WhatsApp-Button
Tips Mendatangkan Pengunjung Ke Website Kampus Dengan Mudah

Tips Mendatangkan Pengunjung Ke Website Kampus Dengan Mudah

  2021-04-16 16:28:17     Ulti Desi Arni     Dibaca 490 kali

Saat ini keberadaan website bisa dikatakan memiliki peranan yang cukup penting sebagai strategi branding sebuah perusahaan maupun organisasi termasuk untuk perguruan tinggi. Dimana pada sebuah website bisa ditampilkan beragam informasi seputar kampus atau keunggulan yang dimilikinya. Ketika orang lain membutuhkan informasi terkait maka info tersebut bisa dengan mudah di dapatkan dan di akses.

Perkembangan teknologi informasi dan komunikasi saat ini memang memberikan banyak sekali kemudahan untuk para penggunanya. Diantara kemudahan yang sangat signifikan dirasakan hampir oleh seluruh lapisan masyarakat di dunia yaitu kemudahan dalam berkomunikasi serta kemudahan dalam mendapatkan informasi. Kemudahan-kemudahan yang ditawarkan ini membuat masyarakat semakin terbiasa dan berharap segala informasi yang dibutuhkan bisa mereka dapatkan dengan mudah.

Dimana mereka cukup bermodalkan smartphone dan jaringan internet bisa terhubung dengan siapapun dan dimanapun berada. Bahkan ketika hendak memperoleh informasi dari negara lainpun bisa mereka dapatkan dengan mudah. Hal ini tentu saja menjadi tantangan sekaligus kesempatan bagi sebuah organisasi bagaimana memanfaatkan kemajuan teknologi yang ada.

Perguruan tinggi harus cerdas dalam membaca peluang agar bisa bertahan di tengah tingginya angka persaingan yang ada. Ketika kampus hanya memanfaatkan media manual dalam penyebaran informasi seputar kampus padahal informasi itu sangat penting sekali untuk citra kampus, tentu ini tidak akan bisa dilihat oleh orang dengan mudah. Saat ini ketika hendak memasuki sebuah perguruan tinggi sebagian besar calon mahasiswa memanfaatkan internet untuk mengali informasi seputar kampus, dan salah satu sumber informasi tersebut berupa website kampus.

Baca Juga : Konsep Database Manajemen Sistem

Sebagai industri yang bergerak dalam bidang pendidikan, dimana cukup banyak informasi yang harus disampaikan dan bisa dimanfaatkan oleh khalayak orang maka sudah sepantasnya kampus memiliki website dalam mendukung branding kampusnya. Tentu saja akan sangat disayangkan sekali jika kampus tidak memiliki website di era digital saat ini. Sebagaimana kita tahu bahwa keberadaan website saat ini menjadi media komunikasi yang sangat efektif antara kampus dengan mahasiswa ataupun dengan pihak luar yang membutuhkan informasi seputar kampus, seperti calon mahasiswa atau orang tua hingga instansi lainnya.

Selain itu keberadaan website ini juga cukup mumpuni dalam meningkatkan branding kampus jika dimanfaatkan secara maksimal. Dimana ia bisa menjadi media promosi yang tepat dan memiliki jangkauan yang cukup luas. Ketika ia menjangkau masyarakat secara luas maka tidak menutup kemungkinan bahwa akan semakin banyaknya peminat yang ingin bergabung dengan perguruan tinggi tersebut.

Mengingat besarnya manfaat yang ditawarkan oleh website ini tentu saja itu semua tidak bisa semata-mata cukup dengan membuatnya saja tanpa ada strategi lanjutan di dalamnya. Website tersebut tentu haruslah banyak dikunjungi agar bisa meningkatkan branding dan mampu mendapatkan calon mahasiswa.

Sebagian besar kampus masih belum paham betul bagaimana strategi di dalamnya untuk menggunakan website secara maksimal dalam mencapai tujuan. Maka dari itu penting sekali memahami tips atau cara yang tepat agar pengunjung mendatangi website Anda. Tentu saja tanpa adanya pengunjung, sebuah website akan sia-sia keberadaannya. Dengan adanya pengunjunglah akan memunculkan halaman website di situs pencarian. Berikut ini beberapa tips yang bisa kampus terapkan dalam mendatangkan pengunjung website dengan mudah :

  1. Membuat konten atau artikel yang bermanfaat

Konten atau artikel merupakan bagian yang sangat penting pada sebuah website, dimana konten yang bisa menarik pembaca tentu saja akan mendatangkan pengunjung untuk membaca website Anda. Maka dari itu sebagai sebuah perguruan tinggi tentu saja harus memperhatikan konten-konten yang bermanfaat di dalam websitenya, baik itu untuk mahasiswanya sendiri maupun untuk orang lain. Terlebih lagi jika konten tersebut akan sangat bermanfaat untuk calon mahasiswa sehingga membuat mereka tertarik untuk mengunjung website Anda dalam memperoleh informasi mereka butuhkan dan secara tidak langsung merekapun akan mengenal kampus Anda.

  1. Mendaftarkan website kampus di Webmaster Tools

Sebagai media informasi untuk semua kalangan agar semakin dikenal, tentu saja tidak cukup dengan hanya memberikan konten yang bermanfaat saja. Ada hal yang mesti Anda lakukan agar website bisa muncul di mesin pencarian seperti google. Anda bisa mendaftarkan website di Webmaster tools google, dimana fitur ini berfungsi mendaftarkan website Anda ke Google. Selain itu, ia akan memonitor interaksi robot mesin pencari mengenai situs web milik kampus Anda.

  1. Membuat headline menarik

Headline pada sebuah artikel merupakan bagian penting Anda pikirkan, sebab ini menjadi faktor penentu seseorang apakah melanjutkan atau tidak membaca konten yang Anda buat. Maka dari itu penting sekali Anda mempertimbangkan headline yang membuat orang penasaran kemudian mengklik tautan tersebut.

Baca Juga : Jual Aplikasi atau Sistem Perpustakaan Kampus

  1. Memanfaatkan medias sosial sebagai media promosi artikel

Keberadaan media sosial sebagai media promosi saat ini tidak diragukan lagi, bahkan banyak sekali jenis media sosial yang hadir. Sebagian besar pelaku bisnispun telah membuktikan bahwa besarnya pengaruh media sosial sebagai media promosi, maka dari itu Anda juga bisa melakukan hal sama terkait konten yang Anda buat. Anda bisa mempromosikan artikel yang di buat di berbagai platform medsos dengan menyisipkan aksi agar pembaca bisa mengunjungi website Anda.

  1. Memanfaatkan email marketing

Selain memanfaatkan media sosial, cara lainnya yang juga bisa dicoba adalah dengan menyebarkan artikel terbaru Anda secara otomatis menggunakan email marketing ke seluruh database yang Anda miliki. Agar penerima tertarik membacanya maka kalimat pembuka yang menarik memiliki peranan penting dalam hal ini, kemudian Anda bisa menyisipkan link agar mereka membaca dan secara otomatis mengunjungi website Anda.

Itulah beberapa cara yang bisa kampus Anda terapkan agar mendatangkan pengunjung ke website kampus Anda. Cara di atas bisa dikatakan cara yang ampuh dan cukup mudah, namun jika ingin mendapatkan solusi terbaik Anda bisa menggunakan jasa dalam hal ini. Seperti menggunakan Jasa dari Garuda Cyber dimana tim akan membuatkan website menarik untuk Anda dan membantu dalam mendatangkan pengunjung sekaligus. Tidak hanya itu saja, Garuda Cyber juga akan mendukung dalam ide pembuatan konten menarik bahkan juga bisa menyediakan konten menarik untuk mencapai tujuan keberadaan website tersebut.

 

#GarudaCyber23April


Sukai/Like Fan Page Facebook Garuda Cyber Indonesia
Subscribe Channel Youtube Garuda Cyber Indonesia
Follow Instagram Garuda Cyber Indonesia
Chat Wa

Signup for Newsletter

Langganan Newsletter dari Garuda Cyber untuk mendapatkan informasi terupdate dari Garuda Cyber Indonesia