WhatsApp-Button
Jual Sistem Open Jurnal Sistem Kampus di Yogyakarta

Jual Sistem Open Jurnal Sistem Kampus di Yogyakarta

  2021-09-27 09:44:40     Ulti Desi Arni     Dibaca 82 kali

Jual Sistem Open Jurnal Sistem Kampus di Yogyakarta - 021-39720119 / 0811-767-4727

Daerah Istimewa Yogyakarta adalah Daerah Istimewa setingkat provinsi di Indonesia yang merupakan penggabungan dari Kesultanan Yogyakarta dan Kadipaten oleh Paku Alaman. Daerah Istimewa Yogyakarta terletak di bagian selatan pulau Jawa dan berbatasan dengan provinsi Jawa Tengah dan Samudera Hindia. Daerah Istimewa yang memiliki luas 3.185,80 km2 ini terdiri dari satu kota dan empat kabupaten yang dibagi lagi menjadi 78 Kapanewon/Kemantren dan 438 Kalurahan/kelurahan. Menurut sensus penduduk 2010, berpenduduk 3.452.390 jiwa dengan proporsi 1.705.404 laki-laki dan 1.746.986 perempuan, serta memiliki kepadatan penduduk 1.084 jiwa per km2.

Penyebutan nomenklatur Daerah Istimewa Yogyakarta yang terlalu lama menyebabkan nomenklatur tersebut disingkat menjadi DI Yogyakarta atau DIY. Daerah Istimewa Yogyakarta sering dikaitkan dengan kota Yogyakarta, sehingga sering salah disebut sebagai Jogja, Yogya, Yogyakarta, Jogjakarta. Meski secara geografis merupakan wilayah setingkat provinsi terkecil kedua setelah DKI Jakarta, namun kawasan istimewa ini cukup dikenal secara nasional maupun internasional, terutama sebagai daerah tujuan wisata utama setelah provinsi Bali. Daerah Istimewa Yogyakarta mengalami beberapa bencana alam besar antara lain gempa bumi 27 Mei 2006, letusan Gunung Merapi antara Oktober dan November 2010, dan letusan Gunung Kelud, Jawa Timur, pada 13 Februari 2014.

Aplikasi OJS (Open Journal System)

Segala kelemahan yang dirasakan oleh pihak kampus saat menggunakan cara manual tentunya dapat diatasi dengan memanfaatkan teknologi digital yang ada di dalamnya. Kita tahu bahwa saat ini kehadiran teknologi yang semakin hari semakin berkembang memberikan banyak keuntungan bagi penggunanya. Oleh karena itu perguruan tinggi perlu mengetahui atau memanfaatkan peluang yang ada. Saat ini, teknologi digital atau sistem digitalisasi yang mampu membantu penerbitan jurnal online menggunakan aplikasi Campus OJS (Open Journal System). Dengan menggunakan aplikasi Campus OJS (Open Journal System),

tentunya jurnal-jurnal yang ada dapat dikelola dan diakses secara online tanpa batasan ruang dan waktu.

Aplikasi OJS (Open Journal System) ini merupakan sistem manajemen konten berbasis web yang dibuat khusus untuk mengelola seluruh proses manajemen publikasi ilmiah, mulai dari call for paper, peer review, hingga publikasi online.

Tentunya penerbitan jurnal dalam aplikasi OJS ini harus tetap mengacu pada Standard Operating Procedure (SOP) yang telah ditetapkan. Dalam penerbitan jurnal di IJS tentunya juga melibatkan aktor yang berbeda dan tidak bisa sembarangan antara aktor tersebut yaitu Pengelola Jurnal, editor, penulis dan reviewer.

Aplikasi OJS (Open Journal System) Kampus, Garuda Cyber

Seperti yang telah kita bahas, teknologi digital saat ini menawarkan banyak manfaat dan kemudahan dalam pengelolaan kampus, antara lain penyederhanaan pengelolaan dan penerbitan jurnal melalui OJS. Keberadaan OJS (Open Journal System) sebenarnya bukan hal baru di era digitalisasi, bahkan beberapa universitas ternama sudah menerapkannya.

Tentunya kampus-kampus tersebut memiliki segudang manfaat dan kemudahan, dan sudah saatnya kampus Anda menjauh dari cara manual sekaligus menggunakan OJS (Open Journal System) Garuda Cyber. Garuda Cyber adalah perusahaan IT dan konsultan IT yang cukup terkenal yang dapat dipercaya untuk memberikan solusi terkait masalah IT di kampus Anda. Tentu saja mereka adalah tim yang berpengalaman dengan beberapa kampus terbesar. Garuda Cyber menawarkan Smart Campus yang merupakan system terintegrasi yang di dalamnya terdapat banyak aplikasi dan sistem yang saling terhubung, termasuk OJS (Open Journal System) ini.

Dalam OJS Garuda Cyber ini mempertimbangkan banyak hal, dalam proses penerbitan jurnal ilmiah ada beberapa tahapan yaitu: proses pengumuman penerimaan naskah, pendaftaran penulis, proses penyerahan naskah oleh penulis, proses evaluasi naskah oleh editor/penerbit, proses review oleh reviewer, proses editing oleh penerbit, proses pembayaran penerbitan naskah oleh penulis dan proses perencanaan penerbitan majalah online. Ketika sebuah kampus atau perguruan tinggi menggunakan Open Journal System

(OJS) Garuda Cyber, semua pengelolaan jurnal dapat dilakukan secara online. Tentunya untuk semua proses yang berlangsung secara online, mulai dari pengiriman naskah, hingga review, editing, publishing, semuanya bisa dilakukan dalam satu media yang sama sehingga bisa menghasilkan output berupa jurnal elektronik atau e-journal.

Fitur-fitur OJS (Open Journal System)

Seperti yang telah dijelaskan di atas, terdapat berbagai jenis layanan yang disediakan dalam aplikasi Garuda Cyber OJS (Open Journal System). Tentu saja, semua kemudahan ini hadir dengan fitur-fitur canggih. Berbagai fitur yang tersedia di OJS (Open Journal System) adalah:

  1. Manajemen jurnal

Terdapat fitur yang dapat menangani setiap unggahan majalah, mulai dari pengajuan hingga proses penerbitan.

  1. Manajemen Reviewer

Sebelum jurnal diterbitkan tentunya harus melalui tahap review terlebih dahulu oleh reviewer, kemudian pada OJS (Open Journal System) terdapat fitur yang berfungsi untuk mengelola reviewer dan tentunya penulis tidak mengetahui identitas jurnal tersebut. auditor untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan.

  1. Unggah File Jurnal

Selain itu juga terdapat fungsi untuk mengupload file, sehingga penulis dapat langsung mengupload yang digunakan untuk review terlebih dahulu.

  1. Proses peninjauan

Setelah file jurnal diunggah, reviewer akan mereview aplikasi jurnal.

  1. Editor

Setelah review selesai, penulis juga dapat mengedit jurnalnya sebelum dipublikasikan.

  1. Laporan penuh

Last but not least, OJS (Open Journal System) menyediakan laporan yang komprehensif berdasarkan kebutuhan setiap pengguna.

  1. Publikasi di majalah

Setelah proses review dan edit, proses selanjutnya adalah penerbitan, dan tersedia fitur-fitur dalam OJS (Open Journal System) yang memudahkan untuk mempublikasikan jurnal secara online.

(Akbar)


Sukai/Like Fan Page Facebook Garuda Cyber Indonesia
Subscribe Channel Youtube Garuda Cyber Indonesia
Follow Instagram Garuda Cyber Indonesia
Chat Wa

Signup for Newsletter

Langganan Newsletter dari Garuda Cyber untuk mendapatkan informasi terupdate dari Garuda Cyber Indonesia