Jual Sistem Open Jurnal Sistem Kampus di Jakarta

Jual Sistem Open Jurnal Sistem Kampus di Jakarta - 021-39720119 / 0811-767-4727

Jakarta, yang secara resmi dikenal sebagai Daerah Istimewa (Ibu Kota Jakarta atau DKI Jakarta), adalah ibu kota negara dan kota terbesar di Indonesia. Jakarta merupakan satu-satunya kota di Indonesia yang berstatus provinsi. Jakarta terletak di pesisir barat laut pulau Jawa. Dahulu dikenal dengan beberapa nama antara lain Sunda Kelapa, Jayakarta, dan Batavia. Di dunia internasional Jakarta juga dijuluki J-Town, atau lebih tepatnya The Big Durian, karena dianggap kota yang sebanding dengan New York City (Big Apple) di Indonesia.

Jakarta memiliki luas kurang lebih 664,01 km² (lautan: 6.977,5 km²), dengan jumlah penduduk 11.100.929 jiwa (2020).[3] Wilayah metropolitan Jakarta (Jabodetabek) merupakan wilayah metropolitan terbesar di Asia Tenggara dan terbesar kedua di dunia dengan jumlah penduduk sekitar 28 juta jiwa.

Sebuah perguruan tinggi atau universitas tentunya tidak lepas dari jurnal. Baik itu kebutuhan sebagai referensi karya untuk pelaksanaan penelitian atau perekrutan baru atau publikasi hasil penelitian dalam bentuk tulisan dalam bentuk jurnal. Jurnal merupakan karya ilmiah yang dibuat dengan tujuan untuk memperluas pengetahuan melalui penelitian guna menemukan pengetahuan baru.

Penjurnalan hasil penelitian tentunya akan sangat bermanfaat sebagai referensi kerja bagi peneliti selanjutnya. Karena kita tahu bahwa referensi sangat penting dalam sebuah penelitian dimana kita sebagai ilmuwan harus mengumpulkan banyak jurnal sebagai referensi. Selain itu, dosen juga harus mampu mempublikasikan jurnal di kampus yang merupakan bagian dari tugasnya sebagai dosen, yaitu melakukan penelitian dalam rangka memperluas ilmu pengetahuan.

Kebanyakan kampus biasanya masih menggunakan cara manual atau konvensional untuk mengolah jurnal atau hasil penelitian di lingkungan kampusnya. Di era digital saat ini, teknologi menawarkan banyak kemudahan. Tentunya jika hanya cara konvensional yang diterbitkan hanya dalam bentuk cetak saja tidak dapat disebarluaskan secara luas dan oleh karena itu diperlukan suatu sistem yang dapat mempublikasikannya secara online.

Aplikasi Open Jurnal System

Segala kelemahan yang dirasakan kampus dengan cara manual tentunya dapat dihilangkan melalui pemanfaatan teknologi digital. Kita tahu bahwa kehadiran teknologi yang berkembang setiap hari membawa banyak manfaat bagi penggunanya. Oleh karena itu perguruan tinggi harus mengetahui atau memanfaatkan peluang yang ada.

Saat ini, teknologi digital atau sistem digitalisasi yang kuat untuk mendukung publikasi jurnal online menggunakan aplikasi Campus OJS (Open Journal System). Dengan adanya aplikasi kampus OJS (Open Journal System), jurnal-jurnal yang ada tentunya dapat dikelola dan diakses secara online tanpa ada batasan spasial atau temporal.

Aplikasi OJS (Open Journal System) ini merupakan sistem manajemen konten berbasis web yang khusus dikembangkan untuk seluruh proses manajemen publikasi ilmiah, mulai dari call for paper, peer review hingga penerbitan online.

Tentunya penerbitan jurnal dalam aplikasi OJS ini tetap harus mengacu pada Standard Operating Procedure (SOP) yang telah ditetapkan. Dalam penerbitan jurnal di IJS tentu saja ada beberapa aktor yang terlibat, dan tidak boleh ada sejumlah aktor, yaitu pengelola jurnal, editor, penulis dan reviewer.

Aplikasi Kampus OJS (System Jurnal sistem)

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, teknologi digital saat ini menawarkan banyak keuntungan dan kemudahan dalam pengelolaan kampus, termasuk mempermudah pengelolaan dan penerbitan jurnal melalui OJS.

Keberadaan OJS (Open Journal System) sebenarnya bukan hal baru di era digitalisasi, bahkan beberapa universitas ternama telah menerapkannya. Tentunya kampus-kampus ini merasakan banyak sekali keuntungan dan kemudahan, dan sudah saatnya kampus Anda beralih ke cara manual dengan OJS (Open Journal System).

Untuk mempertimbangkan banyak hal, saat ini ada beberapa tahapan dalam proses penerbitan jurnal ilmiah, yaitu: proses pengumuman penerimaan naskah, pendaftaran penulis, proses penyerahan naskah dari penulis, proses evaluasi naskah oleh editor/penerbit, proses review oleh reviewer, proses editing oleh editor, proses pembayaran naskah publikasi oleh penulis dan proses publikasi jurnal online.

Jika sebuah kampus atau perguruan tinggi menggunakan Open Journal System (OJS), semua pengelolaan jurnal dapat dilakukan secara online. Tentunya semua bisa dilakukan di media yang sama untuk semua proses online, mulai dari pengiriman naskah, review, editing hingga publikasi, hingga menghasilkan output berupa jurnal elektronik atau e-journal.

Fitur OJS (Sistem Jurnal sistem)

Seperti yang sudah dijelaskan di atas, ada banyak macam fasilitas di dalam aplikasi OJS (Open Journal System). Semua kemudahan tersebut tentunya disertai dengan fitur-fitur canggih. Berbagai fungsi yang tersedia di OJS (Sistem Jurnal Terbuka) adalah:

1.Manajemen majalah

Terdapat fitur yang dapat mengatur setiap jurnal yang diunggah, mulai dari pengajuan hingga proses penerbitan.

2.Manajemen ahli

Sebelum jurnal diterbitkan tentunya harus melalui tahap review reviewer terlebih dahulu, sehingga ada fungsi dalam OJS (Open Journal System) yang digunakan untuk mengelola reviewer dan tentunya penulis tidak mengetahui identitas dari jurnal tersebut. resensi untuk menyetujui hal-hal yang tidak diinginkan menghindari.

3.Unggah file jurnal

Ada juga fitur unggah file sehingga penulis dapat mengunggah file bekas secara langsung untuk ditinjau.

4.Proses peninjauan

Setelah mengunggah file jurnal, reviewer meninjau aplikasi jurnal.

5.editor

Setelah review selesai, penulis juga dapat mengedit jurnalnya sebelum diterbitkan.

6.Laporan lengkap

Tak kalah penting, OJS (Open Journal System) menyediakan laporan lengkap sesuai kebutuhan setiap pengguna.

7.Publikasi Jurnal

Setelah proses review dan editing, proses selanjutnya adalah penerbitan, dan tersedia fitur-fitur dalam OJS (Open Journal System) yang memudahkan untuk mempublikasikan jurnal secara online.

Sukai/Like Fan Page Facebook Garuda Cyber Indonesia

Subscribe Channel Youtube Garuda Cyber Indonesia

Follow Instagram Garuda Cyber Indonesia

Chat Wa

Artikel Terpopuler

Definisi Struktur Kontrol Perulangan Dalam Pemrograman Dan Contohnya

Pada dasarnya perulangan pada pemrograman yang sama dengan perulangan bahasa pemrograman lainnya. Struktur kontrol perulangan yang dipakai memilki suatu fungsi dari program yang akan dijalankan secara berulang. Contohnya anda ingin membuat tampilan nama anda sebanyak 100 kali, tentu akan sangat lama jika anda menuliskan kode program secara dengan manual. Dengan struktur kontrol perulangan bisa menampilkan dengan nama sebanyak 100 kali...