliputi:

1. Classroom
Fitur ini digunakan siswa untuk memasuki kelas dan mengikuti pembelajaran dari guru. Siswa dapat membuka history materi belajar yang diberikan guru di classroom ini.

Di classroom, siswa dapat melihat materi yang diberikan guru hingga mengerjakan ulangan harian, UTS, hingga US berbasis online dengan batas waktu yang ditentukan.

2. My Schedules
Siswa dapat melihat semua jadwal belajar harian maupun selama sepekan ke depan melalui fitur ini.

3. Latest Activity
Fitur yang satu ini merupakan shortcut guna melihat pembaruan yang dibuat guru. Jadi siswa dapat langsung mengetahui materi, tugas, ujian, maupun aktivitas baru di kelas online dari seluruh mata pelajaran.

4. Assignment
Assignment merupakan fitur yang memudahkan siswa melihat tugas yang diberikan guru. Di sini siswa dapat melihat status tugas hingga nilai yang diberikan guru untuk setiap tugas yang diberikan.

Selain itu, aplikasi e-learning Garuda Cyber Indonesia dilengkapi fitur unggulan berupa, classroom, forum diskusi, bank materi, integrasi absensi, ujian siswa, serta video conference.

Hubungi kami : Admin (0811-7674-727)

Sukai/Like Fan Page Facebook Garuda Cyber Indonesia

Subscribe Channel Youtube Garuda Cyber Indonesia

Follow Instagram Garuda Cyber Indonesia

Chat Wa

Artikel Terpopuler

Definisi Struktur Kontrol Perulangan Dalam Pemrograman Dan Contohnya

Pada dasarnya perulangan pada pemrograman yang sama dengan perulangan bahasa pemrograman lainnya. Struktur kontrol perulangan yang dipakai memilki suatu fungsi dari program yang akan dijalankan secara berulang. Contohnya anda ingin membuat tampilan nama anda sebanyak 100 kali, tentu akan sangat lama jika anda menuliskan kode program secara dengan manual. Dengan struktur kontrol perulangan bisa menampilkan dengan nama sebanyak 100 kali...