Peranan Website dalam Mendukung Marketing Kampus

Kita semua tentu tidak asing lagi ketika mendengar kata website atau istilah sebuah website, dimana keberadaannya saat ini cukup memudahkan kita dalam memperoleh informasi. Hampir semua orang berselancar di internet dengan smartphone mereka untuk mencari situs website informasi yang mereka butuhkan. Beragam situspun hadir yang bisa dijadikan bahan referensi atau untuk memperoleh informasi yang dibutuhkan.

Keberadaan website saat ini memang sangat memberikan banyak manfaat untuk para penggunanya, baik itu selaku pihak yang menyebarkan informasi atau pihak yang membutuhkan sebuah informasi. Bahkan dengan adanya website ini banyak pelaku bisnis berhasil meraup rupiah untuk memasarkan produk atau barang dan jasanya. Tidak hanya itu saja, perusahaan atau instansi lainnya juga terbukti memanfaatkan website untuk meningkatkan branding agar semakin banyak dikenal di mata masyarakat.

Mengingat begitu besarnya manfaat atau peranan website ini, terlebih lagi di era digital saat ini maka selaku institusi yang bergerak dalam bidang pendidikan maka sebuah perguruan tinggi sudah sepatutnya memanfaatkan website dalam mendukung brandingnya. Akan sangat disayangkan jika sebuah kampus yang menjadi pusat pembelajaran atau menambah ilmu tidak memiliki website. Sebab keberadaan website bisa dikatakan sangat mumpuni sebagai wadah atau media komunikasi baik antar mahasiswa, calon mahasiswa dan orang tua. Tidak hanya itu saja keberadaan website ini akan memudahkan pihak luar memperoleh informasi mereka butuhkan terkait kampus, sehingga tanpa disadari website juga bisa meningkatkan branding kampus.

Baca Juga : Cara Meningkatkan Brand Awareness

Mungkin sebagian kampus beranggapan bahwa website ini tidak terlalu mumpuni alias tidak terlalu bermanfaat. Atau ada juga yang bertanya-tanya seberapa besar manfaat dan peranan website ini. Sebagaimana sudah kita paparkan di atas bahwa sudah terbukti banyak pelaku bisnis bahkan perusahaan-perusahaan ternama memiliki website untuk membranding perusahaan mereka.

Tentu saja hal serupa juga berlaku untuk sebuah perguruan tinggi. Melalui website, kampus bisa meningkatkan brandingnya sehingga sebuah informasi tersebar dengan luas dan kemungkinan dalam memperoleh mahasiswa barupun akan semakin tinggi. Sebagai informasi, berikut ini kita paparkan manfaat atau peranan website untuk kampus :

  1. Menampilkan profil dan sejarah dari Perguruan Tinggi

Sebuah profil mengenai kampus tentu saja harus ditampilkan agar diketahui oleh banyak orang, karena semakin banyak yang mengetahui profil sebuah perguruan tinggi maka akan semakin terkenal-ah kampus tersebut. Tentu saja kampus menginginkan jika profil mereka dikenal oleh masyarakat luas, sebab itu akan menjadi peluang meningkatnya jumlah peserta didik nantinya. Karena itulah keberadaan website juga efektif dan efisien dalam memperkenalkan profil sebuah kampus.

  1. Mempermudah komunikasi

Selain menampilkan informasi terkait profil kampus, website ini juga akan berperan dalam memudahkan Anda berkomunikasi. Entah itu digunakan untuk menampilkan pengumuman untuk para mahasiswa atau pihak internal lainnya. Termasuk pengumuman penerimaan peserta didik baru atau informasi lainnya. Tidak hanya itu, website juga menyediakan kolom chat untuk memudahkan komunikasi pihak manapun dengan kampus.

  1. Mendatangkan calon mahasiswa baru

Selain memiliki peranan di atas website juga bisa menjadi sarana dalam membantu kampus untuk mendapatkan calon mahasiswa baru. Dengan menampilkan informasi menarik untuk mempromosikan kampusnya sehingga calon mahasiswa baik yang berada di dalam daerah maupun di luar daerah tertarik dengan informasi tersebut dan membuat mereka berniat bergabung. Nah, dengan cara inilah merupakan solusi tepat mendatangkan calon mahasiswa baru untuk kampus dengan mudah.

Baca Juga : Jual Aplikasi BKD Kampus

  1. Menjadi sara publikasi resmi perguruan tinggi

Melalui sebuah website tentu saja ini juga bisa bermanfaat sebagai sarana untuk publikasi yang bersifat resmi. Beragam kegiatan yang dilakukan sebuah perguruan tinggi bisa diinformasikan melalui website kampus, setelah itu hasil kegiatan dan hal lainnya juga bisa di posting agar diketahui oleh khalayak banyak. Setiap keunggulan kampus bisa disajikan melalui website ini sehingga siapaun bisa melihatnya.

  1. Branding

Branding merupakan hal yang sangat penting di era modern saat ini, terlebih lagi angka persaingan pada sebuah perguruan tinggi cukup terbilang tinggi. Maka kampus harus memiliki branding yang tepat dalam mendapatkan peserta didik ini. Salah satu cara meningkatkan branding tersebut bisa menggunakan website, dimana kampus bisa mendesain websitenya semenarik mungkin serta memiliki ciri khas tersendiri agar mengenak di hari para pengjungnya. Selain mendesain tampilab website semenarik mungkin, kampus juga bisa menampilkan kontak informasi. Sehingga setiap yang membutuhkan bisa memudahkan mereka mencarinya melalui internet.

  1. Menimbulkan kesan profesional

Kemudahan informasi yang disajikan pada sebuah website oleh perguruan tinggi tentu saja ini akan menjadi nilai plus untuk orang yang melihatnya. Calon mahasiswa tentu saja akan memberikan penilaian istimewa terkait kampus Anda, terlebih lagi jika informasi yang disajikan adalah kebutuhan yang mereka temukan. Mereka akan mendahulukan kampus yang menyajikan informasi dengan mudah, nah ketika kampus Anda muncul saat pencarian google tentu mereka akan yakin bahwa kampus Anda adalah terbaik. Secara tidak langsung, website juga menimbulkan kesan profesional untuk pengunjungnya.

  1. Mudah dalam mendapatkan partner

Sebagai sebuah perguruan tinggi tentu saja membutuhkan partner untuk berkerja sama, entah itu di bidang pendistribusian mahasiswa magang atau hal lainnya. Ketika keunggulan terkait kampus Anda dipublikasikan tentu banyak perusahaan atau organisasi di luar sana melirik kampus Anda sehingga memudahkan dalam mendapatkan mitra yang tepat sesuai kebutuhan.

Itulah beberapa peranan atau manfaat website bagi kampus sebagai strategi marketing yang tepat. Keberadaan website saat ini bukanlah hal yang langka, dan ia merupakan wadah atau sarana tepat dalam mendukung pemasaran kampus Anda. Nah, bagi kampus yang membutuhkan jasa dalam pembuatan website ini maka Garuda Cyber adalah partner tepat yang bisa Anda pilih. Tentu saja dengan banyaknya pengalaman yang dimiliki perusahaan akan membantu kampus Anda memiliki website yang mumpuni dan terbaik.

 

#GarudaCyber23APril

Sukai/Like Fan Page Facebook Garuda Cyber Indonesia

Subscribe Channel Youtube Garuda Cyber Indonesia

Follow Instagram Garuda Cyber Indonesia

Chat Wa

Artikel Terpopuler

Definisi Struktur Kontrol Perulangan Dalam Pemrograman Dan Contohnya

Pada dasarnya perulangan pada pemrograman yang sama dengan perulangan bahasa pemrograman lainnya. Struktur kontrol perulangan yang dipakai memilki suatu fungsi dari program yang akan dijalankan secara berulang. Contohnya anda ingin membuat tampilan nama anda sebanyak 100 kali, tentu akan sangat lama jika anda menuliskan kode program secara dengan manual. Dengan struktur kontrol perulangan bisa menampilkan dengan nama sebanyak 100 kali...