Sistem Informasi Data Dukung Akreditasi Kampus

Ketika memilih perguruan tinggi sebagai tempat untuk melanjutkan pendidikan, akreditasi menjadi salah satu faktor paling penting yang harus dipertimbangkan. Akreditasi merupakan istilah umum yang mengarah kepada mutu maupun kualitas pendidikan.

Akreditasi di perguruan tinggi secara resmi diberikan oleh Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN PT) berdasarkan beberapa hal tentunya. Baik perguruan tinggi negeri maupun swasta, tidak terlepas dari akreditasi yang diperoleh  dari beberapa penilaian dari BAN PT secara nasional.

Apa itu akreditasi perguruan tinggi?

Secara umum, akreditasi merupakan suatu proses dari serangkaian penilaian terkait kualitas sebuah lembaga pendidikan berdasarkan ketetapan baku mutu. Kriteria yang digunakan tentunya mengutamakan kualitas dan mutu di lembaga pendidikan tersebut.

Dengan kata lain, akreditasi bagi perguruan tinggi adalah hasil penilaian dari kualitas kampus. Adapun kriteria yang digunakan sebagai penilaian dalam proses akreditasi kampus, di antaranya adalah sebagai berikut ini:

  1. Kurikulum yang digunakan proses pembelajaran di perguruan tinggi
  2. Jumlah pengajar atau dosen untuk mengetahui kesesuaian berdasarkan kebutuhan dan jumlah para mahasiswa di kampus tersebut.
  3. Kondisi mahasiswa
  4. Koordinasi proses pendidikan, tak terkecuali terkait sarana dan prasarana yang disediakan untuk kegiatan perkuliahan di kampus.
  5. Kesiapan bidang administrasi yang mencakup sistem tata kelola pegawai, keuangan, serta kegiatan atau keperluan di perguruan tinggi tersebut.

BAN PT sebagai pelaksana penilaian akreditasi para perguruan tinggi melakukan proses akreditasi dengan waktu berkala, yakni sekali dalam lima tahun. Melalui akreditasi, pemerintah ingin menjaga dan menjamin kualitas pendidikan di perguruan tinggi.

Sudah semestinya, setiap kampus di Indonesia punya kesiapan matang dalam mencetak lulusan-lulusan yang berkualitas. Dengan begitu, pendidikan tidak dapat dijadikan sekedar sebagai bisnis yang hanya mengutamakan profit atau keuntungan tanpa mementingkan kualitas pendidikan bagi mahasiswanya. Sebuah perguruan tinggi berkewajiban untuk menyediakan pendidikan yang layak dan sesuai standar yang ditetapkan.

Manfaat penilaian akreditasi bagi perguruan tinggi
Akreditasi yang diperoleh dari serangkaian penilaian sangat penting bagi sebuah perguruan tinggi. Ada sejumlah manfaat yang dapat diperoleh kampus dari akreditasi BAN PT ini. Apa saja manfaat akreditasi bagi perguruan tinggi? Berikut di antaranya:

1.Bukti Pendidikan Berkualitas
Pertama, akreditasi yang diperoleh secara resmi dari BAN PT bermanfaat bagi perguruan tinggi sebagai bukti bahwa proses pendidikan yang diselenggarakan di kampus tersebut berkualitas baik.

Akreditasi menunjukkan bahwa perguruan tinggi tersebut telah memenuhi setiap standar sebagai penyelenggara pendidikan yang berada di bawah naungan pemerintah. Sehingga, dapat dipercaya sebagai tempat yang tepat untuk melanjutkan pendidikan tinggi.


2.Jaminan Kredibilitas
Proses akreditasi hanya dilakukan untuk perguruan tinggi yang terdaftar dalam Pangkalan Data Pendidikan Tinggi (PDDikti). Penilaian untuk mendapatkan akreditasi dilakukan berkala, baik untuk perguruan tinggi sebagai institusi pendidikan, maupun program studi yang diasuh kampus tersebut.

Akreditasi yang diperoleh sekaligus sebagai jaminan bahwa sebuah perguruan tinggi memiliki kredibilitas, resmi, telah mengantongi izin, dan dapat dipercaya sebagai institusi untuk melanjutkan pendidikan tingkat tinggi atau perkuliahan.

3.Acuan Bagi Calon Mahasiswa
Semakin baik akreditasi yang diperoleh sebuah perguruan tinggi, semakin besar pula bagi kampus untuk dipilih calon mahasiswa melanjutkan pendidikannya. Karena tidak dipungkiri lagi, akreditasi menjadi acuan bagi calon mahasiswa untuk menilai sebuah perguruan tinggi itu baik atau tidak untuk menjadi tempat mereka melanjutkan pendidikan di bangku kuliah. 

Terutama untuk perguruan tinggi swasta, yang seringkali jadi pilihan kedua bagi calon mahasiswa. Dengan akreditasi perguruan tinggi swasta dapat menunjukkan kualitas yang tidak jarang melebihi perguruan tinggi negeri.

4.Dapat Bantuan Pemerintah
Akreditasi ternyata juga menjadi upaya bagi perguruan tinggi untuk mendapatkan berbagai program bantuan dari pemerintah. Seperti, program dana hibah untuk penelitian dosen hingga beasiswa bagi dosen serta mahasiswa di kampus tersebut.

SIDADU (Sistem Informasi Data Akreditasi Dukung) Smart Campus

Sudah menjadi suatu keharusan bagi setiap perguruan tinggi untuk memperoleh akreditasi dari BAN PT. Sehingga, sudah seharusnya pula proses untuk mendapatkan akreditasi dilaksanakan semaksimal mungkin.

Pada prosesnya, pelaksanaan akreditasi tentynya tidak mudah, banyak persiapan yang mesti dilakukan pihak kampus. Setiap perguruan tinggi harus memenuhi sejumlah kategori yang termasuk dalam penilaian dalam proses akreditasi, sehingga wajib dipenuhi. Sehingga, tidak akan maksimal jika persiapan untuk akreditasi dilakukan secara manual. 

Di era digital ini setiap pekerjaan manusia telah memanfaatkan teknologi informasi. Demikian pula dengan sistem pendidikan, tidak terkecuali dalam proses untuk mendapatkan akreditasi kampus. 

Salah satu solusi untuk mempermudah persiapan dalam pelaksanaan akreditasi kampus dari BAN PT adalah dengan memanfaatkan Sistem Informasi Data Akreditasi Dukung (SIDADU) Smart Campus dari Garuda Cyber Indonesia.

Garuda Cyber Indonesia sebagai perusahaan teknologi informasi menciptakan inovasi SIDADU yang terintegrasi dengan Smart Campus untuk memudahkan proses akreditasi perguruan tinggi. SIDADU menjadi solusi tepat untuk proses akreditasi yang dilakukan BAN PT tentunya.

Ada sejumlah fitur yang dihadirkan Garuda Cyber Indonesia melalui SIDADU dengan integrasi pada Smart Campus. Apa saja? Berikut di antaranya:

1.Manajemen Kategori Berkas Akreditasi
SIDADU Smart Campus dilengkapi dengan fitur manajemen kategori berkas akreditasi dibutuhkan selama presosnya. Sehingga, pihak kampus dapat dengan mudah mempersiapkan setiap berkas yang diperlukan untuk mendukung proses akreditasi bagi kampus.

2.Unggah Dokumen Pendukung Akreditasi oleh Prodi
Tak hanya memudahkan dalam manajemen berkas, SIDADU Smart Campus juga dilengkapi dengan fitur yang memudahkan persiapan dokumen pendukung proses akreditasi kampus. Pihak prodi dapat menggunggah langsung dokumen pendukung melalui sistem.

3.Verifikasi Berkas Pendukung Akreditasi
Setelah berkas pendukung yang dibutukan untuk akreditasi diunggah, SIDADU akan melakukan verifikasi berkas secara otomatis.

4.Mereview Data yang Diunggah
Fitur memudahkan lainnya yang melengkapi SIDADU adalah rivew data yang telah diunggah ke sistem untuk memastikan bahwa berkas tersebut sudah sesuai dengan kategori yang dibutuhkan dalam proses akreditasi.

5.List Butir-Butir Akreditasi
SIDADU yang terintegrasi dengan Smart Campus juga dilengkapi dengan list butir akreditasi. Butir-butir akreditasi ini harus dipersiapkan oleh pihak kampus maupun prodi dalam proses pelaksanaan akreditasi.

6.Review Dokumen Akreditasi oleh Tim Asesor
Selain itu, SIDADU yang terintegrasi dengan Smarta Campus juga dilengkapi fitur review dokumen akreditasi oleh tim asesor. SIDADU bahkan bisa mencetak dokumen yang dibutuhkan dalam proses pelaksanaan akreditasi. 

Dengan segudang manfaat dan kemudahaan tersebut, Garuda Cyber Indonesia melalui SIDADU telah mempertimbangkan setiap kemudahan-kemudahan tersebut sesuai dengan kebutuhan kampus. Ini membuktikan bahwa Garuda Cyber Indonesia tidak hanya menjual, namun juga menghadirkan kualitas dan mutu terbaik untuk mendukung sistem pendidikan di setiap perguruan tinggi.

Nah, sudah saatnya mempercayakan SIDADU dari Garuda Cyber Indonesia untuk membantu memudahkan proses akreditasi kampus negeri maupun swasta. Terlebih lagi, Garuda Cyber Indonesia telah dipercaya banyak perguruan tinggi untuk mendukung sistem pendidikannya.

Dengan upaya yang maksimal, maka kesempatan untuk meraih akreditasi terbaik dari BAN PT akan semakin besar pula.

Hubungi kami : Admin (0811-7674-727)

Sukai/Like Fan Page Facebook Garuda Cyber Indonesia

Subscribe Channel Youtube Garuda Cyber Indonesia

Follow Instagram Garuda Cyber Indonesia

Chat Wa

Artikel Terpopuler

Definisi Struktur Kontrol Perulangan Dalam Pemrograman Dan Contohnya

Pada dasarnya perulangan pada pemrograman yang sama dengan perulangan bahasa pemrograman lainnya. Struktur kontrol perulangan yang dipakai memilki suatu fungsi dari program yang akan dijalankan secara berulang. Contohnya anda ingin membuat tampilan nama anda sebanyak 100 kali, tentu akan sangat lama jika anda menuliskan kode program secara dengan manual. Dengan struktur kontrol perulangan bisa menampilkan dengan nama sebanyak 100 kali...