WhatsApp-Button
Jual Siste Informasi Akademik Kampus di Banjarmasin

Jual Siste Informasi Akademik Kampus di Banjarmasin

  2021-07-02 11:09:34     Ulti Desi Arni     Dibaca 185 kali

Jual Sistem Informasi Akademik Kampus di Banjarmasin - 021-39720119 / 0811-767-4727 

Kota Banjarmasin adalah salah satu kota di Provinsi Kalimantan Selatan, Indonesia. Kota Banjarmasin disebut juga Kota Seribu Sungai memiliki luas wilayah 98,46 km² yang wilayahnya merupakan delta atau kepulauan yang terdiri dari sekitar 25 pulau kecil (delta) yang dipisahkan oleh sungai, antara lain Pulau Tatas, Kelayan Islandia, Pulau Rantauan Keliling, Pulau Insan, Pulau Bunga, Pulau Bromo dan lain-lain. Berdasarkan data BPS Kota Banjarmasin tahun 2019, Kota Banjarmasin memiliki jumlah penduduk 700.870 jiwa dengan kepadatan penduduk 7.118,32 jiwa per km². Wilayah metropolitan Banjarmasin yaitu Banjar Bakula berpenduduk sekitar 1,9 juta jiwa.

Fitur-fitur smart academic campus

1. Pengisian krs, khs, transkrip nilai, revisi nilai

 

2. Penjadwalan kuliah

3. Cetak Kartu Ujian

4. Semester pendek

5. E-sertifikat dan SKPI

6. Skripsi/Wisuda 

7. PKL

8. E-learning

9. Bimbingan online

10. Mahasiswa Transfer

Anda bisa memikirkan begitu banyak kebutuhan data dan informasi untuk kebutuhan internal dan eksternal yang dimiliki kampus dalam kaitannya dengan sivitas akademika kampus. Misalnya data mahasiswa, data dosen, data mata kuliah, data kurikulum, jadwal perkuliahan, data skripsi, dan data manajemen kampus lainnya yang berkaitan dengan akademik.

Jika Anda memproses data tanpa menggunakan sistem atau secara manual, itu akan memakan waktu lama. Khusus untuk pencetakan laporan atau pembuatan laporan. Selain itu, data dibutuhkan dalam waktu yang singkat, sehingga prosesor atau operator kampus kewalahan dengan tampilan data tersebut, pekerjaan yang dilakukan tidak akan maksimal.

Selain itu, perguruan tinggi wajib melaporkan data studi mahasiswa ke feeder DIKTI setiap semester. Bisa dibayangkan bagaimana jadinya melaporkan data siswa satu per satu agar bisa diinput. Ada kemungkinan terjadi kesalahan atau duplikasi data saat pelaporan.

Bisa kita bayangkan apa jadinya jika sebuah kampus tidak memiliki sistem informasi:

1.Pemborosan SDM

Dalam pengolahan data secara manual, pihak kampus membutuhkan SDM yang lebih banyak untuk menangani data kampus yang jumlahnya tidak sedikit.

  1. Sulit melakukan kontrol dosen dan mahasiswa

Jika kampus masih menggunakan sistem pengolahan data manual, mahasiswa dapat dengan mudah “menjauh”. Dosen dapat absen dari tugas atau memiliki pekerjaan paruh waktu karena kegiatan di kampus tidak terpantau.

3.Sulit dengan penjadwalan

Pembagian jadwal dan mata kuliah secara manual memperbesar kemungkinan mahasiswa tidak menerima mata kuliah, karena tidak ada referensi langsung ke jadwal dosen.

4.Pengelolaan data untuk mahasiswa, dosen dan karyawan lambat

Salah satu hal terpenting bagi manajemen kampus adalah “DATA”. Baik itu data pribadi dosen dan mahasiswa, data pembayaran dan pendaftaran, data kinerja dan materi perkuliahan, data pegawai dan pribadi yang tentunya sangat besar untuk ukuran sebuah kampus atau universitas. Seperti yang dapat Anda bayangkan, akan sangat sulit, rumit, dan rawan kesalahan dan duplikasi data jika Anda harus mengelola semua data secara manual.

Dengan perkembangan teknologi dan kemajuan industri dan bisnis, perusahaan menuntut pengaturan sistem secara menyeluruh, cepat, dan canggih. Kebutuhan tersebut dapat terpenuhi secara memadai apabila tersedia informasi yang lengkap dan akurat dalam berbagai sumber informasi yang terpercaya, salah satunya disediakan oleh sistem yang terkomputerisasi, yaitu sistem informasi akademik.

Banyak institusi yang didedikasikan untuk sistem akademik ini. Seperti dalam fungsi kurikulum. Administrator dapat memasukkan setiap kurikulum yang digunakan dan untuk angkatan mana. Selain itu, ada juga fungsi kompensasi untuk mata kuliah yang didasarkan pada kurikulum yang ada pada saat itu.

Sedangkan fungsi penunjang lainnya seperti penyelesaian KRS, perencanaan perkuliahan, penilaian nilai, KHS dan rencana seminar akhir. Ada juga fungsi untuk memblokir dan menyetujui  mahasiswa yang tidak dapat mengikuti ujian, mengisi KRS dan memberi tahu KHS jika status pembayaran belum dilakukan.

Fasilitas yang dimiliki Sistem Akademik adalah sebagai berikut:

1.Dukungan untuk implementasi beberapa kurikulum

Mendukung penerapan beberapa kurikulum sehingga tidak ada kesalahan dalam kode kursus lama untuk mahasiswa

2.Kelola data akademik mahasiswa dengan mudah

Salah satunya adalah kemudahan pengelolaan KRS dan transkrip mahasiswa, dengan sistem yang dilengkapi dengan fungsi pengisian KRS dan penerbitan transkrip mahasiswa dalam berbagai format yang dapat dikonfigurasi dengan sangat mudah.

3.Terintegrasi ke dalam semua sistem

Sistem akademik terintegrasi ke dalam semua sistem yang ada di lingkungan universitas.

4.Sistem terintegrasi dengan pengumpan DIKTI otomatis

Sistem informasi akademik sudah termasuk server. Biasanya ketika menyelesaikan KRS, jika server tiba-tiba gagal, siswa menjadi bingung, sehingga membutuhkan waktu lama untuk mengakses sistem secara berulang. Server yang disediakan dipantau langsung oleh Dosen, meski diakses oleh ribuan mahasiswa. Kampus tidak perlu memikirkan masalah server.
(Dani)


Sukai/Like Fan Page Facebook Garuda Cyber Indonesia
Subscribe Channel Youtube Garuda Cyber Indonesia
Follow Instagram Garuda Cyber Indonesia
Chat Wa

Signup for Newsletter

Langganan Newsletter dari Garuda Cyber untuk mendapatkan informasi terupdate dari Garuda Cyber Indonesia