Aplikasi Tracer Study - Smart Campus

Setiap lembaga pendidikan, termasuk perguruan tinggi, pastinya ingin seluruh alumni meraih kesuksesan di dunia kerja dan industri setelah bertahun-tahun menempuh pendidikan di bangku perkuliahan. Tak hanya untuk alumni, lembaga pendidikan tentunya turut mendapatkan penilaian positif jika lulusannya berhasil meraih kesuksesan di luar.

Sejumlah perguruan tinggi bahkan menerapkan program tracer study untuk mengetahui setiap perkembangan alumninya setelah lulus. 

Lalu, apa itu tracer study?

Tracer study adalah metode yang digunakan dalam melacak serta mendapatkan feedback atau umpan balik alumni dari sebuah lembaga pendidikan, khususnya perguruan tinggi di Tanah Air. Umumnya, hasil tracer study akan digunakan perguruan tinggi dalam upaya meningkatkan mutu serta kualitas pada sistem pendidikan.

Tak hanya itu, feedback yang diperoleh dari tracer study sangat bermanfaat untuk perguruan tinggi untuk memperoleh suatu gambaran dalam  dunia kerja, usaha, dan industri. Sehingga, perguruan tinggi bisa mengetahui setiap jarak dari kompetensi pada alumninya melalui keterampilan sesuai kebutuhan dunia kerja, agar selanjutnya dapat diperkecil.

Secara umum, program tracer study memiliki tujuan untuk melakukan evaluasi dari hasil pendidikan yang berkaitan dengan transisi setiap alumni dari suatu kampus terhadap dunia kerja, usaha, dan industri.

Selain itu, ada banyak informasi bisa diperoleh dari program tracer study yang dilakukan perguruan tinggi. Apa saja? Berikut di antaranya:

1. Memberikan penilaian kompetensi alumni sepanjang masa kuliah
2. Mengetahui setiap kontribusi dari perguruan tinggi dalam perkembangan keahlian para alumni.
3. Evaluasi proses belajar pada perguruan tinggi.
4. Peroleh masukan alumni tentang perbaikan pada sistem pendidikan
5. Memperoleh informasi secara lengkap terkait alumni

Mengingat adanya tujuan konstruktif, Ditjen Dikti Kemdiknas bahkan sudah menerapkan tracer study ini sejak tahun 2011. Bahkan dijadikan metode dalam mengetahui kondisi alumni sebuah perguruan tinggi saat beradaptasi di dunia pekerjaan tentunya.

Sejumlah manfaat juga diperoleh dari program tracer study ini. Terutama memberikan keuntungan bagi perguruan tinggi hingga semua pihak yang turut menerapkan program tracer study ini. Di antaranya adalah sebagai berikut:

1. Ketahui hubungan perguruan tinggi dan dunia kerja
Melalui tracer study, informasi mengenai keterkaitan perguruan tinggi dan dunia kerja. Adapun informasi yang diperoleh berupa:
- Kecocokan bidang study dengan pekerjaan. Perguruan tinggi bisa menyesuaikannya dengan sistem belajar agar kesenjangan keterampilan usai lulus dapat diminimalisir.
- Memperoleh informasi terkait keterampilan relevan pada dunia kerja kini untuk membenahi kurikulum di perguruan tinggi.

2. Sarana bangun jaringan alumni
Kebanyakan lulusan atau alumni akan berhenti komunikasi dan menjalani kehidupan dunia kerja masing-masing. Tracer study ini  menjadi upaya untuk kembali membangun relasi serta jaringan antara alumi sehingga dapat menjalin kerja sama serta berkolaborasi membangun karir maupun usaha bersama.

3. Buka pintu bisnis dan mengenali potensi alumni baru
Tracer study turut membuka kesempatan di berbagai perusahaan, khususnya yang menjalin kerja sama dengan kampus agar potensi alumni baru selanjutnya dapat diketahui pula.

Tracer study menciptakan perubahan serta perbaikan pada kurikulum perguruan tinggi. Sebab itu, para alumni pada angkatan selanjutnya dapat memiliki keahlian yang beda. Sehingga, pihak perusahaan bisa menyesuaikan pelatihan atau training dengan kemampuan pencari pekerjaan yang baru atau fresh graduate berikutnya.

4. Tingkatkan relevansi di dunia kerja dengan kurikulum kampus
Dengan cara mengetahui keahlian para alumni untuk mendorong alumni menggapai kesuksesan, perguruan tinggi bisa menyesuaian setiap kurikulum agar keahlian yang diminati di dunia kerja dapat diutamakan.

Aplikasi Tracer Study Garuda Cyber Indonesia

Mengingat betapa pentingnya program tracer study bagi alumni dan perguruan tinggi, sudah semestinya setiap kampus menerapkan program ini. Tentunya dengan memanfaatkan teknologi dan informasi, bukan dengan cara manual yang sudah tidak sesuai lagi pada era serba digital saat ini. Tracer study yang dilakukan secara digital akan sangat efektif dan efisien.

Salah satu pemanfaatan teknologi informasi di dunia pendidikan adalah penggunaan aplikasi tracer study tentunya. Aplikasi tracer study yang sudah menggunakan sistem digitalisasi akan memudahkan perguruan tinggi melacak tracer study.

Garuda Cyber Indonesia sebagai perusahaan teknologi informasi yang terus berinovasi memahami kebutuhan di perguruan tinggi, termasuk dalam penerapan program tracer study. Sebab itu, Garuda Cyber Indonesia menciptakan aplikasi tracer study yang memudahkan, efektif, dan efesien. 

Dengan aplikasi tracer study ini, perguruan tinggi dapat dengan mudah menghubungkan setiap alumninya dari setiap angkatan. Aplikasi tracer study ini membantu perguruan tinggi memperoleh informasi yang berkaitan dengan alumni dengan mudah. Paling penting, para alumni bisa memperoleh informasi lowongan kerja, terutama dari perusahaan atau instansi yang bekerja sama dengan pihak kampus. 

Selain itu, para alumni dapat kembali menjalin komunikasi setelah lama tidak berkontak setelah lulus. Untuk kampus, aplikasi tracer study ini memudahkan dalam mendukung proses akreditasi. 

Dengan beragam manfaat yang diperoleh dari program tracer study ini, ada sejumlah keunggulan yang dihadirkan aplikasi tracer study Garuda Cyber Indonesia di antaranya adalah:

1. Manajemen data alumni
Pertama, aplikasi tracer study ini tentunya memudahkan dalam proses manajemen para alumi. Aplikasi ini akan membantu secara digitalisasi dalam proses manajemen data dari setiap alumi kampus. Data yang diperoleh akan disimpan di database, sehingga memudahkan saat dibutuhkan.

2. Manajemen data perusahaan
Aplikasi tracer study ini juga dilengkapi fitur manajemen data perusahan, tentunya yang menjalin kerja sama dengan pihak kampus. Dengan demikian, para alumi dapat melihat perusahaan-perusahaan yang melakukan kerja sama dengan pihak kampus dan mempertimbangkannya ketika perusahaan membuka lowongan kerja. Selain itu, pihak kampus bisa melakukan penginputan informasi mengenai lowongan kerja yang dibuka saat merekrut pekerja baru.

3. Kuisioner alumni
Aplikasi tracer study ini juga dilengkapi dengan kuisioner untuk diisi oleh para alumi tanpa harus berkunjung ke kampus. Kuisioner ini berupa sejumlah pertanyaan yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan kampus dan kondisi alumni sekarang.

4. Informasi lapangan pekerjaan
Melalui aplikasi tracer study ini, para alumni dapat dimudahkan dalam mencari informasi tentang lapangan pekerjaan atau lowongan kerja yang tersedia. Terlebih lagi, aplikasi tracer study ini mendukung kerja sama kampus dengan sejumlah perusahaan yang memungkinkan para alumni mengikuti seleksi ketika perusahaan membuka lowongan pekerjaan.

5. Apply lamaran kerja oleh alumni
Tak hanya menampilkan informasi lowongan kerja, aplikasi tracer study ini bahkan memungkinkan para alumni untuk langsung mengajukan atau apply lamaran pekerjaan kepada perusahaan yang membuka lowongan. 

6. Laporan lengkap
Fitur penting lainnya yang melengkapi aplikasi tracer study adalah laporan lengkap. Terlebih lagi, laporan sangat dibutuhkan untuk mendukung setiap proses pengambilan keputusan. Sehingga, sudah semestinya laporan yang disusun dalam bentuk yang lengkap.

Nah, sudah saatnya beralih dari sistem tracer study yang manual ke aplikasi tracer study yang sudah memanfaatkan teknologi informasi. Aplikasi tracer study Garuda Cyber Indonesia menjadi solusi tepat dalam meningkatkan mutu pendidikan serta mempersiapkan mahasiswa menjadi unggul di dunia kerja.

Hubungi kami : Admin (0811-7674-727)

Sukai/Like Fan Page Facebook Garuda Cyber Indonesia

Subscribe Channel Youtube Garuda Cyber Indonesia

Follow Instagram Garuda Cyber Indonesia

Chat Wa

Artikel Terpopuler

Definisi Struktur Kontrol Perulangan Dalam Pemrograman Dan Contohnya

Pada dasarnya perulangan pada pemrograman yang sama dengan perulangan bahasa pemrograman lainnya. Struktur kontrol perulangan yang dipakai memilki suatu fungsi dari program yang akan dijalankan secara berulang. Contohnya anda ingin membuat tampilan nama anda sebanyak 100 kali, tentu akan sangat lama jika anda menuliskan kode program secara dengan manual. Dengan struktur kontrol perulangan bisa menampilkan dengan nama sebanyak 100 kali...