Mengapa siakad kampus harus support feeder dikti ?

Mengapa siakad kampus harus support feeder dikti ?

  12 Februari 2018     aknovia     Dibaca 134 kali

Mungkin ada yang sering bertanya-tanya kenapa sistem informasi akademik (siakad ) campus itu harus support feeder dikti. Nah, artikel yang kali ini akan segera menjawab pertanyaan anda tersebut.  Namun tentunya kita harus mengetahui dulu apa yang disebut siakad  dengan support feeder dikti itu.

Siakad atau sistem informasi akademik adalah berupa sebuah aplikasi yang dirancang dan dibuat untuk memenuhi kebutuhan perguruan tinggi atau kampus untuk keperluan pelayanan pendidikan yang telah terkomputerisasi supaya dapat meningkatkan kinerja, kualitas layanan, daya saing serta kualitas SDM yang dihasilkannya.

Dengan perkembangan yang secara terus menerus dengan mengikuti perkembangan teknologi yang sangat pesat dan juga untuk kebutuhan dari perguruan tinggi, sehingga siakad akan berusaha untuk terus berkembang kearah yang lebih baik dan juga sesuai dengan kebutuhan pengguna.  Dalam hal ini siakad akan dapat membantu kampus dalam berbagai kegiatan perkuliahan seperti pengelolaan nilai, mata kuliah, rencana studi, kalendar akademik, administrasi fakultas/jurusan, keuangan, database karyawan, dosen dan juga mahasiswa, dan masih banyak lagi.

Sekarang ini siakad telah disesuaikan dengan kebutuhan pelaporan perguruan tinggi kepada dikti  yang disebut dengan PDDIKTI Feeder.  Sistem pelaporan ini merupakan suatu bentuk tanggungjawab pemerintah dalam pengontrolan kualitas perguruan tinggi di indonesia, yang mengharuskan perguruan tinggi untuk melakukan laporan kepada pemerintah. Dan juga merupakan sekumpulan data perguruan tinggi  yang dikelola oleh dirjen dikti, data tersebut adalah suatu hasil sinkronisasi yang dikelola oleh perguruan tinggi.

Alasan mengapa siakad ini harus memiliki fitur untuk membuat sistem pelaporan kepada dikti ini adalah :

  • Agar memudahkan pemerintah untuk dapat mengontrol perguruan-perguruan tinggi supaya kualitas pendidikan tinggi di indonesia berkualitas.
  • Sebagai sumber informasi bagi lembaga akreditasi untuk melakukan akreditasi pada program studi dan perguruan tinggi.
  • Untuk sebagai informasi agar masyarakat juga dapat mengetahui kinerja program studi serta perguruan tinnggi.
  • Sebagai salah satu pangkalan data acuan bagi instansi pemerintah maupun swasta dalam hal perekrutan SDM bagi mahasiswa.
  • Keaslian ijazah dapat dicek melalui profil mahasiswa pada PD DIKTI.

 

Demikian penjeelasan mengenai alasan mengapa siakad(sistem informasi akademik) kampus harus support feeder dikti.. semoga bermanfaat dan dapat menjawab pertanyaan-pertanyaan anda !!

 

Penulis Wikhe Refila

#Garudacyber14februari

Signup for Newsletter

Langganan Newsletter dari Garuda Cyber untuk mendapatkan informasi terupdate dari Garuda Cyber Indonesia