WhatsApp-Button
Program Studi Teknik Industri Terbaik di Padang

Program Studi Teknik Industri Terbaik di Padang

  2022-04-04 11:10:01     Ulti Desi Arni     Dibaca 130 kali

Kunjungi Website : adzkia.ac.id 
Pendaftaran Mahasiswa Baru : spmb.adzkia.ac.id 
No Telp : 0852-6528-0997


Menemukan jenjang pendidikan yang tepat sangat penting untuk mewujudkan cita-cita kamu di masa depan. Karena, masa depan sangat dipengaruhi oleh pendidikan dan selalu berjalan beriringan.

Penerimaan mahasiswa baru semakin dekat. Tentunya, sudah saatnya memikirkan dan mempertimbangkan segala hal tentang pendidikan yang akan menentukan karir kamu ke depan. Seperti, program studi atau jurusan yang akan kamu pilih harus sesuai dengan minat, bakat dan impian karir kamu.

Satu di antara program studi (prodi) dengan tingkat peminat yang tinggi pada setiap tahunnya saat penerimaan mahasiswa baru adalah jurusan teknik industri. Teknik industri bisa jadi jurusan pilihan kamu.

Mempelajari teknik industri di bangku kuliah memberikan kamu berbagai kelebihan-kelebihan menarik. Selain peluang karirnya menjanjikan, lulusan jurusan teknik industri pun selalu diperlukan hampir seluruh aspek kehidupan sosial.

Apa yang Dipelajari di Jurusan Teknik Industri?
Teknik industri masuk ke dalam jurusan populer yang hampir setiap tahunnya menjadi pilihan para calon mahasiswa dalam penerimaan mahasiswa baru di perguruan tinggi negeri maupun swasta.

Meski termasuk ke dalam rumpun disiplin ilmu teknik, ternyata teknik industri bukan cuma soal rekayasa teknologi dan perhitungan seperti iilmu teknik lainnya. Menariknya, teknik industri turut membahas materi kuliah tentang ekonomi, manajemen, sampai psikologi.

Secara garis besar, di jurusan teknik industri kamu mempelajari proses pada industri, mulai dari segi manajemen hingga tekniknya. Di jurusan ini kamu juga fokus pada perancangan, pemasangan, dan peningkatan sistem yang terintegrasi menggunakan peran manusia, peralatan, material, serta energi.

Jadi tenyata, tidak cukup dengan mempelajari seluk beluk pada mesin manufaktur, tapi kamu dituntut pula untuk mempelajari mengenai sistem manajemen di industri, terutama sektor manufaktur tentunya.

Lulusan Teknik Industri Dibutuhkan Dunia Kerja, Kenapa?
Jurusan teknik industri merupakan salah satu program studi dengan masa depan cerah, karir mapan, dan penghasilan menggiurkan. Maka tidak heran kalau lulusan teknik industri begitu dinantikan agar dapat memegang peran penting di berbagai sektor industri.

Selain itu, ada sejumlah alasan yang membuat lulusan teknik industri dibutuhkan di dunia kerja, yakni:

1. Dibekali Dasar-dasar Kelola Big Data
Penggunaan teknologi dan internet membuat semua orang dituntut untuk memiliki kemampuan mumpuni dalam mengolah data besar (big data). Pada teknik industri, kamu diajarkan berbagai ilmu dasar yang dibutuhkan dalam pengolahan data besar.

Itulah sebabnya, lulusan teknik industri sangat dibutuhkan untuk mengolah data besar agar dapat menunjang sistem kerja di perusahaan maupun industri.

2. Ahli Manajemen Proses
Jika kamu memilih kuliah di jurusan teknik industri, kamu akan dibekali kemampuan dalam memahami displin ilmu tentang manajemen proses. Sehingga kamu memiliki keahlian dalam meningkatkan proses dengan mudah ketika bekerja nantinya.

Jadi, kalau perusahaan mengalami masalah terkait penghematan energi, pengefektifan waktu, serta pengurangan biaya, kamu mampu mengatasinya berbekal ilmu dan keahlianmu.

3. Keterampilan Terintegrasi dengan Manajemen Bisnis
Usai mempelajari seluk beluk teknik industri, di jurusan ini kamu akan tertantang dalam mempelajari manajemen bisnis. Menariknya, keterampilan akan terintegrasi dengan ilmu manajemen bisnis.

Dengan kemampuan analitik, manajemen risiko dan mengatasi logistik yang dihubungkan ke ilmu teknik industri tentunya akan memberikan peluang lebih besar bagi kamu memperoleh jenjang karir yang mapan.

4. Sarjana Teknik Industri Mampu Bekerja di Berbagai Sektor
Tidak sedikit yang berpikir bahwa bekerja pabrik bukan tempat bekerja yang menyenangkan dan membosankan. Tapi sebenarnya yang kamu perlukan adalah peluang.

Sebab, sarjana teknik industri mampu bekerja di berbagai sektor seperti sektor industri manufaktur, ritel, teknologi, peralatan kesehatan, pertanian dan masih banyak lagi.

5. Berbagai Peran dalam Pilihan Kerja
Kamu bercita-cita bekerja di kantor, atau bermimpi menjadi tenaga ahli di pabrik? Sebagai lulusan teknik industri nantinya, kamu punya kebebasan memilih peran kerja sesuai keinginan.

Di kantor kamu bisa berperan sebagai pengolah analisis data dan bisnis. Tapi, kamu juga mampu bekerja di lapangan dan berperan sebagai teknik logistik, produksi maupun manufaktur.

Berbekal beragam ilmu dari bangku kuliah, kamu punya kebebasan dalam mengeksplorasi keahlian dan keterampilan untuk berbagai peran dalam pekerjaan.

Karir untuk Lulusan Teknik Industri
Di jurusan teknik industri kamu akan dibekali ilmu dengan luasnya cakupan bidang, sehingga tawaran kerja untuk kamu meniti karir sangat luas. Tidak hanya di sektor manufaktur bahkan perusahaan start up.

Berikut ini adalah sejumlah karir yang bisa kamu pilih setelah lulus sebagai sarjana teknik industri:

1. Project Manager
Kemampuan baik dalam berkomunikasi menjadi faktor penting yang dibutuhkan seorang project manager. Sebab sebagai project manager, kamu yang memilih berkarir di bidang ini akan bertanggung jawab dalam membuat perencanaan dan mengatur sebuah proyek dapat berjalan dengan lancar dan tuntas sesuai waktu yang ditargetkan.

2. Engineering Manager
Engineering manager adalah divisi yang bertanggung jawab untuk memastikan serta mengarahkan setiap proyek perusahaan berjalan baik sampai selesai dengan tepat waktu.

3. Product Analyst
Umumnya, product analyst memang didominasi lulusan ekonomi. Tapi, sarjana teknik industri pun mempunyai kesempatan yang sama untuk berkarir sebagai product analyst.

Kamu akan bertugas melakukan pengembangan strategi marketing untuk sebuah produk serta membandingkannya sesuai tren dalam industri.

4. Human Resource
Sarjana teknik industri berkarir di bidang human resource? Tentunya bisa. Karena, saat kuliah kamu dibekali pengetahuan tentang sumber daya manusia dan organisasi.

Tidak hanya bekerja di lapangan, kamu yang ingin bekerja sebagai human resource pun bisa mengerjakan tugasmu di ruangan juga. Tujuannya sama, yakni memastikan sumber daya adalah yang terbaik untuk memajukan perusahaan.

5. Wirausahawan
Teknik industri adalah jurusan yang banyak diincar generasi saat ini. Selain dibutuhkan di berbagai sektor industri dan perusahaan, kesempatan menjadi wirausahawan atau membuka usaha sendiri juga luas.

Apalagi, nantinya kamu akan mempelajari ilmu teknik yang dipadukan dengan manajemen dalam produksi di industri.

Prodi Teknik Industri Universitas Adzkia
Demi tercapainya cita-cita dan karir yang diimpikan, diperlukan pendidikan dari perguruan tinggi terbaik. Nah, Universitas Adzkia adalah pilihan yang tepat untuk menempuh pendidikan di jurusan teknik industri.

Awalnya, Universitas Adzkia adalah Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Seiring perkembangannya, kampus yang dinaungi Yayasan Adzkia Sumatera Barat (YASB) ini telah diresmikan sebagai perguruan tinggi swasta terkemuka di Kota Padang Sumatera Barat.

Bahkan, perguruan tinggi yang berdiri di Jalan Raya Taratak Paneh No 7 Kota Padang, Sumatera Barat Ini telah mengantongi akreditasi sercara resmi dari Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi, termasuk untuk seluruh prodinya satu di antaranya jurusan teknik industri.

Melalui prodi teknik industri, Universitas Adzkia bertekad untuk melahirkan lulusan-lulusan yang dapat bersaing di tengah globalisasi serta mampu menjawab tantangan di era revolusi industri 4.0.
Jika anda ingin mendaftar sebagai mahasiswa pada Universitas Adzkia silahkan kunjungi link spmb.adzkia.ac.id atau hubungi nomor berikut 0852-6528-0997. 


Sukai/Like Fan Page Facebook Garuda Cyber Indonesia
Subscribe Channel Youtube Garuda Cyber Indonesia
Follow Instagram Garuda Cyber Indonesia
Chat Wa

Signup for Newsletter

Langganan Newsletter dari Garuda Cyber untuk mendapatkan informasi terupdate dari Garuda Cyber Indonesia