WhatsApp-Button
Program Studi PG PAUD Terbaik di Padang

Program Studi PG PAUD Terbaik di Padang

  2022-04-04 10:34:24     Ulti Desi Arni     Dibaca 71 kali

Kunjungi Website : adzkia.ac.id 
Pendaftaran Mahasiswa Baru : spmb.adzkia.ac.id 
No Telp : 0852-6528-0997


Di dunia pendidikan, guru memiliki peran sangat penting dalam membimbing melalui pengajaran dan didikan yang baik. Terutama pada anak berusia dini yang sensitif terhadap stimulus, sehingga guru memegang peran krusial lewat pendidikan anak usia dini (PAUD).

Pendidikan anak usia dini diberikan kepada seorang anak sebelum menginjak memasuki sekolah dasar. PAUD merupakan upaya untuk memberikan pembinaan dan rangsangan pendidikan bagi anak-anak usia di bawah 6 tahun. PAUD juga dibutuhkan untuk membantu tumbuh dan kembang anak baik di bidang jasmani maupun rohani.

Tapi sayangnya, tidak sedikit tenaga pengajar PAUD di tanah air yang belum memiliki kompetensi serta pengetahuan sesuai standar. Hal ini dikarenakan banyaknya guru PAUD yang memiliki latar balakang pendidikan memadai.

Di Indonesia masih ada tenaga pengajar untuk sekolah anak usia dini ini lulusan SMA bahkan SMP yang tentunya belum mumpuni sebagai seorang guru PAUD. Padahal untuk mengajar dan mendidik anak-anak usia dini, seorang guru harus memiliki bekal ilmu dengan cukup tentang pendekatan psikologis sehingga pedagosis.

Mengingat masih kurangnya guru PAUD dengan pendidikan yang sesuai standar, sangat penting untuk membentuk dan menghasilkan tenaga pengajar sesuai standar kompetensi serta pengetahuan memadai. Salah satunya dengan membuka program studi Pendidikan Guru PAUD (PGPAUD) di tingkat perguruan tinggi.

Mengenal Kuliah Jurusan PGPAUD
PGPAUD merupakan program studi dengan peminat cukup tinggi saat penerimaan mahasiswa baru di berbagai perguruan tinggi negeri maupun swasta. Terutama bagi mereka yang memiliki minat terhadap dunia anak-anak usia dini dan berbakat di bidang pendidikan.

Program studi PG PAUD dibuka untuk mempersiapkan mahasiswanya menjadi seorang guru anak-anak pra sekolah. Jurusan kamu mengajarkan kamu untuk dapat memahami segala hal tentang dunia anak.

Namun hingga kini, masih ada saja yang meremehkan jurusan ini yang beranggapan bahwa PG PAUD hanyalah tentang menari dan bernyanyi. Padahal, ada berbagai cabang ilmu yang harus dikuasai mahasiswa PG PAUD.

Bagi kamu yang tertarik untuk melanjutkan pendidikan di bangku kuliah PG PAUD, kamu akan dituntut untuk memahami serta menguasai perkembangan fisik dan psikologis anak di usia dini. Kamu juga akan dibekali kemampuan observasi dan komunikatif yang baik, serta keterampilan interpersonal tinggi.

Meski ada saja yang memandang jurusan ini dengan sebelah mata, tidaklah mudah mengatasi anak-anak usia dini. Dibutuhkan keterampilan secara khusus untuk memahami psikologi anak.

Menariknya, kamu juga akan belajar tentang ilmu psikologi anak, gizi, teknologi, keterampilan berbahasa asing, olahraga hingga berbagai cabang ilmu seni.

Karir untuk Lulusan Jurusan PG PAUD
Mencetak tenaga pengajar profesional dan berkompetensi sesuai standar guru PAUD, adalah tujuan utama dibukanya program studi PG PAUD di berbagai perguruan tinggi negeri maupun swasta.

Selain memberikan didikan dan membantu membentuk karakter serta kepribadian yang baik sedini mungkin pada anak, menjadi sosok pahlawan tanpa tanda jasa turut membantu pemerintah dalam membangun generasi cerdas bangsa ini. Bahkan tidak sedikit mahasiswa yang mulai meniti karir sebagai guru PAUD meski belum menyandang gelar sarjana.

Tapi, bukan berarti setelah lulus kuliah jurusan PG PAUD kamu tidak bisa berkarir di bidang selain menjadi seorang guru. Ada banyak pilihan karir bagi lulusan PG PAUD, yakni sebagai berikut:

1. Kepala Sekolah Playgroup
Selain menjadi guru, kompetensi yang sesuai standar yang diperoleh lulusan PG PAUD berpeluang menjadi seorang kepala sekolah playgroup.

2. Direktorat PAUD
Berkarir di direktorat PAUD juga bisa menjadi pilihan bagi kamu setelah menyelesaikan kuliah jurusan PG PAUD. Direktorat PAUD sendiri berada di bawah naungan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

3. Konselor Anak
Menjadi seorang guru memang pilihan utama bagi seorang lulusan PG PAUD, tapi bukannya tidak mungkin setelah lulus nanti kamu berkarir sebagai konselor anak. Kamu bisa membantu para orangtua untuk menyelesaikan masalah dalam membentuk kepribadian anak-anak usia dini.

4. Guru Anak Berkebutuhan Khusus
Dengan keterampilan dan pengetahuan tentang dunia anak-anak, kamu juga berpeluang menjadi seorang guru untuk anak-anak yang berkebutuhan khusus.

5. Tutor Anak Usia Dini
Menjadi tutor untuk anak-anak usia dini juga termasuk pilihan tepat bagi kamu setelah menyelesaikan kuliah di jurusan PG PAUD. Biasanya, pekerjaan ini berkaitan dengan edukasi kepada anak-anak usia dini.

Program Studi PG PAUD Universitas Adzkia
Tertarik masuk kuliah di prodi PG PAUD? Nah, sudah saatnya untuk mempertimbangkan perguruan tinggi yang tepat sebagai tempat menimba ilmu di bidang guru anak-anak usia dini ini.

Universitas Adzkia merupakan salah satu perguruan tinggi yang terbaik untuk memulai langkah sebagai seorang guru PAUD. Kampus yang sebelumnya berdiri sebagai Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan (STKIP) yang fokus untuk mencetak serta menghasilkan tenaga pengajar yang berkompetensi, profesional, dan berkarakter Islami.

Kini seiring pesatnya perkembangannya kampus yang berada di naungan Yayasan Adzkia Sumatera Barat Ini, Universitas Adzkia sudah menjadi satu dari perguruan tinggi swasta terkemuka di Kota Padang, Sumatera Barat.

Meski berdiri sebagai kampus swasta, Universitas Adzkia dan seluruh program studi yang diasuhnya sudah mengantongi akreditasi secara resmi dari Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN PT).

Visi dan Misi Jurusan PG PAUD Universitas PG PAUD
Sejalan dengan arah pengembangan, jati diri dan tantangan di masa depan, Universitas Adzkia bertekad untuk menjadikan program studi PG PAUD unggul dalam menghasilkan guru PAUD yang cerdas dan berkarakter Islami dengan penguasaan IPTEKS mumpuni.

Sedangkan misi jurusan PG PAUD yang diasuh Universtas Adzkia, yakni menyelenggarakan pendidikan anak usia dini yang profesional dengan kompetensi sesuai kebutuhan serta perkembangan ilmu pengetahuan juga seni.

Lalu, menyelenggarakan pembelajaran terpadu yang berintegrasikan pada pengetahuan umum dan nilai-nilai Islmi. Kemudian, membangun lingkungan belajar yang berpola untuk membentuk karakter Islami.

Selanjutnya, melakukan penelitian dan pengkajian di bidang pendidikan untuk anak usia dini untuk membentuk kepribadian yang Islami. Serta, mengabdi kepada masyarakat di bidang pendidikan anak usia dini agar dapat membantu terwujudnya masyarakat yang madani.

Selain itu, Universitas Adzkia ingin menghasilan lulusan yang mampu menjadi guru PAUD cerdas, profesional, kreatif, inovatif dan berjiwa wirausaha. Dan, mewujudkan proses pembelajaran dan iklim akademik yang bertujuan untuk membentuk karakter Islami.

Fasilitas Universitas Adzkia
Untuk kamu yang di Kota Padang, Sumatera Bara, Universitas Adzia adalah pilihan tepat berkuliah prodi PG PAUD. Gedung megah milik kampus yang berada di Jalan Raya Taratak Paneh No 7 Kota Padang, Sumatera Barat ini sudah dilengkapi fasilitasi antara lain ialah sebagai berikut:

1. Perpustakaan
2. Laboratorium Microteaching
3. Laboratorium Bahasa dan Komputer
4. Laboratorium IPA
5. Laboratorium PAUD
6. Adzkia Convention Center
7. Free internet

Kampus yang fokus pada IPTEK dan keguruan serta kependidikan ini, juga memfasilitasi mahasiswanya dengan sanggar seni, ruang rapat, dan Aula STKIP Adzkia, Masjid, lapangan olahgara yang luas untuk badminton, basket, futsal, kolam renang hingga outbond.

Jika anda ingin mendaftar sebagai mahasiswa pada Universitas Adzkia silahkan kunjungi link spmb.adzkia.ac.id atau hubungi nomor berikut 0852-6528-0997.


Sukai/Like Fan Page Facebook Garuda Cyber Indonesia
Subscribe Channel Youtube Garuda Cyber Indonesia
Follow Instagram Garuda Cyber Indonesia
Chat Wa

Signup for Newsletter

Langganan Newsletter dari Garuda Cyber untuk mendapatkan informasi terupdate dari Garuda Cyber Indonesia