Aplikasi Keuangan Kampus

Pernah anda mengalami kerepotan saat harus menghitung, melakukan penginputan, serta membuat daftar dalam bentuk laporan pengelolaan keuangan  di perguruan tinggi? Artinya, sistem keuangan di kampus tersebut masih menggunakan cara yang manual.

Padahal, seiring perkembangan zaman dan memasuki era digital, seluruh pekerjaan seharusnya sudah terintegrasi dengan kecanggihan teknologi informasi, ditambah lagi kecepatan jaringan internet yang mendukung dan memadai.

Di instansi pendidikan terutama, seluruh pekerjaan sudah seharusnya dilakukan dalam satu sistem yang terintegrasi satu sama lain. Hal ini guna memudahkan pekerjaan dengan memangkas waktu dan tenaga jika dibandingkan cara manual.

Terlebih lagi, tata kelola keuangan di kampus lebih sulit. Ada banyak transaksi terjadi yang membutuhkan ketelitian, ketepatan, dan kecepatan, serta keakuratan dalam proses penghitungannya.

Tata kelola keuangan yang dilakukan secara manual memperbesar risiko human error. Sebab itu, dibutukan sistem dan manajemen tata kelola keuangan kampus yang memanfaatkan teknologi informasi. 

Salah satunya dengan memanfaatkan aplikasi keuangan kampus. Apa itu aplikasi keuangan kampus? Aplikasi keuangan kampus merupakan sistem tata kelola keuangan kampus yang memanfaatkan teknologi informasi yang dapat diakses dengan mudah dan terintegrasi dengan sistem utama pada kampus.

Mengapa harus menggunakan aplikasi keuangan kampus? Perguruan tinggi memiliki ruang atau cakupan yang sangat luas. Layaknya perusahaan, lembaga pendidikan juga harus memiliki sistem kelola keuangan yang akurat dan tepat.

Jika hanya menggunakan cara konvensional dan manual, akan membutuhkan waktu yang sangat lama untuk menghitung bahkan untuk sekedar menyusun lembaran-lembaran kwitansi dari setiap transaksi keuangan yang dilakukan. Terlebih lagi, kwitansi menjadi satu-satunya bukti transaksi manual yang diandalkan, namun berisiko akan kehilangan.

Dalam laporan keuangan dibutuhkan pula pengelolaan yang tepat serta sesuai standar akuntasi. Sehingga, tidak jarang perguruan tinggi mempercayakan tata kelola keuangan kepada seorang akuntan dalam sistem keuangan kampus yang manual. Tapi nyatanya, cara ini tak mampu menjamin akan terjadinya risiko human error hingga kecurangan. 

Mengingat hal ini kerap terjadi dan untuk meminimalisir risiko human error maupun kecurangan, dibutuhkan sistem berbasis teknologi informasi yang bisa diakses dengan mudah, namun menghasilkan pengelolaan keuangan kampus yang tepat dan akurat.

Di sinilah aplikasi keuangan kampus dibutuhkan. Selain itu, ada sejumlah manfaat yang diperoleh jika menggunakan aplikasi kuangan kampus sebagai sistem kelola keuangan di sebuah perguruan tinggi. Apa saja? Berikut di antaranya:

1. Hemat waktu
Dengan memanfaatkan aplikasi keuangan kampus, perguruan tinggi akan dapat menghemat waktu dalam proses tata kelola keuangan kampus. Sebab, laporan terkait keuangan kampus dilakukan di sistem yang hanya membutuhkan proses penginputan dengan hasil yang cepat, tepat, dan akurat.

2. Terintegrasi dengan sistem utama
Aplikasi keuangan kampus terintegrasi dengan sistem utama yang digunakan perguruan tinggi dalam menyediakan segala informasi yang dibutuhkan di internal maupun eksternal kampus. Sehingga, setiap anggaran, catatan transaksi yang masuk maupun keluar, hingga laporan keuangan yang dibutuhkan kampus daoat terlaksana secara transparan.

3. Permudah tata kelola keuangan kampus
Aplikasi keuangan kampus memudahkan dalam tata kelola keuangan kampus. Tidak hanya dalam bentuk spesifik bahkan secara umum dan menyeluruh. Dengan demikian, kondisi keuangan kampus dapat terjaga dengan stabil. Dengan tata kelola keuangan kampus dapat dilakukan secara akurat dan tepat.

4. Minimalisir kesalahan hitung
Transaksi keuangan yang terjadi di perguruan tinggi memiliki skala besar sehingga dibutukan tingkat kefokusan yang tinggi dalam menyusun laporan keuangan kampus. Jika laporan keuangan masih dilakukan secara manual, maka risiko human error saat penghitungan dilakukan semakin tinggi. Ditambah lagi, pihak yang bertugas menghitung tidak sedikit.

Dengan aplikasi keuangan kampus, perguruan tinggi dapat menyusun laporan keuangan lebih akurat dan kesalahan maupun human error dapat diminimalisir. Sebab, aplikasi keuangan kampus dibentuk dalam bentuk sistem yang mendukung penyelesaian laporan hingga penghitungan keuangan kampus yang mudah jika dibandingkan dengan catatan manual bahkan microsoft excel.

5. Monitoring mudah
Manfaat lainnya jika menggunakan aplikasi keuangan kampus adalah memudahkan dalam monitoring keuangan kampus. Alhasil, kecurangan pada proses tata kelola keuangan kampus dapat diminimalisir.

Sebab, seluruh transaksi terkait keuangan yang masuk maupun keluar dicatat ke dalam sistem pada aplikasi keuangan kampus. Sehingga, setiap penggunaan maupun penyerapan anggaran dapat  dipantau secara langsung atau real time.

Nah, jika berbicara aplikasi keuangan kampus, ada satu perusahaan teknologi informasi yang selalu berinovasi, tak terkecuali menciptakan aplikasi keuangan kampus. Yakni, aplikasi keuangan kampus yang dibentuk dari tenaga-tenaga ahli dan profesional Garuda Cyber Indonesia.

Garuda Cyber Indonesia menghadirkan aplikasi keuangan kampus yang terintegrasi dengan sistem utama kampus. Aplikasi keuangan kampus Garuda Cyber Indonesia memudahkan dalam menyimpan setiap transaksi hingga menyediakan informasi terkait arus anggaran penggunaannya bagi pihak berwenag di perguruan tinggi.

Aplikasi ciptaan Garuda Cyber Indonesia ini juga memudahkan dalam pengelolaan keuangan kampus hingga menyusun anggaran sesuai standar akuntansi, yang cepat, tepat dan akurat. Fitur lainnya yang melengkapi aplikasi keuangan kampus ini, yakni mendukung pencatatan serta pelaporan keuangan kampus, sehingga pihak berwenang dapat dengan mudah memantau setiap proses dan transaksi keuangan keluar maupun masuk.

Berbagai fitur yang mendukung keuangan kampus dibentuk sesuai kebutuhan, sehingga laporan yang dihasilkan sangat lengkap. Selain itu, ada kelebihan-kelebihan lainnya dari aplikasi keuangan kampus Garuda Cyber Indonesia, di antaranya adalah:

1. Efektif dan efisien
Catatan transaksi dapat dibuat secara efektif dan efisien di aplikasi keuangan kampus. Selain itu, laporan dan pengelolaan keuangan kampus juga menjadi lebih mudah dilakukan.

2. Laporan keuangan lengkap
Aplikasi keuangan kampus Garuda Cyber Indonesia dilengkapi dengan fitur yang dapat menghasilkan laporan keuangan kampus secara mudah dan lengkap. Laporan keuangan kampus yang lengkap tentunya memudahkan proses evaluasi anggaran.

3. Pedoman penyusunan anggaran
Jika laporan keuangan kampus yang dilakukan di aplikasi keuangan kampus lengkap, maka akan memudahkan serta menjadi pedoman untuk menyusun anggaran selanjutnya. 

4. Terintegrasi dengan sistem manajeman asset
Keunggulan lainnya yang bisa didapatkan jika menggunakan aplikasi keuangan kampus Garuda Cyber Indonesia adalah terintegrasi dengan sistem manajemen asset. Jadi, semua perencanaan, pencairan, serta penyusunan asset akan tercatat dengan tepat dan akurat.

5. Laporan standar akuntansi
Aplikasi keuangan kampus juga dilengkapi laporan dengan standar akuntasi

Selain itu, aplikasi keuangan kampus dilengkapi dengan big data keuangan kampus, kontroling uang masuk dan keluar yang lebih terjaga, dan terintegrasi ke semua sistem pembayaran baik perbankan maupun e-wallet.

Sudah saatnya beralih ke sistem berbasis teknologi informasi dengan memanfaatkan aplikasi keuangan kampus Garuda Cyber Indonesia yang sudah dipercaya di berbagai kampus yang bekerja sama dengan Garuda Cyber Indonesia.

Tak hanya menjual, aplikasi keuangan kampus Garuda Cyber Indonesia juga menjanjikan kualitas terbaik untuk sistem tata kelola keuangan keuangan kampus yang berbasis teknologi informasi.


Hubungi kami : Admin (0811-7674-727)

Sukai/Like Fan Page Facebook Garuda Cyber Indonesia

Subscribe Channel Youtube Garuda Cyber Indonesia

Follow Instagram Garuda Cyber Indonesia

Chat Wa

Artikel Terpopuler

Definisi Struktur Kontrol Perulangan Dalam Pemrograman Dan Contohnya

Pada dasarnya perulangan pada pemrograman yang sama dengan perulangan bahasa pemrograman lainnya. Struktur kontrol perulangan yang dipakai memilki suatu fungsi dari program yang akan dijalankan secara berulang. Contohnya anda ingin membuat tampilan nama anda sebanyak 100 kali, tentu akan sangat lama jika anda menuliskan kode program secara dengan manual. Dengan struktur kontrol perulangan bisa menampilkan dengan nama sebanyak 100 kali...