WhatsApp-Button
Program Studi PGSD Terbaik di Padang

Program Studi PGSD Terbaik di Padang

  2022-04-04 10:42:51     Ulti Desi Arni     Dibaca 65 kali

Kunjungi Website : adzkia.ac.id 
Pendaftaran Mahasiswa Baru : spmb.adzkia.ac.id 
No Telp : 0852-6528-0997


Seiring perkembangan dan persaingan global di segala bidang, pendidikan semakin menjadi faktor utama untuk dipenuhi. Dengan demikian, kebutuhan akan tenaga pengajar pun kian meningkat.

Untuk memenuhi kebutuhan guru, maka dibutuhkan lulusan dari keguruan dan ilmu pendidikan agar dapat mengatasi masalah yang hingga saat ini masih menjadi kendala dalam sistem pendidikan, terutama di daerah-daerah pelosok negeri ini.

Salah satu upaya agar kebutuhan akan guru dapat dipenuhi adalah dengan membuka program studi (Prodi) keguruan dan pendidikan. Di berbagai perguruan tinggi negeri maupun swasta, jurusan keguruan dan ilmu pendidikan masih menjadi prodi dengan tingkat peminat yang tinggi saat penerimaan mahasiswa baru.

Satu di antara prodi keguruan dan ilmu pendidikan yang diminati adalah jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD). Jurusan PGSD dibuka dengan tujuan mencetak tenaga pengajar untuk sekolah dasar yang menjadi strata awal pendidikan bagi anak Indonesia dan menjadi jenjang pertama menuju tahap pendidikan selanjutnya. Dengan banyaknya jumlah peminat untuk jurusan PGSD turut membantu pemerintah mengatasi masalah pendidikan untuk tenaga pengajar sekolah dasar yang berkompeten.

Lalu, Apa Itu Prodi PGSD?
Bagi kamu yang sedang mempersiapkan diri untuk melanjutkan pendidikan di bangku kuliah dan punya keinginan dan bercita-cita menjadi sosok pahlawan tanpa tanda jasa itu, jurusan PGSD memang sangat tepat sebagai pilihan saat memasuki perguruan tinggi.

Di jurusan PGSD, kamu akan dipersiapkan menjadi seorang guru SD melalui materi-materi kuliah yang menjadikanmu sebagai tenaga pengajar SD berkompeten. Kamu akan mempelajari berbagai cabang ilmu yang diajarikan di tingkat SD, di antaranya matematika, tematik, bahasa Indonesia, bahasa Inggris dan lain sebagainya.

Selain itu, pengetahuan untuk memahami karakter dan cara mengembangkan kepribadian para siswa, misalnya tentang kedisiplinan, sopan santun, dan jiwa sosial serta yang lainnya. Semua hal ini penting untuk kamu pelajari karena seorang guru SD memiliki tanggung jawab dalam membangun dan membentuk karakter siswa sedari dini.

Agar dapat mewujudkan cita-cita sebagai seorang guru SD, jurusan PGSD akan membekali kamu keterampilan khusus dalam mengajar beserta konsep dan metodenya. Menariknya, keterampilan di bidang seni akan kamu peroleh dengan kuliah di jurusan PGSD ini.

Mengapa Memilih Kuliah Jurusan PGSD?
Prodi PGSD mungkin tidak sepopuler jurusan lainnya, seperti teknik, kedokteran atau komunikasi. Tapi, jurusan PGSD punya peran penting untuk menghasilkan tenaga pendidik masa depan. Terlebih lagi, saat ini kebutuhan akan tenaga-tenaga pengajar berkompeten dan berkuliatas masih sangat tinggi.

Sumber daya pendidik yang masih mengalami ketimpangan inilah yang menyebabkan pendidikan di negeri ini masih tertinggal jika dibandingkan negera-negara maju lainnya. Hal ini kemudian menjadi alasan yang membuat para calon mahasiswa memilih jurusan PGSD.

Tak hanya itu, ada sejumlah alasan lainnya yang membuat kamu berminat masuk prodi PGSD. Di antaranya sebagai berikut:

1. Jadi Guru Panggilan dari Hati
Jika memilih prodi PGSD, kamu akan turut terlibat dalam mencetak generasi cerdas sebagai penerus bangsa. Selain itu, alasan lainnya masuk kuliah jurusan PGSD adalah panggilan dari hati. Sebab dibutuhkan kepedulian untuk menjadi guru SD dan menanamkan pondasi pengetahuan sedari dini.

2. Mempelajari Ilmu yang Dinamis
Sebelum benar-benar terjun sebagai tenaga pengajar siswa sekolah dasar, di jurusan PGSD kamu dituntut untuk memiliki berbagai keahlian yang diajarkan kepada siswa nantinya.

3. Kembangkan Diri Lewat Multi Displin Ilmu
Saat kamu sudah yakin masuk jurusan PGSD, artinya kamu harus siap mempelajari berbagai materi kuliah yang tidak hanya teori. Namun, lebih cenderung kepada cara memahami kepribadian atau karakter anak serta pengembangannya.
Mulai dari Matematika, IPA, IPS dan masih banyak lagi disiplin ilmu yang harus kamu pelajari sebagai bekal menjadi guru SD. Kamu juga akan dibekali dengan praktik mengajar siswa langsung di sekolah yang sesungguhnya.

4. Peluang Karir yang Luas
Banyak calon mahasiswa yang memilih jurusan PGSD karena ingin menjadi guru di masa depan. Namun selain menjadi guru anak tingkat SD di sekolah formal, ternyata peluang karir lainnya bagi lulusan PGSD cukup luas.

Prospek Kerja Lulusan Jurusan PGSD
Apakah lulusan PGSD hanya bisa jadi guru SD? Pertanyaan ini masih sering dihadapi mahasiswa jurusan PGSD. Akan tetapi, menjadi guru SD bukan satu-satunya pilihan lulusan PGSD setelah mendapat gelar sarjana pendidikan nantinya. Apa saja?

1. Tutor Bimbingan Belajar
Selain menjadi guru SD di sekolah formal, lulusan PGSD berpeluang untuk bekerja sebagai tutor di bimbingan belajar. Tutor adalah guru yang mengajar di lembaga bimbingan belajar.

2. Konselor
Karir sebagai konselor juga cocok untuk lulusan jurusan PGSD. Sebagai konselor kamu akan membantu para orangtua untuk menemukan sekolah atau jurusan yang tepat.

3. Buka Les Privat
Membuka les privat adalah pilihan selanjutnya untuk kamu berkarir setelah lulus kuliah jurusan PGSD. Bahkan, menjadi guru les privat sudah banyak dijalani beberapa mahasiswa meski belum meraih gelar sarjana.

Prodi PGSD Universitas Adzkia
Bercita-cita untuk menjadi seorang guru merupakan keinginan yang mulia. Tapi, butuh perjuangan untuk mewujudkannnya, yakni dengan masuk kuliah jurusan PGSD. Selain itu, pemilihan perguruan tinggi juga harus dipertimbangkan agar mendapatkan kampus yang tepat.

Nah, Universitas Adzkia adalah salah satu perguruan tinggi yang tepat sebagai tempat menimba ilmu jurusan PGSD, terutama untuk kamu yang ingin kuliah di Kota Padang, Sumatera Barat.
Universitas Adzkia merupakan satu dari perguruan tinggi swasta terkemuka di Kota Padang, Sumatera Barat. Berawal dari Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan (STKIP), Universitas Adzkia kini mengalami perkembangan pesat dengan fokus utama pada bidang keguruan dan ilmu pendidikan, seperti prodi PGSD.

Meski berdiri sebagai perguruan tinggi swasta, Universitas Adzkia sudah mengantongi akreditasi secara resmi dari Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN PT). Demikian pula dengan program studi atau jurusan-jurusan yang diasuh Universitas Adzkia.

Dengan membuka prodi PGSD, Universitas Adzkia bertekad untuk menghasilkan guru dan tenaga pengajar yang cerdas, berkompeten, profesional, kreatif, inovatif, berkarakter Islami dan unggul di bidang IPTEKS sehingga mampu mewujudkan generasi anak bangsa yang cerdas.

Fasilitas Universitas Adzkia
Di bawah naungan Yayasan Adzkia Sumatera Barat (YASB), Universitas Adzkia berkembang sangat pesat dengan memfasilitasi mahasiswanya sarana dan prasarana penunjang kegiatan perkuliahan. Di antaranya:

1. Perpustakaan
2. Laboratorium Microteaching
3. Laboratorium Bahasa dan Komputer
4. Laboratorium IPA
5. Laboratorium PAUD
6. Adzkia Convention Center
7. Free internet

Kampus dengan gedung megah yang berdiri di Jalan Raya Taratak Paneh No 7 Kota Padang, Sumatera Barat ini juga dilengkapi dengan fasilitas pendukung lainnya, seperti sanggar seni, ruang rapat, dan Aula STKIP Adzkia, Masjid, lapangan yang luas untuk badminton, basket, futsal, kolam renang hingga outbond.

Jika anda ingin mendaftar sebagai mahasiswa pada Universitas Adzkia silahkan kunjungi link spmb.adzkia.ac.id atau hubungi nomor berikut 0852-6528-0997.


Sukai/Like Fan Page Facebook Garuda Cyber Indonesia
Subscribe Channel Youtube Garuda Cyber Indonesia
Follow Instagram Garuda Cyber Indonesia
Chat Wa

Signup for Newsletter

Langganan Newsletter dari Garuda Cyber untuk mendapatkan informasi terupdate dari Garuda Cyber Indonesia