Sistem Kepegawaian di Indonesia

Seiring perkembangan zaman, teknologi informasi pun kian bertumbuh pesat. Hampir semua aktivitas dan pekerjaan memanfaat kecanggihan teknologi informasi yang terbukti mampu menghadirkan kemudahan, menghemat waktu dan tenaga, bahkan memangkas biaya.

Saat ini penggunaan teknologi informasi pun menjadi suatu yang mutlak untuk digunakan dalam segala sektor, tidak terkecuali di lembaga pendidikan formal maupun non formal, negeri atau swasta.

Di perguruan tinggi sistem berbasis teknologi informasi sangat mempengaruhi kinerja semua pihak internal kampus. Teknologi informasi pun digunakan dalam sistem manajemen kepegawaian. Sistem kepegawaian mampu mengontrolserta memanajemen setiap informasi dengan rapi dan tertata.

Lantas, apa itu sistem kepegawaian?

Sistem kepegawaian merupakan sekelompok proses yang memudahkan dalam pengolahan data, analisis, serta menampilkan data yang digunakan untuk mengambil sebuah keputusan. Sistem kepegawaian menjadi alat yang digunakan dalam menunjang serta mengendalikan operasional kampus.

Tujuan sistem kepegawaian ini dirancang untuk memudahkan dan membantu setiap aktivitas serta pekerjaan yang berkaitan dengan manajemen kepegawaian, termasuk di lingkungan kampus. Sehingga, hasilnya dapat digunakan dengan tersistem serta terstruktur.

Namun, tujuan utama penggunaan sistem kepegawaian adalah memudahkan pengumpulan data dan melakukan pengaturan seluruh data untuk berbagai level atau tingkat pegawai kampus. Sistem kepegawaian dapat meringkas, memfasilitasi, serta meningkatkan pengambilan suatu keputusan yang berkualitas agar produktivitas juga probabilitas pegawai turut meningkat pula.

Sistem kepegawaian biasanya berbasis komputer berupa lembaran excel hingga platform atau aplikasi yang sangat kompleks. Tak hanya itu, data yang disimpan bisa diakses juga diolah untuk kebutuhan internal dan eksternal. Dengan begitu, sistem kepegawaian dapat digunakan secara produktif dan efisien.

Sistem kepegawaian sangat diperlukan karena tingginya tingkat kompleksitasnya dalam lingkungan kampus. Jika tata kelola kepegawaian di lingkungan kampus masih dilakukan secara manual, maka dikhawatirkan akan mempengaruhi pengambilan keputusan di lingkungan kampus.

Sebab, setiap keputusan yang diambil harus didasari informasi relevan dan sudah terverifikasi. Jika informasi tidak relevan maupun belum terverifikasi, maka produktivitas di lingkungan kampus akan menurun.

Selain itu,  ada sejumlah fungsi lainnya sistem kepegawaian. Di antaranya sebegai berikut ini:

1. Memudahkan pengambilan keputusan
Suatu sistem sudah seharusnya memuat informasi secara relevan serta berasal dari sumber valid. Kemudian informasi tersebut memuat fakta sehingga keputusan yang diambil berjalan dengan baik. Dengan sistem kepegawaian, pengambilan keputusan di internal kampus akan terstruktur lebih baik.

2. Bantu temukan masalah
Sistem kepegawaian akan menampilkan informasi secara relevan untuk setiap kegiatan kepegawaian. Sistem akan memberikan solusi jika terjadi masalah pada manajemen kepegawaian.

3. Bantu bandingkan kinerja pegawai
Sistem kepegawaian memuat history atau catatan berupa data yang disimpan dalam database. Sehingga, pihak internal kampus dapat dengan mudah membandingkan kinerja pegawai.

4. Bantu koordinasi antara divisi
Di setiap kampus, tentunya memiliki masing-masing pegawai ditugaskan divisi yang sesuai. Sehingga, dibutukan sistem kepegawaian untuk mengkoordinasikan setiap divisi secara baik. Sistem kepegawaian akan membantu koordinasi antara divisi kampus. 

Sistem Kepegawaian di Indonesia
Kampus akan berkembang baik dan dinamis jika didukung sumber daya manusia sebagai pegawai yang dimanajemen dengan tepat. Sehingga, sangat penting bagi pihak kampus untuk memperhatikan urusan kepegawaiannya agar dapat dikembangkan secara maksimal  sesuai kemampuan dan keahlian mereka.

Setiap unit di kampus diisi dengan pegawai yang terstruktur. Agar terstruktur dan terkoordinasi dengan baik dibutuhkan aplikasi sistem kepegawaian yang mendukung. Sehingga tidak ada lagi sistem manual yang menghabiskan waktu, tenaga, dan biaya dalam pengarsipan data pegawai untuk setiap unit kampus.

Terlebih lagi saat ini teknologi terbukti lebih efektif dan efesien dalam mendukung dan memudahkan setiap pekerjaan, termasuk dalam tata kelola kepegawaian di lingkungan kampus. Nah, Garuda Cyber Indonesia menawarkan tata kelola kepegawaian yang mudah, cepat, tepat, dan terstruktur dengan baik melalui sistem berbasis teknologi informasi.

Garuda Cyber Indonesia merupakan perusahaan IT atau software house yang menciptakan berbagai aplikasi untuk memenuhi kebutuhan di segala sektor. Lewat inovasi para tenaga ahli dan profesional, Garuda Cyber Indonesia menciptakan aplikasi sistem kepegawaian sebagai jawaban untuk setiap masalah kepegawaian.

Aplikasi sistem kepegawaian ini merupakan software yang memudahkan tata kelola atau manajemen kepegawaian di lingkungan kampus. Mulai dari bagian administrasi hingga ke tingkat pimpinan atau pihak yayasan kampus.

Aplikasi sistem kepegawaian ini mampu menyajikan laporan terkait kepegawaian di lingkungan kampus secara lengkap juga komperehensif.

Memasuki era digitalitasi atau industri 4.0, penggunaan aplikasi sistem kepegawaian sudah menjadi suatu keharusan bagi setiap perguruan tinggi. Setiap kampus mestinya mampu berkembang seiring pesatnya pertumbuhan teknologi informasi yang terus berinovasi untuk menjawab tantangan di era digital seperti saat ini.

Untuk itu, Garuda Cyber Indonesia hadir sebagai solusi dalam mengatasi masalah kepegawaian yang sering terjadi di lingkungan kampus. Lewat aplikasi sistem kepegawaian, Garuda Cyber Indonesia memberikan solusi terbaik yang berbasis teknologi informasi. 

Dengan aplikasi sistem kepegawaian, tata kelola kepegawaian di kampus akan tertata dengan baik dan rapi. Tak hanya menjual, Garuda Cyber Indonesia menghadirkan kualitas aplikasi sistem kepegawaian lewat berbagai keunggulan, antara lain:

1. Lengkap dan efisien
Data kepegawaian dapat dikelola menggunakan sistem yang cepat dan efektif. Sistem kepegawaian ini juga memudahkan melakukan penyimpanan data secara lengkap, baik berupa informasi pribadi, riwayat hidup, izin belajar, data mutasi, dan lain sebagainya.

2. Pelayanan mandiri
Sistem kepegawaian Garuda Cyber Indonesia dilengkapi dengan pelayanan mandiri yang memungkinkan setiap pegawai melakukan penginputan dan perbaikan data secara langsung melalui sistem. Sistem kepegawaian ini juga mendukung untuk pengajuan cuti secara cepat, mudah dan mandiri.

3. Proses pencarian cepat
Data yang disimpan dalam database sistem kepegawaian ini dapat ditemuakan dengan mudah dan cepat dengan adanya fitur pencarian. Cukup dengan menginput data, maka sistem akan menampilkan data yang dibutuhkan.

4. Terintegrasi
Aplikasi sistem kepegawaian teringrasi dengan sistem utama di lingkungan kampus, yakni Smart Campus. Sistem terintegrasi tentunya akan meminimalisir terjadinya data ganda.

5. Laporan lengkap
Aplikasi sistem kepegawaian Garuda Cyber Indonesia dilengkapi dengan fitur laporan secara lengkap. Dengan demikian, pimpinan dapat dengan mudah mendapatkan laporan dimana saja dan kapan saja. Jadi pimpinan kampus tidak perlu lagi menunggu bagian administrasi kampus menyerahkan laporan yang dibutuhkan.

Selain itu, laporan yang disajikan pada aplikasi sistem kepegawaian ini terjadi dengan lengkap dan cepat. Tentunya akan memudahkan saat akan mengambil keputusan.

Menariknya lagi, aplikasi sistem kepegawaian yang terhubung langsung pada Smart Campus sebagai sistem utama kampus memudahkan dalam memajemen data kepegawaian dan lebih efisien. 

Dengan aplikasi sistem kepegawaian ini, pimpinan kampus dapat dengan mudah memantau laporan kepegawaian. Untuk pegawai, aplikasi sistem kepegawaian ini memudahkan dalam pengajuan administrasi kepegawaian dimana saja dan kapan saja.

Hubungi kami : Admin (0811-7674-727)

Sukai/Like Fan Page Facebook Garuda Cyber Indonesia

Subscribe Channel Youtube Garuda Cyber Indonesia

Follow Instagram Garuda Cyber Indonesia

Chat Wa

Artikel Terpopuler

Definisi Struktur Kontrol Perulangan Dalam Pemrograman Dan Contohnya

Pada dasarnya perulangan pada pemrograman yang sama dengan perulangan bahasa pemrograman lainnya. Struktur kontrol perulangan yang dipakai memilki suatu fungsi dari program yang akan dijalankan secara berulang. Contohnya anda ingin membuat tampilan nama anda sebanyak 100 kali, tentu akan sangat lama jika anda menuliskan kode program secara dengan manual. Dengan struktur kontrol perulangan bisa menampilkan dengan nama sebanyak 100 kali...