WhatsApp-Button
Program Studi Pendidikan Bahasa Indonesia Terbaik di Padang

Program Studi Pendidikan Bahasa Indonesia Terbaik di Padang

  2022-04-04 10:15:24     Ulti Desi Arni     Dibaca 64 kali

Kunjungi Website : adzkia.ac.id 
Pendaftaran Mahasiswa Baru : spmb.adzkia.ac.id 
No Telp : 0852-6528-0997


Sebagai bahasa resmi dalam berkomunikasi secara nasional, Bahasa Indonesia menjadi mata pelajaran wajib yang diajarkan di sekolah mulai dari tingkat dasar hingga menengah atas. Bahkan saat ini, Bahasa Indonesia turut diajarkan di institusi pendidikan luar negeri.

Namun di negeri sendiri, Bahasa Indonesia saat seakan tergerus oleh zaman. Terutama di kalangan remaja, penggunaan bahasa Indonesia sudah tidak lagi menjadi satu-satunya bahasa yang digunakan dalam berkomunikasi.

Sebuah fenomena yang mencampurkan bahasa asing ke dalam bahasa Indonesia semakin ramai digunakan dalam komunikasi formal maupun non formal. Terlebih lagi, berbahasa asing saat berkomunikasi sehari-hari dianggap lebih keren dan bergengsi. Berbahasa Indonesia dengan baik dan benar hampir nyaris tidak lagi digunakan di tengah pergaulan remaja era ini.

Sebab itu, pendidikan bahasa Indonesia perlu kembali digiatkan untuk melahirkan generasi unggul yang percaya diri dalam berbahasa Indonesia dan membawanya sebagai identitas bangsa negeri ini. Tidak hanya untuk menumbuhkan kembali tingkat kepercayaan diri generasi milineal dalam berbahasa Indonesia dengan benar di kesehariannya, pendidikan bahasa Indonesia juga turut menghidupkannya kembali sebagai bahasa persatuan seperti yang diikrarkan para pemuda dahulu lewat Sumpah Pemuda.

Dengan demikian, tenaga pengajar pendidikan bahasa Indonesia kian dibutuhkan di era globalisasi ini. Melalui program studi (Prodi) pendidikan bahasa Indonesia, diharapkan akan memenuhi kebutuhan tenaga pengajar pendidikan bahasa Indonesia pula.

Mengenal Jurusan Pendidikan Bahasa Indonesia
Tahukah kamu? Program studi keguruan dan ilmu pendidikan masih menjadi jurusan yang sangat diminati saat penerimaan mahasiswa baru di berbagai perguruan tinggi negeri maupun swasta. Salah satunya adalah jurusan pendidikan bahasa Indonesia.

Jurusan pendidikan bahasa Indonesia adalah program studi yang bertujuan untuk menghasilkan sarjana yang mampu menjadi tenaga didik dan pengajar bahasa Indonesia yang berkompeten sesuai standar guru secara profesional.
Kamu yang berminat untuk kuliah di jurusan Pendidikan Bahasa Indonesia, nantinya akan mempelajari bahasa dan budaya negeri ini dengan komperehensif. Selain mendapatkan pengetahuan tentang perkembangan berbahasa atau linguistik, kamu juga akan belajar cara menganalisa bahasa Indonesia yang efektif.

Jurusan pendidikan bahasa Indonesia juga mengajarkan mahasiswanya untuk meneliti budaya, hingga dinamika dalam kehidupan masyarakat bangsa ini. Sebagai calon guru masa depan, hal terpenting lainnya yang harus kamu pelajari saat masuk kuliah jurusan pendidikan bahasa Indonesia ialah cara atau metode mengajar secara kreatif dan tepat yang membuat mata pelajaran ini tidak lagi membosankan sehingga mudah dipahami oleh siswa didik.

Alasan Kuliah Jurusan Pendidikan Bahasa Indonesia
Selain bercita-cita untuk mencerdaskan anak bangsa di pelajaran Bahasa Indonesia, ada beberapa alasan yang membuat kamu memutuskan untuk kuliah jurusan pendidikan bahasa Indonesia. Berikut di antaranya:

1. Keahlian Berbahasa yang Beragam
Jurusan pendidikan bahasa Indonesia tidak hanya membantu mewujudkan cita-citamu menjadi seorang guru bahasa Indonesia, tapi juga memberikan manfaat lainnya, seperti keterampilan berbahasa yang beragam.

Di jurusan ini kamu akan belajar berbagai keahlian dalam berbahasa Indonesia. Mulai dari berkomunikasi secara lisan, tulisan, membaca, menyimak hingga mendengarkan akan menjadi keahlian kamu.

2. Prospek Karir di Bidang Penulisan
Alasan lainnya yang bisa membuat kamu memutuskan kuliah di jurusan pendidikan bahasa Indonesia adalah prospek untuk karir di bidang penulisan. Dengan keahlian menulis dan menganalisis yang mumpuni, kamu juga berpeluang menjadi penulis karya ilmiah atau cerita fiktif.

3. Turut Merawat Bahasa Indonesia
Menjadi mahasiswa jurusan Pendidikan Bahasa Indonesia, artinya kamu siap untuk merawat bahasa Indonesia agar tetap menjadi bahasa kesatuan di tengah gempuran pengaruh asing di negeri ini. Dengan menjadi guru bahasa Indonesia, kamu telah turut serta melestarikan bahasa Indonesia sebagai bahasa resmi negeri ini.

Karir Bagi Lulusan Pendidikan Bahasa Indonesia
Program studi pendidikan bahasa Indonesia memang ditujukan untuk menghasilkan tenaga didik dan pengajar bahasa Indonesia yang profesional dan berkompetensi. Namun, tidak tertutup pula kesempatan karir lainnya untuk lulusan jurusan pendidikan bahasa Indonesia, seperti berikut ini:

1. Pendidik
Menjadi pengajar dan pendidik merupakan prospek kerja utama yang menjadi tujuan para mahasiswa memilih kuliah jurusan pendidikan bahasa Indonesia. Selain sebagai guru, kamu bisa menjadi dosen atau tutor bahasa Indonesia di lembaga pendidikan formal maupun non formal.

2. Editor Naskah
Profesi editor naskah juga bisa menjadi pilihan kamu untuk berkarir setelah lulus kuliah jurusan pendidikan bahasa Indonesia. Sebagai editor naskah, kamu harus jeli karena harus menyunting bahasa dalam proses editing buku, artikel, novel, hingga naskah berita baik dalam bentuk cetak maupun digital.

3. Penerjemah
Menjadi penerjemah bahasa Indonesia dapat pula kamu pilih sebagai sarjana pendidikan bahasa Indonesia.

4. Penulis
Dunia penulisan juga membutuhkan lulusan pendidikan bahasa Indonesia. Berbekal keahlian menulis sesuai standar penulisan bahasa Indonesia yang baik dan benar, kamu berkesempatan menjadi seorang penulis berbagai bidang karya, baik artikel, blog, cerita fiksi atau non fiksi, bahkan jurnalis.

5. Copywriter
Di era digitalisasi ini, copywriter merupakan profesi yang turut membuka kesempatan karir bagi sarjana pendidikan bahasa Indonesia. Copywriter bertugas mempromosikan sebuah produk secara online dalam bentuk tulisan persuasif.
Prodi Bahasa Indonesi di Universitas Adzkia
Menjadi guru, penulis atau lainnya harus diwujudkan melalui pendidikan yang tepat, yakni prodi pendidikan bahasa Indonesia. Pemilihan kampus yang tepat juga harus dilakukan, bukan?

Nah, Universitas Adzkia adalah perguruan tinggi swasta terkemuka di Kota Padang, Sumatera Barat. Kampus ini bisa jadi pilihan kamu untuk menjalani kuliah pendidikan bahasa Indonesia, terutama bagi kamu yang berada di Kota Padang, Sumatera Barat.

Universitas Adzkia adalah kampus yang berawal dari Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Di bawah naungan Yayasan Adzkia Sumatera Barat, perguruan tinggi yang mengasuh prodi pendidikan bahasa Indonesia ini berkembang sangat pesat.

Melalui prodi pendidikan bahasa Indonesia, Universitas Adzkia bertekad untuk membentuk dan menghasilkan calon tenaga didik bahasa Indonesia yang cerdas, kompeten, profesional, unggul di bidang IPTEKS, dan berkarakter Islami.

Selain itu, Universitas Adzkia sudah mengantongi akreditasi secara resmi dari Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi. Begitu pula dengan seluruh prodi yang berada di bawah asuhannya.

Fasilitas Universitas Adzkia
Meski berdiri sebagai perguruan tinggi swasta, Universitas Adzkia sudah memfasilitasi mahasiswanya dengan sarana dan prasarana memadai untuk mendukung perkuliah maupun kegiatan mahasiswa. Yakni sebagai berikut:

1. Perpustakaan
2. Laboratorium Microteaching
3. Laboratorium Bahasa dan Komputer
4. Laboratorium IPA
5. Laboratorium PAUD
6. Adzkia Convention Center
7. Free internet

Gedung megah Universitas Adzkia yang berada di Jalan Raya Taratak Paneh No 7 Kota Padang, Sumatera Barat ini juga dilengkapi dengan fasilitas pendukung lainnya, seperti sanggar seni, ruang rapat, dan Aula STKIP Adzkia, Masjid, lapangan yang luas untuk badminton, basket, futsal, kolam renang hingga outbond.

Jika anda ingin mendaftar sebagai mahasiswa pada Universitas Adzkia silahkan kunjungi link spmb.adzkia.ac.id atau hubungi nomor berikut 0852-6528-0997.


Sukai/Like Fan Page Facebook Garuda Cyber Indonesia
Subscribe Channel Youtube Garuda Cyber Indonesia
Follow Instagram Garuda Cyber Indonesia
Chat Wa

Signup for Newsletter

Langganan Newsletter dari Garuda Cyber untuk mendapatkan informasi terupdate dari Garuda Cyber Indonesia