WhatsApp-Button
Program Studi Pendidikan Fisika di Padang

Program Studi Pendidikan Fisika di Padang

  2022-04-04 10:51:19     Ulti Desi Arni     Dibaca 246 kali

Kunjungi Website : adzkia.ac.id 
Pendaftaran Mahasiswa Baru : spmb.adzkia.ac.id 
No Telp : 0852-6528-0997


Jika bicara tentang ilmu fisika, rumus-rumus, kumpulan teori hingga penyelesaian panjang untuk sebuah soal adalah hal-hal yang pertama terlintas di benak kita, bukan? Inilah yang banyak siswa tidak menyukai mata pelajaran Fisika.

Bahkan, tidak sedikit siswa yang beranggapan bahwa fisika merupakan pelajaran paling sulit dipahami. Padahal, ilmu fisika dibutuhkan bagi agar generasi milenial bangsa ini mampu bersaing di kancah internasional.

Tapi sayangnya, masih banyak siswa yang mendapat nilai rendah untuk mata pelajaran fisika. Hal ini menunjukkan bahwa kemampuan pelajar Indonesia untuk menguasai ilmu fisika masih rendah.

Kabar baiknya, tidak sedikit pula pelajar yang masih optimis dalam mengatasi masalah dalam pemahaman pelajaran fisika hingga mencatat prestasi, misalnya dengan mengikuti kompetisi nasional.

Kendati demikian, kendala yang seringkali menjadi masalah dalam memahami mata pelajaran fisika bagi siswa harus segera diatasi. Di antaranya membuka program studi (Prodi) pendidikan fisika untuk mencetak tenaga pengajar yang mampu memberikan pemahaman di bidang studi ini agar tidak lagi menjadi mata pelajaran yang menakutkan bagi siswa.

Mengenal Jurusan Pendidikan Fisika
Tidak hanya mata pelajarannya, guru Fisika juga sering dihindari. Padahal, guru fisika memegang peran penting dalam mencerdaskan penerus bangsa agar mampu bersaing di tengah persaingan global untuk bidang fisika.

Nah, untuk mencetak guru masa depan di bidang fisika, perguruan tinggi negeri maupun swasta berperan penting dalam menghasilkan guru-guru fisika yang mampu menjadikan mata pelajaran ini menyenangkan untuk dipelajari.
Jurusan Pendidikan Fisika saat ini masih menjadi prodi populer yang dipilih para calon mahasiswa di berbagai perguruan tinggi negeri maupun swasta. Melalui program studi pendidikan fisika kamu juga berpeluang untuk menjadi guru berkompeten mata pelajaran tersebut.

Jurusan pendidikan fisika bukan Cuma mempelajari materi-materi ilmu fisika tingkat sekolah menengah. Jurusan menyatukan ilmu pendidikan dengan fisika, yang tentunya tidak lepas dari metode atau cara mengajar fisika secara efektif.

Kamu akan mempelajari mata kuliah tentang psikologi anak didik hingga memahami lingkungan belajar siswa. Selain itu, jurusan ini juga disertai dengan berbagai praktikum yang tentunya akan mengasah keahlian kamu.

Fakta Tentang Prodi Pendidikan Fisika
Selain bertujuan mencetak guru pelajaran fisika, ada beberapa fakta menarik tentang prodi pendidikan fisika. Apa saja?

1. Punya Cakupan Ilmu Sangat Luas
Belajar tentang metode mengajar yang efektif, rumus dan teori, serta ilmu hitung seperti matematika, bukan cuma itu yang pengetahuan yang kamu bisa peroleh di bangku kuliah pendidikan fisika.

Prodi pendidikan fisika memiliki cakupan ilmu sangat luas. Kamu juga akan dibekali dengan materi kuliah mengenai interaksi yang terjadi di antara materi dengan energi atau sebalik, dan masih banyak lagi.

2. Tidak Harus Jenius
Kebanyakan orang mungkin akan berpikir, hanya mereka yang jenius bisa masuk jurusan pendidikan fisika. Nyatanya, itu hanya stereotip salah.

Sebab, untuk menjadi mahasiswa pendidikan fisika kamu hanya perlu ketekunan, ketelitian, detail, serta terstruktur dalam memecahkan tiap masalah dalam fisika.
3. Peluang Kerja Luas
Banyaknya cakupan bidang keilmuan yang kamu pelajari di jurusan pendidikan fisika membuka peluang besar untuk kamu berkarir di berbagai bidang pekerjaan. Jadi, setelah lulus kuliah jurusan pendidikan fisika kamu punya kesempatan bekerja di bidang lain selain menjadi guru.

Karir untuk Lulusan Pendidikan Fisika
Ketika memutuskan melanjutkan pendidikan ke bangku kuliah, para calon mahasiswa tentunya harus memutuskan jurusan. Memilih jurusan pun harus dilakukan dengan mempertimbangkan beberapa hal, satu di antaranya adalah cita-cita atau karir impin yang ingin dicapai.

Seperti jurusan pendidikan fisika, kebanyakan calon mahasiswa berkeinginan untuk menjadi tenaga pengajar mata pelajaran fisika yang berkompeten bagi siswa sekolah menengah tentunya.

Tapi ternyata, menjadi guru bukan satu-satunya peluang kerja bagi lulusan jurusan ini untuk berkarir. Ada banyak bidang pekerjaan yang bisa kamu pilih setelah mendapat lulus dan menyandang gelar sarjana.

1. Guru
Karir utama yang menjadi tujuan para calon mahasiswa masuk kuliah jurusan pendidikan fisika tentunya sebagai seorang guru fisika. Terlebih saat ini, kebutuhan akan guru berkompeten kian dibutuhkan di berbagai sekolah menengah negeri maupun swasta.

2. Dosen
Selanjutnya, kamu juga bisa berkarir sebagai tenaga pengajar di tingkat perguruan tinggi. Ya, menjadi dosen adalah pilihan berikutnya jika kamu tidak ingin menjadi seorang guru di sekolah menengah.


3. Peneliti
Perkembangan pengetahuan dari masa ke masa turut melahirkan banyak bidang disiplin keilmuan. Berbagai hal baru, termasuk disiplin ilmu bidang fisika harus melalui proses penelitian dahulu sebelum ditemukan dan dapat digunakan dalam keseharian.

Berbekal berbagai materi kuliah disertai praktikum yang kamu dapatkan di bangku kuliah membuka peluang bagi kamu menjadi peneliti setelah lulusan kuliah di jurusan pendidikan fisika.

4. Pertambangan dan Perminyakan
Industri pertambangan dan perminyakan membutuhkan tenaga ahli di bidang terkait, termasuk fisika. Sebab, teknologi pertambangan dan perminyakan tidak pernah lepas dari pengaruh fisika.

Karena itu, kamu juga dibutuhkan dan berkesempatan untuk menjadi tenaga ahli fisika di industri sektor tambang dan minyak.

5. Fisikawan Medis
Menariknya, ilmu fisika yang kamu peroleh di jurusan pendidikan fisika juga digunakan di berbagai sektor. Bahkan dimanfaatkan di dunia medis. Dengan demikian, kamu berpeluang untuk bekerja di sektor medis sebagai fisikawan untuk memastikan setiap peralatan medis digunakan sesuai dengan prinsip dalam fisika.

Prodi Pendidikan Fisika di Universitas Adzkia
Jika berminat untuk menjadi seorang guru bidang studi fisika, Universtas Adzkia adalah pilihan tepat untuk kuliah jurusan pendidikan fisika. Universitas Adzkia merupakan perguruan tinggi swasta terkemuka di Kota Padang, Sumatera Barat.

Di bawah naungan Universitas Adzkia, prodi pendidikan fisika bertekad untuk mencetak lulusan dan tenaga pengajar di bidang fisika yang cerdas, berkompeten, profesional, unggul di bidang IPTEKS, dan berkarakter Islami.

Berawal dari Sekolah Ilmu Keguruan dan Pendidikan (STKIP), kampus yang berada di bawah naungan Yayasan Adzkia Sumatera Barat (YASB) ini mengalami perkembangan sangat pesat. Bahkan, Universitas Adzkia dan seluruh prodi asuhannya telah mengantongi akreditasi secara resmi dari Badan Akreditrasi Nasional (BAN PT).

Fasilitas Universitas Adzkia
Meski berdiri sebagai perguruan tinggi swasta, Universitas Adzkia memiliki fasilitas lengkap yang memadai untuk mendukung kegiatan perkuliahan. Apa saja?

1. Perpustakaan
2. Laboratorium Microteaching
3. Laboratorium Bahasa dan Komputer
4. Laboratorium IPA
5. Laboratorium PAUD
6. Adzkia Convention Center
7. Free internet

Kampus bergengsi yang berdiri megah di Jalan Raya Taratak Paneh No 7 Kota Padang, Sumatera Barat ini juga memfasilitasi mahasiswanya dengan berbagai sarana dan prasarana untuk menunjang kegiatan kemahasiswaan, ibadah, seni, maupun olahraga. Mulai dari sanggar seni, ruang rapat, dan Aula STKIP Adzkia, Masjid, lapangan olahraga yang luas untuk badminton, basket, futsal, kolam renang hingga outbond.

Jika anda ingin mendaftar sebagai mahasiswa pada Universitas Adzkia silahkan kunjungi link spmb.adzkia.ac.id atau hubungi nomor berikut 0852-6528-0997.


Sukai/Like Fan Page Facebook Garuda Cyber Indonesia
Subscribe Channel Youtube Garuda Cyber Indonesia
Follow Instagram Garuda Cyber Indonesia
Chat Wa

Signup for Newsletter

Langganan Newsletter dari Garuda Cyber untuk mendapatkan informasi terupdate dari Garuda Cyber Indonesia