WhatsApp-Button
Manajemen Pegawai Jadi Mudah dengan Aplikasi Smart Company

Manajemen Pegawai Jadi Mudah dengan Aplikasi Smart Company

  2021-04-22 16:31:31     Ulti Desi Arni     Dibaca 108 kali

Dalam sebuah instansi baik pemerintahan ataupun swasta tentu saja ada pegawai yang berperan penting dalam operasionalnya. Tanpa adanya pegawai maka sebuah instansi ataupun perusahaan akan kesulitan berjalan dan berkembang. Pegawai yang profesional sesuai bidang kerjanyalah nantinya akan mendukung sebuah perusahaan untuk bisa maju dan bersaing dalam industri bisnis.

Mengingat pentingnya para karyawan atau pegawai ini, maka perusahaan juga harus memperhatikan setiap kondisi dan kebutuhan yang ada. Bisa dikatakan dalam pengelolaan perusahaan, manajemen karyawan adalah hal cukup rumit sebab ini tidak memanajemen satu atau dua orang saja. Banyak hal harus dimanajemen secara baik agar mereka bisa bekerja secara profesional dan sesuai standar perusahaan.

Manajemen terhadap pegawai ini bisa saja berupa kehadiran, pekerjaannya, target hingga proses penggajian. Nah, permasalahan akan mudah terjadi jika perusahaan hanya menghandalkan cara manual di dalamnya. Ada kemungkinan-kemungkinan seperti tidak terkontrolnya kehadiran karyawan secara baik karena pencatatan masih menggunakan kertas dan masalah lainnya. Maka tidak heran jika HR perusahaan sering kewalahan dalam hal ini, terutama ketika akhir bulan ataupun akhir tahun.

Di era digitalisasi saat ini teknologi telah berkembang cukup pesat sehingga banyak sekali kemudahan yang ditawarkannya diantaranya membantu HR perusahaan dalam manajemen karyawannya. Memanfaatkan aplikasi atau sistem informasi maka semua pekerjaan dalam manajemen atau pengelolaan karyawan akan jauh lebih efektif dan efisien.

Diantara teknologi yang hadir saat ini yaitu Aplikasi Manajemen Pegawai yang terdapat dalam Smart Company produk unggulan Garuda Cyber. Ada banyak kemudahan yang ditawarkan dari Aplikasi Manajemen Pegawai, tentu saja membantu HR memanajemen setiap karyawan secara cepat, efektif dan efisien.

Baca Juga : Perbedaan Notebook, Netbook dan Laptop

Sebagaimana kita tahu bahwa seorang HR perusahaan memiliki peranan yang penting dan ruang lingkup kerja yang banyak. Mulai dari proses perekrutan, memastikan pekerjaan karyawan hingga penggajian. Maka dari itu Aplikasi Manajemen Pegawai ini adalah solusi tepat yang harus diterapkan perusahaan dalam memudahkan HR melalukan pekerjaannya.

Fitur Aplikasi Manajemen Pegawai

Beragam kemudahan ditawarkan oleh Garuda Cyber dalam aplikasi manajemen pegawai ini untuk meningkatkan kualitas layanan dan manajemen perusahaan Anda. Tentu saja kemudahan-kemudahan yang ada tidak terlepas dari lengkapnya fitur yang mumpuni untuk menjadi solusi permasalahan yang ada.

Sebuah aplikasi bisa dikatakan bagus tentu saja disebabkan adanya fitur yang lengkap seperti aplikasi manajemen pegawai yang disediakan oleh Garuda Cyber ini. Banyak sekali fitur untuk memudahkan bagian HRD perusahaan dalam mengelola data pegawai dan mendisiplinkan para karyawannya. Diantara fitur tersebut adalah :

  1. Profil Pegawai

Fitur utama yang terdapat pada aplikasi ini adalah menampilkan profil pegawai. Jika login sebagai pegawai maka pada menu ini akan tampil indentitas pegawai tersebut secara lengkap, dan ia bisa melakukan editing terkait data yang ada jika ada perubahan. Sehingga para pegawai tidak harus menunggu bagian HR terlebih dahulu untuk merubahnya jika data tersebut memang harus diupdate.

  1. Manajemen Data Pegawai

Pada fitur ini membantu HR dalam memanajemen data setiap pegawai, dimana data-data karyawan yang ada di perusahaan akan ditampilkan pada menu ini. Identitas lengkap setiap pegawai termasuk bagian atau unit kerjanya tercatat secara baik pada aplikasi. Hal ini memudahkan HR mengelola data tersebut dan bisa melakukan perubahan langsung jika dibutuhkan.

  1. Mutasi Pegawai

Ada kalanya seorang pegawai dipindahkan ke bagian unit atau bidang lainnya yang tentu saja sesuai dengan kemampuannya. Terkadang juga dipindahkan ke lokasi yang berbeda, nah pada fitur mutasi ini akan menampilkan riwayat mutasi mereka selama bekerja.

  1. Pengajuan Izin dan Cuti

Fitur ini mendukung setiap pegawai bisa mengajukan izin maupun cuti secara mudah, dimana langsung memilih menu ajukan izin dilengkapi dengan alasan. Jika ingin mengajukan cuti juga cukup memasukan tanggal cuti disertai nama karyawan penggantinya. Setelah proses pengajuan nantinya bagian HR akan menyetujui melalui sistem.

  1. Manajemen Absensi

Manajemen kehadiran merupakan hal yang cukup rumit, sebab banyak hal berkaitan di dalamnya terutam mengenai kedisiplinan. Dengan adanya aplikasi yang dilengkapi dengan manajemen absensi ini akan memudahkan bagian HR dalam memantau kehadiran para karyawan. Selain itu jika kehadiran ini berkaitan dengan gaji, maka akan membantu dalam penghitungan gaji nantinya sebab akan terhitung secara otomatis total jam telat, absen dan lain sebagainya.

  1. Informasi Jumlah Jam Telat

Berkaitan dengan manajemen absensi agar karyawan yang ada semakin disiplin dan berusaha meningkatkan kehadirannya maka aplikasi menyediakan fitur menampilkan informasi terkait jam telat dan jumlah tidak hadir. Nah, ketika karyawan tahu keterlambatannya sudah banyak ia bisa berusaha lebih bijak lagi untuk mengurangi keterlambatan tersebut.

  1. Informasi Jatah Cuti

Setiap cuti yang telah di ajukan akan mengalami pengurangan, maka fitur ini memudahkan karyawan dalam melihat sisa jatah cutinya.

  1. Manajemen Job Desk

Manajemen Job Desk ini membantu HR dalam memanajemen aktivitas karyawan, dimana di dalamnya terdapat apa saja yang menjadi target pekerjaannya dan progress atau hasil kerja mereka. Manajemen Job Desk ini terdiri dari dua yaitu :

Baca Juga : Jual Aplikasi BKD Kampus

  • Daily Activity

Daily Activity ini penginputan aktivitas yang akan dilakukannya setiap harinya. Ketika pagi di awal kerja ia memasukan target hari tersebut dan sore sebelum pulang melaporkan hasilnya.

  • Monthly Activity

Sedangkan monthly activity ini adalah target bulanan karyawan, dimana ia harus memasukan apa yang akan dikerjakannya selama satu bulan ke depannya.

  1. Manajemen Penggajian

Fitur lainnya yang tersedia pada aplikasi ini adalah memudahkan HRD dalam menghitung atau memproses penggajian. Dimana data absensi, kehadiran, hingga job desk tercatat secara baik pada sistem. Apabila ada pemotongan yang disebabkan tidak mematuhi aturan maka sistem akan menghitung otomatis jumlahnya sehingga pen-totalan penggajianpun akan otomatis.

  1. Personal Chat dan Call

Memudahkan antar pegawai berkomunikasi tanpa harus membuka media sosial terlebih dahulu maka sistem ini dilengkapi dengan fitur personal chat dan call. Hal ini juga bertujuan meminimalisir karyawan dalam menggunakan media sosial ketika jam kerja.

  1. Group Chat

Selain personal Chat, aplikasi ini juga menyediakan fitur group chat. Sehingganya ketika sebuah informasi yang akan disampaikan untuk banyak orang lebih mudah melalui fitur ini.

  1. Laporan Lengkap

Tidak kalah penting kelebihan fitur yang ditawarkan aplikasi ini adalah menyajikan laporan secara lengkap sesuai kebutuhan. Sebagaimana kita ketahui bahwa laporan yang lengkap dan disajikan secara cepat sangat bagus sekali dalam mendukung pengambilan keputusan. Maka dari itu aplikasi akan menampilkan laporan baik itu kehadiran, job desk, penggajian dan hal lainnya.

Itulah beberapa fitur yang ditawarkan oleh Garuda Cyber di dalam aplikasi manajemen pegawainya, tentu saja semua fitur yang ada bisa disesuaikan dengan kebutuhan masing-masing instansi atau perusahaan.

 

#GarudaCyber23April


Sukai/Like Fan Page Facebook Garuda Cyber Indonesia
Subscribe Channel Youtube Garuda Cyber Indonesia
Follow Instagram Garuda Cyber Indonesia
Chat Wa

Signup for Newsletter

Langganan Newsletter dari Garuda Cyber untuk mendapatkan informasi terupdate dari Garuda Cyber Indonesia