WhatsApp-Button
Jual Sistem Open Jurnal Sistem Kampus di Padang

Jual Sistem Open Jurnal Sistem Kampus di Padang

  2021-09-08 14:41:31     Ulti Desi Arni     Dibaca 39 kali

Jual Sistem Open Jurnal Sistem Kampus di Padang - 021-39720119 / 0811-767-4727

Kota Padang adalah kota terbesar di pantai barat pulau Sumatera dan ibu kota provinsi Sumatera Barat, Indonesia. Kota ini merupakan pintu gerbang barat Indonesia dari Samudera Hindia. Secara geografis Padang dikelilingi oleh perbukitan yang mencapai ketinggian 1.853 meter di atas permukaan laut dengan luas 693,66 km², yang lebih dari separuhnya merupakan hutan lindung. Berdasarkan data Badan Pusat Statistik (BPS) tahun 2021, kota ini berpenduduk 909.040 jiwa. Padang merupakan pusat perkembangan kota metropolitan Palapa.

Sejarah kota Padang tidak terlepas dari perannya sebagai daerah perantauan Minangkabau, yang berawal sebagai perkampungan nelayan di muara Batang Arau kemudian berkembang menjadi kota pelabuhan yang ramai menyusul masuknya Belanda di bawah Vereenigde Oostindische. Bendera Compagnie (VOC). Hari jadi kota tersebut ditetapkan pada tanggal 7 Agustus 1669, yang merupakan hari penyerangan terhadap pondok Belanda di Muara Padang oleh masyarakat Pauh dan Koto Tangah. Pada masa penjajahan Belanda, kota ini menjadi pusat perdagangan emas, teh, kopi, dan rempah-rempah. Memasuki abad ke-20, ekspor batu bara dan semen mulai dilakukan melalui pelabuhan Teluk Bayur. Saat ini infrastruktur Kota Padang telah selesai dibangun dari Bandara Internasional Minangkabau dan jalur kereta api yang terhubung dengan kota-kota lain di Sumatera Barat.

Pusat komersial kota ini terletak di Pasar Raya Padang dan didukung oleh sejumlah pusat perbelanjaan modern dan 16 pasar tradisional. Padang merupakan salah satu pusat pendidikan utama di luar pulau Jawa, didukung dengan keberadaan puluhan perguruan tinggi, termasuk tiga perguruan tinggi negeri. Sebagai kota seni dan budaya, Padang dikenal dengan legenda Malin Kundang dan novel Sitti Nurbaya. Berbagai festival diadakan setiap tahun untuk mendukung sektor pariwisata. Di kalangan masyarakat Indonesia, nama kota ini umumnya dikaitkan dengan etnis Minangkabau dan masakan khasnya yang dikenal dengan masakan Padang.

Aplikasi OJS (Open Journal System)

Segala kelemahan yang dirasakan oleh pihak kampus saat menggunakan cara manual tentunya dapat diatasi dengan memanfaatkan teknologi digital yang ada di dalamnya. Kita tahu bahwa saat ini kehadiran teknologi yang semakin hari

semakin berkembang memberikan banyak keuntungan bagi penggunanya. Oleh karena itu perguruan tinggi perlu mengetahui atau memanfaatkan peluang yang ada.

Saat ini, teknologi digital atau sistem digitalisasi yang mampu membantu penerbitan jurnal online menggunakan aplikasi Campus OJS (Open Journal System). Dengan menggunakan aplikasi Campus OJS (Open Journal System), tentunya jurnal-jurnal yang ada dapat dikelola dan diakses secara online tanpa batasan ruang dan waktu.

Aplikasi OJS (Open Journal System) ini merupakan sistem manajemen konten berbasis web yang dibuat khusus untuk mengelola seluruh proses manajemen publikasi ilmiah, mulai dari call for paper, peer review, hingga publikasi online.

Tentunya penerbitan jurnal dalam aplikasi OJS ini harus tetap mengacu pada Standard Operating Procedure (SOP) yang telah ditetapkan. Dalam penerbitan jurnal di IJS tentunya juga melibatkan aktor yang berbeda dan tidak bisa sembarangan antara aktor tersebut yaitu Pengelola Jurnal, editor, penulis dan reviewer.

Aplikasi OJS (Open Journal System) Kampus, Garuda Cyber

Seperti yang telah kita bahas, teknologi digital saat ini menawarkan banyak manfaat dan kemudahan dalam pengelolaan kampus, antara lain penyederhanaan pengelolaan dan penerbitan jurnal melalui OJS.

Keberadaan OJS (Open Journal System) sebenarnya bukan hal baru di era digitalisasi, bahkan beberapa universitas ternama sudah menerapkannya. Tentunya kampus-kampus tersebut memiliki segudang manfaat dan kemudahan, dan sudah saatnya kampus Anda menjauh dari cara manual sekaligus menggunakan OJS (Open Journal System) Garuda Cyber.

Garuda Cyber adalah perusahaan IT dan konsultan IT yang cukup terkenal yang dapat dipercaya untuk memberikan solusi terkait masalah IT di kampus Anda. Tentu saja mereka adalah tim yang berpengalaman dengan beberapa kampus terbesar. Garuda Cyber menawarkan Smart Campus yang merupakan sistem terintegrasi yang di dalamnya terdapat banyak aplikasi dan sistem yang saling terhubung, termasuk OJS (Open Journal System) ini.

Dalam OJS Garuda Cyber ini mempertimbangkan banyak hal, dalam proses penerbitan jurnal ilmiah ada beberapa tahapan yaitu: proses pengumuman penerimaan naskah, pendaftaran penulis, proses penyerahan naskah oleh penulis , proses evaluasi naskah oleh editor/penerbit, proses review oleh reviewer, proses editing oleh penerbit, proses pembayaran penerbitan naskah oleh penulis dan proses perencanaan penerbitan majalah online.

Ketika sebuah kampus atau perguruan tinggi menggunakan Open Journal System (OJS) Garuda Cyber, semua pengelolaan jurnal dapat dilakukan secara online. Tentunya untuk semua proses yang berlangsung secara online, mulai dari pengiriman naskah, hingga review, editing, publishing, semuanya bisa dilakukan dalam satu media yang sama sehingga bisa menghasilkan output berupa jurnal elektronik atau e-journal.

Fitur-fitur OJS (Open Journal System)

Seperti yang telah dijelaskan di atas, terdapat berbagai jenis layanan yang disediakan dalam aplikasi Garuda Cyber OJS (Open Journal System). Tentu saja, semua kemudahan ini hadir dengan fitur-fitur canggih. Berbagai fitur yang tersedia di OJS (Open Journal System) adalah:

  1. Manajemen jurnal

Terdapat fitur yang dapat menangani setiap unggahan majalah, mulai dari pengajuan hingga proses penerbitan.

  1. Manajemen Reviewer

Sebelum jurnal diterbitkan tentunya harus melalui tahap review terlebih dahulu oleh reviewer, kemudian pada OJS (Open Journal System) terdapat fitur yang berfungsi untuk mengelola reviewer dan tentunya penulis tidak mengetahui identitas jurnal tersebut. auditor untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan.

  1. Unggah File Jurnal

Selain itu juga terdapat fungsi untuk mengupload file, sehingga penulis dapat langsung mengupload yang digunakan untuk review terlebih dahulu.

  1. Proses peninjauan

Setelah file jurnal diunggah, reviewer akan mereview aplikasi jurnal.

  1. Editor

Setelah review selesai penulis juga dapat mengedit jurnalnya sebelum dipublikasikan.

  1. Laporan penuh

Last but not least, OJS (Open Journal System) menyediakan laporan yang komprehensif berdasarkan kebutuhan setiap pengguna.

  1. Publikasi di majalah

Setelah proses review dan edit, proses selanjutnya adalah penerbitan, dan tersedia fitur-fitur dalam OJS (Open Journal System) yang memudahkan untuk mempublikasikan jurnal secara online.

(Akbar)


Sukai/Like Fan Page Facebook Garuda Cyber Indonesia
Subscribe Channel Youtube Garuda Cyber Indonesia
Follow Instagram Garuda Cyber Indonesia
Chat Wa

Signup for Newsletter

Langganan Newsletter dari Garuda Cyber untuk mendapatkan informasi terupdate dari Garuda Cyber Indonesia