WhatsApp-Button
Program Studi Teknik Informatika Terbaik di Padang

Program Studi Teknik Informatika Terbaik di Padang

  2022-04-04 11:13:02     Ulti Desi Arni     Dibaca 774 kali

Kunjungi Website : adzkia.ac.id
Pendaftaran Mahasiswa Baru : spmb.adzkia.ac.id 
No Telp : 0852-6528-0997


Di tengah perkembangan teknologi informasi yang begitu pesat, penggunaan gawai seperti ponsel pintar, tablet, laptop dan komputer seakan tak bisa dihinari dari kehidupan sehari-hari. Bahkan, hampir setiap aktivitas manusia dilakukan dengan bantuan teknologi informasi.

Tak heran, jika kebutuhan ahli di bidang teknologi informasi semakin dibutuhkan untuk segala sektor. Hal ini kemudian membuat teknologi informasi menjadi disiplin ilmu yang kian populer untuk dipelajari.

Kini, ilmu mengenai teknologi informasi sudah dipelajari mulai dari tingkat sekolah menengah hingga menjadi pilihan saat memasuki jenjang perkuliahan. Satu di antaranya disiplin ilmu terkait teknologi informasi yang memiliki peminat paling banyak saat penerimaan mahasiswa baru adalah program studi (prodi) teknik informatika.

Mengenal Prodi Teknologi Informatika
Prodi teknologi informatika adalah jurusan yang berada di ranah sains dan teknologi. Sampai pada tahun 2021 lalu, teknik informatika masih menjadi salah satu jurusan dengan jumlah peminat terbanyak di berbagai perguruan tinggi negeri maupun swasta.

Mengingat teknologi terus mengalami perkembangan seiring perubahan zaman, tidak menutup kemungkinan pula teknik informatika tetap berada di tingkat atas dengan peminat terbanyak dalam penerimaan mahasiswa baru tahun ini. Terlebih lagi, saat ini Indonesia telah memasuki industri revolusi 4.0 yang membuat lulusan dari jurusan teknik informatika semakin dinantikan di masa depan.

Teknik informatika sendiri merupakan jurusan yang mempelajari teknologi komputer, meliputi kerja komputer, pengembangan, evaluasi perangkat lunak, pengujian, sistem operasi dan analisis matematika.

Bagi kamu yang tertarik untuk menekuni bidang studi ini di bangku kuliah, fungsi-fungsi hingga struktur instruksi pada bahasa pemrograman juga akan kamu pelajari secara khusus agar dapat diaplikasikan di komputer.

Selain itu, sebagai mahasiswa teknik informatika kamu pun dituntut untuk berpikir kreatif dan inovatif sehingga mampu menciptakan dan menerapkan ide-ide baru ke dalam bentuk aplikasi atau sistem operasi komputer. Dan, prinsip dengan proses logika akan kamu pelajari pula guna memanfaatkan teknologi komputer dalam proses pengolahan data sesuai kebutuhan.

Kenapa Harus Kuliah Jurusan Teknik Informatika?
Selain peluang kerjanya luas, dan lulusannya dibutuhkan untuk perkembangan teknologi informasi, ada beberapa alasan yang membuat kamu memutuskan masuk kuliah jurusan teknik informatika, yakni:

1. Ilmu Menarik
Kebanyakan orang beranggapan bahwa teknik informatika merupakan jurusan yang sulit untuk dipelajari. Tapi, anggapan tersebut tidaklah sepenuhnya benar. Justru sebaliknya, teknik informatika merupakan ilmu yang menarik untuk dipelajari.

Misalnya ketika kamu memutuskan kuliah di jurusan ini, maka akan sangat menyenangkan jika dosen memberi tugas menggunakan media gambar, mendesain, bermain, dan bersosialisasi yang merupakan aplikasi menarik di komputer.

2. Ilmu Masa Depan
Teknik informatika sudah dipastikan sebagai jurusan tentang ilmu yang memberikan manfaat besar bagi masa depan. Bahkan sudah terlihat mulai dari kini. Pengaruh teknologi informasi begitu kental di setiap aktivitas manusia di kesehariannya.

Di masa depan, tidak menutup kemungkinan bahwa teknologi informasi akan sangat berdampak di segala aspek kehidupan manusia, terutama di sektor pendidikan dan industri kerja.

3. Cocok untuk Penyuka Komputer
Sebagai calon mahasiswa, tentunya kamu sudah mulai mempertimbangkan berbagai hal untuk memantapkan dalam memutuskan jurusan yang ingin dipelajari. Bagi penyuka komputer, teknik informatika tentunya menjadi jurusan yang paling diminati.

Penyuka komputer akan sangat senang ketika mempelajari ilmu komputer yang lekat dengan kesehariannya. Misalnya materi tentang coding, pemrograman, input, algoritma, analisis sistem, perancangan hingga pengembangan untuk sistem perangkat lunak atau software.

4. Ciptakan Aplikasi Bermanfaat
Tahukah kamu? Gojek, Grab, Bukalapak, Traveloka, dan berbagai aplikasi bermanfaat lainnya lahir dari tangan-tangan ahli di bidang teknologi informasi.

Di masa depan, permintaan untuk aplikasi akan terus bertambah. Dengan begitu, tentunya kamu juga ingin mewujudkan ide-ide baru kreatif dengan menciptakan aplikasi bermafaat lainnya untuk masyarakat, bukan?

5. Awal dari Lahirnya Start up
Selain menciptakan aplikasi, start up yakni perusahaan di sektor teknologi informasi yang kini kian berkembang juga berawal dari teknologi informatika.

Setelah lulus kuliah jurusan teknologi informatika, kamu juga berpeluang membuka perusahaan atau mendirikan usaha di bidang start up. Dengan demikian, kamu turut membuka lapangan kerja untuk para pencari kerja lainnya.

Peluang Karir untuk Lulusan Teknik Informatika
Indonesia saat ini telah memasuki revolusi industri 4.0 yang tentunya sangat membutuhkan tenaga ahli di bidang teknologi informasi, termasuk teknik informatika. Seiring berkembangnya era digital inilah yang membuat lulusan teknik informatika dibutuhkan.

Tidak hanya di sektor teknologi informasi, lulusan teknik informatika juga dibutuhkan di berbagai sektor industri dan perusahaan yang saat ini turut memanfaatkan teknologi informasi dalam kelancaran usahanya. Berikut di antaranya:

1. Software Engineer
Lulusan teknik informatika adalah tenaga ahli yang dibutuhkan untuk menjalankan fungsi software engineer. Software engineer bertugas melakukan pengembangan terhadap perangkat lunak agar dapat dimanfaatkan di berbagai bidang baik telekomunikasi, bisnis, pendidikan maupun hiburan.

2. Programmer
Umumnya, sarjana teknik informatika akan memilih bekerja sebagai programmer. Programmer bertugas menciptakan suatu program yang berguna sesuai kebutuhan.

3. Web Engineer
Selain programmer, web engineer juga menjadi incaran lulusan teknik informatika. Web engineer bertenggung jawab dalam merancang serta membangun website, pemeliharaan terhadap website tersebut dan pengembangannya.

4. Game Developer
Bagi gamer atau pecinta permainan dengan memanfaatkan gadget seperti ponsel pintar maupun laptop, menjadi seorang game developer tentunya menjadi pekerjaan yang menarik.

Dibutuhkan keahlian teknik informatika untuk bekerja di bidang ini. Mulai dari computer graphic hingga human computer interaction.

5. Konsultan IT
Menjadi konsultan IT juga pilihan menarik bagi lulusan teknik informatika untuk berkarir. Kamu akan bertugas dalam membuat perencanaan serta evaluasi penerapan sistem IT untuk perusahaan, instansi maupun organisasi.

Biasanya, konsultan IT dimanfaatkan perusahaan ketika akan membuat langkah secara strategis yang berkaitan dengan pengembangan pada sistem IT tentunya.

Prodi Teknik Informatika Universitas Adzkia
Universitas Adzkia merupakan pilihan tepat untuk kuliah di jurusan teknik informatika. Berawal dari Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan (STKIP) Adzkia, Universitas Adzkia akhirnya diresmikan sebagai perguruan tinggi terkemuka di Kota Padang, Sumatera Barat.

Setelah resmi menjadi lembaga pendidikan tingkat perguruan tinggi, Universitas Adzkia turut mendirikan prodi di bidang teknologi informasi, termasuk jurusan teknik informatika.

Universitas Adzkia bercita-cita untuk melahirkan lulusan-lulusan teknik informatika yang unggul di bidang IPTEKS agar dapat bermanfaat di tengah masyarakat pada era digitalisasi ini. Serta, menjadi upaya untuk menghadapi tantangan di bidang teknologi informasi di masa depan.

Fasilitas Universitas Adzkia
Gedung megah yang menaungi seluruh prodi kampus di Jalan Raya Taratak Paneh No 7 Kota Padang, Sumatera Barat ini sudah dilengkapi fasilitasi antara lain ialah sebagai berikut:

1. Perpustakaan
2. Laboratorium Microteaching
3. Laboratorium Bahasa dan Komputer
4. Laboratorium IPA
5. Laboratorium PAUD
6. Adzkia Convention Center
7. Free internet

Kemudian adapula sarana dan prasarana sanggar seni, ruang rapat, dan Aula STKIP Adzkia, Masjid, lapangan olahgara yang luas untuk badminton, basket, futsal, kolam renang hingga outbond.

Jika anda ingin mendaftar sebagai mahasiswa pada Universitas Adzkia silahkan kunjungi link spmb.adzkia.ac.id atau hubungi nomor berikut 0852-6528-0997.


Sukai/Like Fan Page Facebook Garuda Cyber Indonesia
Subscribe Channel Youtube Garuda Cyber Indonesia
Follow Instagram Garuda Cyber Indonesia
Chat Wa

Signup for Newsletter

Langganan Newsletter dari Garuda Cyber untuk mendapatkan informasi terupdate dari Garuda Cyber Indonesia