WhatsApp-Button
Perbedaan MariaDB dan MySQL

Perbedaan MariaDB dan MySQL

  2018-02-13 10:16:32     aknovia     Dibaca 4083 kali

Perbedaan Database MariaDB dan MySQL | Mungkin rekan – rekan telah pernah mendengar 2 nama database  ini. Kedua database raksasa ini memang sudah mendominasi di dunia untuk penggunaannya dalam database. 2 database ini memang banyak digunakan orang, akan tetapi pasti di antara rekan rekan ada yang belum tau apa sih yang membedakan mereka berdua ? sehingga bisa ada 2 seperti itu, padahalkan fungsinya sama untuk database ?. Mungkin ini yang ada di dalam pikiran rekan rekan semua. Sebenarnya untuk database itu sendiri, tidak hanya 2 ini saja yang ada, ada banyak lainnya akan tetapi, pada kesempatan kali ini kami akan membahas tentang 2 database raksasa ini.

MySQL

MySQL ini adalah software manajemen basis data yang dapat multithread dan multi user. MySQL ini turunan dari konsep database dalam pemilihan, seleksi dan proses input data yang dioperasikan secara otomatis dan mudah. Penemu dari MySQL ini adalah Michael “Monty” Widenius di tahun 1979.

MariaDB

MariaDB adalah software sistem manajemen basis data yang nyaris sama dengan MySQL. Kenapa ? itu karena pengembang dari MariaDB ini adalah founder dari MySQL yaitu Michael “Monty”. Alasan dia untuk membuat MariaDB adalah MySQL itu sendiri telah di ambil alih oleh ORACLE sehingga menyebabkan MySQL menjadi produk yang berlisensi dan nantinya akan menjadi product komersil. Untuk penamaan MariaDB ini sendiri juga diambil dari nama anak dari Monty yaitu maria. Tidak ketinggalan pun, perusahaan raksasa seperti Google juga sudah berpindah ke MariaDB untuk penggunaan databasenya. Entah apa yang membuat google pindah, tetapi banyak muncul spekulasi dari ini. Ada yang berpendapat karna masalah ORACLE dengan Google dahulu, ataupun karna MariaDB adalah produk opensource (nonlicence).

Berikut tools yang terdapat pada mariaDB :

  1. Dbedit
  2. HeidiSQL
  3. Navicat
  4. phpMyAdmin
  5. SQLyog
  6. Database Workbench

Namun apa yang membedakan mereka ??

Sebenarnya tidak ada fitur signifikan yang membedakan mereka berdua. Pada dasarnya MariaDB sama dengan MySQL karena di kembangkan dari MySQL itu sendiri. Interfacenya pun mirip, dengan mesin dan API nya kompatible dengan MySQL, di artikan bisa kompatible dengan semua connector, library, dan aplikasi yang dapat bekerja di MySQL otomatis dapat juga bekerja di MariaDB. Walaupun MariaDB kompatible dengan mysql, tapi ada beberapa fitur yang sedikit membedakan nya:

  1. MariaDB memasukkan semua engine open source populer, dan mengganti InnoDB menjadi XtraDB
  2. MaridaDB di klaim lebih cepat dari MySQL
  3. Terdapat ektensi open source baru yang tidak ada di MySQL. 

Perkembangan teknologi memang sangat cepat. Yang dahulu pengguna untuk database terbanyak adalah mysql, akan tetapi sekarang jumlah pengguna dari mariadb juga sudah mulai banyak, tidak tutup kemungkinan untuk penggunaan mariadb dapat mengalahkan mysql nantinya.

Dan untuk intinya, yang membedakan mariadb dilihat dari hal yang mendasar dan dari pengguna yang telah beralih dari mysql ke mariadb ini adalah :

  1. Jika mysql nantinya berbayar, maka mariadb tetap free
  2. Banyak fitur yang berguna
  3. Dan di klaim kecepatan engine mariadb lebih cepat dari mysql
  4. MariaDB full free (opensource), MySQL freemium (penggunaan yang free dibatasi dan ada fiture yang berbayar)

Mungkin itulah hal yang membedakan 2 database ini. Untuk penggunaannya mungkin memiliki kelebihan masing – masing. Tergantung kebutuhan. Silahkan rekan rekan menilai mana yang lebih baik dari 2 ini. Semoga bermanfaat.

Penulis :  Surya Agung Putra

#garudacyber12januari

 

 


Sukai/Like Fan Page Facebook Garuda Cyber Indonesia
Subscribe Channel Youtube Garuda Cyber Indonesia
Follow Instagram Garuda Cyber Indonesia
Chat Wa

Signup for Newsletter

Langganan Newsletter dari Garuda Cyber untuk mendapatkan informasi terupdate dari Garuda Cyber Indonesia