WhatsApp-Button
Aplikasi Asset Cara Mudah dan Tepat Kelola Manajemen Asset

Aplikasi Asset Cara Mudah dan Tepat Kelola Manajemen Asset

  2021-04-12 17:18:21     Ulti Desi Arni     Dibaca 572 kali

Dalam sebuah organisasi seperti perusahaan tentu saja tidak terlepas dari yang namanya Asset, dimana Asset ini adalah berkaitan dengan harta atau barang yang ada pada sebuah perusahaan yang mendukung operasional. Tanpa adanya asset tentu perusahaan akan tidak mampu beroperasional, sebab keberadaan asset itu sendiri untuk mendukung operasi bisnis.

Asset ini bisa saja berupa gedung, barang yang digunakan untuk mendukung pekerjaan ataupun tabungan. Selain itu asset ini bisa saja mengacu pada apapun yang dimiliki perusahaan seperti perkakas, AC, lemari bahkan karyawan dan modal juga merupakan bagian dari Asset yang dimiliki sebuah perusahaan.

Asset itu sendiri secara garis besar terdiri atas dua yaitu asset tetap dan asset habis pakai. Dalam mengelola asset perusahaan ini tentu saja bukanlah hal mudah, dan membutuhkan banyak waktu dalam manajemennya agar bisa berfungsi sebagaimana mestinya bahkan diharapkan asset tersebut bisa memiliki nilai jual yang bertahan atau terus meningkat. Mengingat hal tersebut, maka manajemen asset secara tepat ini merupakan hal yang sangat penting bagi sebuah perusahaan.

Dalam pengelolaan dan manajemennya membutuhkan strategi yang tepat baik itu ketika berinvestasi, memelihara, mengoperasikan, meningkatkan nilai hingga membuang asset yang memang sudah tidak digunakan lagi. Jika dalam pengelolaan ini masih dilakukan secara manual, maka tidak menutup kemungkinan bahwa manajemen asset merupakan pekerjaan yang cukup rumit bagi perusahaan.

Di era digitalisasi saat ini tentu kita sering mendengar bahwa teknologi yang berkembang terus saja menawarkan banyak kemudahan untuk berbagai bidang kerja. Banyak organisasi dan perusahaan memanfaatkan teknologi tersebut dalam mendukung operasional dan membantu pekerjaan mereka. Para developmentpun terus berusaha mengembangkan teknologi tersebut agar menjadi solusi tepat sesuai kebutuhan masyarakat.

Baca Juga : Kelebihan dan Kekurangan PROMETHEE Method

Terbukti saat ini hampir seluruh lapisan masyarakat memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi dalam kehidupannya. Entah pemanfaatan teknologi tersebut untuk sekedar berkomunikasi atau mencari informasi. Kemudahan yang ditawarkan dari perkembangan teknologi yang ada membuat semua orang merasakan kenyamanan banyak manfaat dengan perkembangannya. Maka sebagai sebuah perusahaan yang memilki bidang kerja cukup kompleks sudah sepatutnya beralih dari cara manual menggunakan sistem digitalisasi dalam mendukung operasionalnya.

Diantara perkembangan teknologi yang ada, dimana kita berada di era digitalisasi ini hadirnya Aplikasi Manajemen Asset yang memudahkan perusahaan dalam mengelola asset yang dimilikinya. Dibandingkan cara konvensional dengan sistem digitalisasi tentu saja akan banyak sekali kemudahan dan manfaat dirasakan perusahaan. Ada banyak alasan yang bisa dijadikan bahan pertimbangan kenapa Aplikasi ini sangat memudahkan dalam mengelola manajemen asset perusahaan. Diantara alasan tersebut adalah :

  1. Membuat katalog dasar asset

Diantara beragam proses pengelolaan asset, mengelola katalog dasar merupakan hal yang paling membutuhkan banyak waktu. Dimana membutuhkan inventaris yang akurat terkait semua asset yang dimiliki. Inventaris tersebut bisa saja berupa jenis aset, lokasi, jumlah, nilai dan hal lainnya. Tanpa adanya katalog dasar dalam memperhitungkan nilai asset maka tidak menutup kemungkinan jika langkah lainnya menghasilkan nilai tidak akurat. Menggunakan aplikasi manajemen asset ini maka akan membantu Anda dalam pembuatan katalog dasar asset yang dimiliki.

  1. Menghemat ruang penyimpanan

Dalam pengelolaan asset secara manual biasanya data dicatat dan di arsipkan dalam ruang arsip. Semakin banyak jumlah asset tentu saja semakin banyak catatan terkait asset yang ada sehingga menumpuk di lemari pengarsipan. Selain itu, asset yang dikelola secara manual terkadang tidak tercatat dan termanajemen secara baik sehingga menimbulkan penumpukan barang di gudang terkait asset yang memang sudah tidak layak pakai lagi. Dalam hal tentu saja membutuhkan banyak ruangan untuk menyimpan semuanya.

Baca Juga : Jual Sistem Manajemen Mahasiswa Kampus

Beda halnya jika data pengelolaan asset dimanajemen secara baik dengan aplikasi, maka semua tercatat secara baik. Dimana aplikasi menyimpan data melalui media elektronik dan memudahkan dalam mengidentifikasi asset apakah masih layak pakai atau tidak. Sehingganya jika ditemukan asset yang tidak di pakai bisa di jual kembali untuk memulihkan sebagian investasi awal.

  1. Meningkatkan arus kas

Nah, dengan adanya penghematan dalam penyimpanan baik untuk biaya gudang atau untuk ruangan arsip sehingganya anggaran untuk ruangan tersebut bisa dialihkan untuk kebutuhan lainnya. Dampak positif dengan manajemen yang baik seperti ini akan meningkatkan arus kas yang sangat bermanfaat untuk perkembangan perusahaan atau paling tidak bisa digunakan sebagai dana darurat nantinya.

  1. Pencegahan dana manajemen pencurian

Manajemen asset secara manual membuat perusahaan kesulitan dalam melacak setiap asset yang ada, sehingga ini memungkinkan adanya pencurian yang sulit dideteksi. Jika asset yang hilang berukuran besar tentu bisa saja menyadarinya dengan cepat, namun jika ukurannya kecil akan kesulitan. Menggunakan aplikasi manajemen asset ini akan membantu perusahaan dalam melacak setiap asset yang dimiliki secara mudah. Sehingganya dengan manajemen yang baik mampu meminimalisir kecurangan atau kehilangan asset.

  1. Mencatat dan Melacak asset secara mudah

Berkaitan dengan poin nomor 4, dengan adanya aplikasi ini selain meminimalisir pencurian tentu akan membantu perusahaan dalam mencatat dan melacak kondisi asset dengan mudah. Setiap pengadaan barang dan ditempatkan pada unit atau bagian manapun dicatat secara baik pada sistem sebelum digunakan. Selain itu, ketika ada unit atau bagian yang membutuhkan alias meminjamnya juga bisa tercatat secara baik melalui aplikasi ini.

Pencatatan asset yang tepat tentu saja akan memudahkan dalam melacaknya sehingga kondisi asset bisa lebih terjaga. Beda halnya jika manajemen ini tidak diperhatikan secara baik oleh perusahaan bisa berdampak pada kerugian besar jika ada asset yang hilang atau tidak ditemukan.

Nah, itulah beberapa poin yang bisa menjadi bahan pertimbangan untuk perusahaan Anda kenapa penting sekali menggunakan Aplikasi Asset dalam membantu mengelola manajemen asset Anda. Di era digitalisasi saat ini, teknologi yang hadir tidak hanya memberikan kemudahan saja namun juga mampu meningkatkan kualitas mutu layanan perusahaan Anda. Selain itu dengan sistem yang mudah dan cepat juga akan menimbulkan kesan profesional perusahaan di mata internal maupun eksternal.

 

#GarudaCyber23April


Sukai/Like Fan Page Facebook Garuda Cyber Indonesia
Subscribe Channel Youtube Garuda Cyber Indonesia
Follow Instagram Garuda Cyber Indonesia
Chat Wa

Signup for Newsletter

Langganan Newsletter dari Garuda Cyber untuk mendapatkan informasi terupdate dari Garuda Cyber Indonesia