WhatsApp-Button
Bahasa Pemrograman Yang Paling Populer

Bahasa Pemrograman Yang Paling Populer

  2018-02-09 12:13:57     aknovia     Dibaca 589 kali

Bahasa pemograman saat ini sudah sangat banyak sekali. Dalam pengembangannya banyak developer menggunakan bahasa pemograman yang berbeda - beda. Dari sekian banyak bahasa yang digunakan saat ini terdapat beberapa bahasa yang paling populer digunakan oleh programmer dalam pembuatan aplikasi. Ada beberapa bahasa pemograman yang sangat populer saat sekarang ini:
1. Java

Java dikembangkan tahun 1991 dalam proyek grenn yang dipimpin oleh Patrick Naughton dan James Gosling saat di Sun Microsystem. Kini bahasa java resmi dimiliki oleh oracle setelah sun Microsystem melepaskannya. Java merupakan bahasa pemograman yang bertenaga mengembangkan aplikasi dekstop, web, bahkan mobile. Bahasa pemograman java pupoler dikalangan developer di platform android.
2. PHP

PHP merupakan singkatan dari Hypertext Propocesor. Bahasa ini dikembangkan oleh Rasmus Lerdorf tahun 1994. PHP banyak digunakan untuk website, selain itu juga untuk membuat CMS. CMS terkenal menggunakan PHP adalah WordPress dan Joomla.
3. Python

Python merupakan bahasa pemograman yang menjadi populer karena mudah dipelajari. Python sendiri dirancang oleh Guido Van rossum tahun 1991. Python sendiri berawal dari acara komedi Monty Python pada tahun 70-an. Python merupakan bahasa pemograman yang memiliki kemampuan dengan sintaksis koe yang jelas dan fungsionalitas standart yang besar serta komprehensif. Sintaks python juga mudah dipahami dan dipelajari. Salah satu perusahaan yang menggunakan ini adalah Google.
4. C#

C# dikembangkan oleh Microsoft dalam mengembangkan inisiatif kerangka .NET Framework yang menggunakan gabungan dari C dan C++. Bahasa C# paling populer untuk pengembangan game engine seperti Unity. C# juga populer untuk mengrmbangkan aplikasi berbasis windows ataupun windows Phone.
5. C++

Bahasa pemograman merupakan pengembangan dari bahasa C. Pembeda antara C++ dan C adalah terhadap konsep pemograman berorientasi objek atau Objeck Orineted Programming. C++ digunakan sebagai dasar dari algoritma dan pemograman pada beberapa universitas di Indonesia.
6. C

C merupakan bahasa pemograman yang sudah tua dikembangkan tahun 1970-an oleh Dennis Ritchie. Bahasa C banyak digunakan untuk memprogramkan sistem dan jaringan komputer, namun banyak juga pada perangkat lunak. Bahasa pemograman yang merupakan turunan dari C adalah C++, C#, dan masih banyak lagi.
7. Java Script

Java Script dikembangkan oleh Brendan Eich dari Netscape. Bahasa pemograman ini anyak digunakan untuk pengembangan web, web menjadi lebih menarik dan interaktif. Seiring perkembangan zaman banyak tool maupun framework mengembangkan aplikasi web dan mobile multiplatform dengan menggunakan javaScript.
8. Objective-C

Bahasa ini familiar bagi developer yang mengembangkan perangkat Apple bersistem operasi MAC OS maupun IOS. Objective-c sendiri dikembangkan oleh Brad Cox dan Tom Love pada tahun 1983.
9. R

R dikembangkan oleh Ross Ihaka dan Robert Gentlemen tahun 1993. Bahasa ini ditujukan untuk analisis statistika dan grafik. R memiliki kode yang secara bebas dibawah lisensi publik umum GNU.
10. Matlab (Matrix Laboratory)

Program yang digunakan untuk analisis dan komputasi numerik. Matlab merupakan bahasa pemograman generasi ke 4, yang dikembangkan oleh the Math Works. Memiliki kemampuan membuat plot fungsi serta data, memanipulasi matriks, mengimplementasikan algoritma dan masih banyak lagi.

Dari uraian diatas itulah bahasa pemograman yang paling populer, namun masih banyak lagi bahasa – bahasa pemograman yang digunakan saat ini dan adapun yang tidak kita ketahui. Namun akan hal itu masing – maisng dari bahasa pemograman tersebut sangat membantu para developer dalam mengembangkan aplikasinya.

Penulis : Marta Karlina
#Gatudacyber06Februari


Sukai/Like Fan Page Facebook Garuda Cyber Indonesia
Subscribe Channel Youtube Garuda Cyber Indonesia
Follow Instagram Garuda Cyber Indonesia
Chat Wa

Signup for Newsletter

Langganan Newsletter dari Garuda Cyber untuk mendapatkan informasi terupdate dari Garuda Cyber Indonesia