WhatsApp-Button
Jual Aplikasi Manajemen Keuangan Sekolah Di Bandung

Jual Aplikasi Manajemen Keuangan Sekolah Di Bandung

  2021-05-03 16:50:04     Ulti Desi Arni     Dibaca 91 kali

Jual Aplikasi Manajemen Keuangan Sekolah Di Bandung - 021-39720119 / 0811-767-4727

Kota Bandung merupakan kota metropolitan terbesar yang ada di Provinsi Jawa Barat, sekaligus menjadi ibu kota provinsi tersebut. Letak kota ini 140 km tenggara Jakarta, lebih spesifiknya Kota Bandung terletak pada 107° BT dan 6° 55’ LS, dan merupakan kota terbesar di bagian selatan Pulau Jawa, serta menduduki kota terbesar ketiga di Indonesia setelah Jabodetabek dan Gerbangkertosusila.

Peristiwa penting yang terjadi di kota Bandung juga sudah menjadi sejarah yang dapat dikenang oleh penduduk setempat maupun luar daerah kota ini, salah satu peristiwa tersebut adalah menjadi tempat berdirinya perguruan tinggi teknik pertama di Indonesia (Technische Hoogeschool te Bandoeng - TH Bandung, sekarang Institut Teknologi Bandung - ITB), lokasi arena pertarungan selama era kemerdekaan, dan merupakan tempat konferensi. Asia-Afrika 1955, pertemuan yang menyuarakan semangat anti-kolonialisme, bahkan Perdana Menteri India Jawaharlal Nehru dalam pidatonya mengatakan bahwa Bandung adalah ibu kota Asia-Afrika.

Pada tahun 1990, akhirnya kota Bandung terpilih untuk menjadi salah satu kota teraman di dunia berdasarkan survei majalah Time.

Baca Juga : Pengertian Entrepreneurship dan Contohnya

Kota Kembang merupakan sebutan lain dari kota ini, karena pada zaman dahulu kota ini dianggap sangat indah dengan banyaknya pepohonan dan bunga yang tumbuh di sana. Apalagi Bandung dulu dikenal dengan nama Paris van Java karena keindahannya. Selain itu, Kota Bandung juga dikenal sebagai kota perbelanjaan, dengan mall dan factory outlet yang banyak bertebaran di kota ini, dan kini Bandung berangsur-angsur menjadi kota wisata kuliner. Kemudian  di tahun 2007, konsorsium beberapa LSM internasional menjadikan Bandung sebagai pilot project kota paling kreatif di Asia Timur. Saat ini kota Bandung menjadi salah satu tujuan utama pariwisata dan pendidikan.

Pentingnya Manajemen Keuangan Sekolah

Sekolah mempunyai tugas untuk mengelola keuangan berdasarkan prinsip pengelolaan keuangan agar uang yang beredar dapat digunakan secara optimal. Pengelolaan keuangan sekolah yang optimal memaksa sekolah untuk menjalankan proses pengelolaan keuangan sekolah dengan sebaik-baiknya. Pengelolaan keuangan sekolah juga berpedoman pada prinsip-prinsip yang tertuang dalam suatu Peraturan Pemerintah Republik Indonesia yang tertera di Nomor 48 Tahun 2008, yang mengenai Pendanaan Pendidikan, yaitu asas keadilan, efisien, transparansi, dan juga akuntabilitas public. Perpres tersebut juga menjelaskan bahwa keempat prinsip tersebut digunakan dalam proses pengelolaan keuangan sekolah mulai dari perencanaan, realisasi pendapatan dan belanja dana pendidikan, pengawasan dan pemeriksaan hingga pertanggungjawaban. Jika semua langkah pengelolaan berjalan sesuai harapan, maka akan berdampak positif bagi semua pihak. Pengelolaan keuangan sekolah sangat penting untuk mengklasifikasikan kebutuhan sekolah. Pengawasan manajemen keuangan diperlukan untuk meminimalkan kesalahan yang mungkin terjadi. Artikel ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana manajemen keuangan diterapkan dan untuk mengetahui bagaimana pengawasan dalam manajemen keuangan.

Fitur-fitur Aplikasi Manajemen Keuangan Sekolah

Berbagai fitur tersedia pada Aplikasi Keuangan dan Anggaran Sekolah untuk mendukung sistem agar dapat berjalan dengan baik. Dengan fitur yang lengkap tentunya aplikasi juga dapat berjalan dengan maksimal, dimana sistem yang baik juga harus didukung dengan fitur yang lengkap dan mumpuni.

Karena itulah Aplikasi Keuangan dan Anggaran Sekolah ini hadir dengan berbagai fitur, pilihan yang tepat untuk membantu bendahara sekolah mengelola keuangan dan anggaran dengan mudah dan cepat. Di antara berbagai fitur nya adalah:

  1. Manajemen Data Akun Keuangan Sekolah

Fitur utama pada aplikasi ini adalah dapat digunakan untuk memudahkan bagian keuangan atau bendahara sekolah saat mengelola data rekening keuangan sekolah. Bagian operator dapat menambahkan jenis rekening dari bank biasa, kecil atau yang lainnya. Dan tentunya menu ini akan memudahkan pelaporan keuangan berdasarkan data akun.

  1. Manajemen Data Pemasukan

Fitur yang satu ini dapat menyederhanakan pengelolaan suatu dapa input tipikal. Keuangan sekolah yang kita ketahui memiliki banyak transaksi dengan fitur ini, hal ini akan dapat memudahkan dalam mengelola suatu data keuangan yang masuk. Sehingga hal tersebut akan dapat memudahkan si pelaporan selanjutnya. Untuk setiap transaksinya ataupun entri tipikal akan dihitung secara benar dan sesuai dengan standard akuntansi.

  1. Manajemen Data Pengeluaran

Aplikasi ini juga telah mendukung suatu manajemen data pengeluaran. Sehingga hal ini akan membuat setiap transaksi uang yang keluar, maka secara otomatis akan tercatat ke dalam system.

  1. Detail Pembayaran Siswa dan Cetak Kwitansi

Akan dibutuhkan suatu bukti fisik atau berupa kwitansi ketika terjadi transaksi yang berupa pemasukan data ataupun data pengeluaran. Aplikasi ini telah mendukung untuk pencetakan struk di setiap transaksi dengan mudah dan cepat. Dan aplikasi ini dapat menampilkan secara detail pada setiap transaksi yang telah dibayarkan oleh mahasiswa. Maka, hal ini akan mempermudah bagian keuangan serta mahasiswa dapat mengetahui mengenai detailnya suatu pembayaran yang telah mereka lakukan.

Baca Juga : Jual Aplikasi Penerimaan Mahasiswa Baru (PMB)

  1. Pengajuan Anggaran

Pihak lain yang terkait dengan system seperti infrastruktur akan dapat dengan mudah dalam mengajukan anggaran. Dan bendahara atau pihak yang berwenang dapat menyetujuinya secara online. Setiap anggaran yang keluar akan tercatat dengan baik dan akan menghasilkan laporan yang akurat.

  1. Approval Anggaran

Selain dapat memudahkan system pengajuan anggaran, system ini juga mendukung tentang suatu penerimaan dalam pengajuan anggaran dengan mudah. Sehingga yang membutuhkan budget atau yang mengajukan budget secara online, akan dapat melihat hasil penggajian dengan mudah.

  1. Laporan Neraca

Neraca ini akan membantu kamu untuk melihat tipikal arus ataupun transaksi yang terjadi. System ini juga akan memudahkan untuk bagian keuangan ketika menyusun laporan saldo dengan cepat dan akurat.

  1. Laporan Standar Akuntansi

Laporan yang baik harus sesuai dengan standar akuntansi. Jika laporan tersebut baik, maka akan dapat mendukung pengambilan keputusan pada masa yang akan datang. Terutama untuk laporan keuangan dan anggaran, jika laporan ini disajikan dengan cepat dan akurat, maka akan dapat memudahkan sekolah untuk merencanakan anggaran masa depan agar lebih efektif dan efisien.

 

Penulis : Tria


Sukai/Like Fan Page Facebook Garuda Cyber Indonesia
Subscribe Channel Youtube Garuda Cyber Indonesia
Follow Instagram Garuda Cyber Indonesia
Chat Wa

Signup for Newsletter

Langganan Newsletter dari Garuda Cyber untuk mendapatkan informasi terupdate dari Garuda Cyber Indonesia