Teknologi Canggih dengan Gadget Lengkapi Rumah Pintar Anda

Kita semua tahu bahwa saat ini berada di era digitalisasi, dimana perkembangan teknologi informasi dan komunikasi terus pesat menawarkan banyak sekali kemudahan untuk penggunanya. Kemajuan teknologi yang ada tentu saja semakin diterima masyarakat seiring dengan kecanggihan yang ditawarkan tersebut. Bisa dikatakan bahwa perkembangan teknologi tersebut hampir menjadi solusi untuk setiap permasalahan yang ada dalam kehidupan sehari-hari.

Tidak hanya memberikan solusi dan kemudahan saja, namun teknologi juga bermanfaat dalam memberikan perlindungan dan hal lainnya. Dimana seiring dengan perkembangan zaman tersebut yang sudah kita paparkan bahwa teknologipun semakin berkembang. Maka tidak heran jika saat ini banyak sekali penemuan terkait teknologi yang sangat mengagumkan penggunanya dan tentu saja berguna dalam kehidupan sehari-hari. Diantara kemajuan teknologi tersebut adalah mendukung kemudahan untuk rumah pintar Anda atau Smart Home.

Bagi sebagian kita mungkin tidak asing ketika mendengar istilah Smart Home atau Rumah Pintar, dimana kondisi rumah ini dilengkapi dengan berbagai teknologi canggih dalam interaksinya. Istilah smart home ini disebabkan rumah atau bangunan tersebut dilengkapi dengan beragam perangkat teknologi canggih. Dimana semua peralatan dan perlengkapan yang ada di dalam rumah tersebut terhubung dengan sistem sehingga bisa dikendalikan dengan remote (remote control) atau dari jarak jauh. Salah satu alat kendali tersebut bisa sama berupa gadget atau smartphone.

Kita semua tahu bahwa smartphone keberadaannya saat ini benar-benar menjadi pusat perhatian banyak orang, banyak kemudahan yang ditawarkan. Tidak hanya memudahkan dalam berkomunikasi saja, dengan smartphone ternyata juga memudahkan dalam mengontrol banyak hal seperti menjadi remote AC, televisi dan elektronik lainnya. Dan tidak disangka para developmentpun mengembangkan teknologi memanfaatkan gadget untuk Smart Home ini.

Baca Juga : Lebih Baik Laptop Atau Notebook Untuk Kuliah

Pertumbuhan yang terjadi pada Smart Home saat ini bisa dikatakan sangat meningkat, terutama di negara-negara berkembang seperti Amerika, Korea dan lainnya. Hal ini membuat banyak perusahaan di bidang teknologi terus mengembangkan teknologi terbaru agar bermanfaat dalam mendukung Smart Home. Nah, berikut ini dilansir dari Liputan6.com ada beberapa teknologi pintar yang sangat mendukung untuk Rumah Pintar (Smart Home) Anda.

  1. Smart Door Locks

Smart Door Lock atau Kunci Pintu Pintar merupakan teknologi yang memungkinkan Anda untuk mengunci dan membuka pintu hanya dengan bantuan Smartphone. Selain memanfaatkan smartphone ia juga bisa menggunakan kunci khusus atau biometrik sebagai Remote Control yang bisa dilakukan dari jarak jauh. Dengan teknologi ini tentu saja akan membuat para pencuri mengalami kesulitan dalam membobol rumah Anda, sehingga kondisi rumah tentu saja jauh lebih aman. Tidak hanya itu saja, Anda juga bisa memanfaatkan aplikasi khusus guna mengizinkan orang untuk memasuki rumah Anda ketika Anda tidak di rumah untuk menyambut mereka.

  1. Smart Indoor / Outdoor Camera

Smart Indoor / Outdoor camera ini merupakan alat keamanan rumah yang terhubung dengan wifi rumah Anda.  Tujuan teknologi ini memudahkan Anda memantau kondisi rumah setiap saat ketika tidak berada di lokasi dengan bantuan Smartphone. Teknologi ini didukung oleh fitur audio dua arah, sensor gerak dan opsi perekaman yang berbeda. Sehingga dengan bisa memantaunya dari mana saja dan kapan saja diharapkan tingkat keamanan rumah jauh lebih tinggi.

  1. Smart Wall Socket

Smart Wall Socket ini adalah teknologi yang bisa dimatikan atau dinyalakan melalui sebuah aplikasi. Dimana berbekal bantuan socket ini, semua perangkat dengan daya listrik 220v bisa diputus sambung sesuai keinginan Anda dengan bantuan Smartphone. Seiring dengan solet ini juga ada saklar pintar yang juga bisa dinyalakan atau dimatikan melalui aplikasi di Smartphone.

  1. Smart Lighting

Smart Lighting merupakan teknologi canggih yang membantu Anda dalam mengontrol pencahayaan rumah menggunakan perangkat Smartphone. Teknologi ini dirancang untuk membantu Anda menghemat penggunaan listrik dan energi sehingga tidak harus menghabiskan banyak biaya setiap bulannya untuk tagihan listrik.

  1. Smart Wake Up Light

Sama halnya dengan Smart Lighting yaitu berkaitan dengan pencahayaan, hanya saja Smart Wake Up Light ini sangat membantu sekali untuk Anda yang mengalami kesulitan bangun di pagi hari. Cara kerjanya ialah menyala secara perlahan hingga ke kondisi paling terang, dimana cahayanya tersebut mensimulasi terbitnya matahari secara natural dan menyilaukan. Tidak hanya itu saja, teknologi ini juga dilengkapi dengan bunyi nada layaknya alarm yang mengeluarkan bunyi secara perlahan hingga keras.

Baca Juga : Jual Aplikasi Beasiswa Online

  1. Fish Feeder

Teknologi satu ini adalah membantu Anda dalam memudahkan dalam memberikan makanan untuk binatang kesayangan Anda di dalam Aqurium alias untuk ikan peliharaan Anda. Dimana Anda bisa mengatur jadwal untuk pemberian makanan hewan kesayangan dengan dukungan WiFi 2.4Ghz dan aplikasi Smartphone.

  1. Pet Feeder

Sama halnya dengan Fish Feeder hanya saja ini untuk membantu Anda yang suka memelihara kucing, dimana ia akan membantu dalam memberikan makan sesuai jadwal. Teknologi yang dilengkapi dengan kamera memudahkan Anda dalam memantau hewan peliharaan Anda. Selain itu ia juga dilengkapi dengan speaker system, 2 arah sehingga akan memudahkan sekali bagi Anda dalam melihat, memantau hingga memantau hewan peliharaan Anda.

Nah, itulah beberapa teknologi tercanggih yang saat ini menawarkan banyak kemudahan dalam mendukung Smart Home atau Rumah Pintar Anda hanya dengan bantuan Gadget atau Smartphone. Seiring dengan perkembangan zaman dan kebutuhan yang ada di tengah masyarakat tidak heran jika para pengembang teknologi terus berinovasi dalam menciptakan teknologi agar menjadi solusi tepat dalam permasalahan yang ada.

 

#GarudaCyber23April

Sukai/Like Fan Page Facebook Garuda Cyber Indonesia

Subscribe Channel Youtube Garuda Cyber Indonesia

Follow Instagram Garuda Cyber Indonesia

Chat Wa

Artikel Terpopuler

Definisi Struktur Kontrol Perulangan Dalam Pemrograman Dan Contohnya

Pada dasarnya perulangan pada pemrograman yang sama dengan perulangan bahasa pemrograman lainnya. Struktur kontrol perulangan yang dipakai memilki suatu fungsi dari program yang akan dijalankan secara berulang. Contohnya anda ingin membuat tampilan nama anda sebanyak 100 kali, tentu akan sangat lama jika anda menuliskan kode program secara dengan manual. Dengan struktur kontrol perulangan bisa menampilkan dengan nama sebanyak 100 kali...