WhatsApp-Button
Manfaat Aplikasi Absensi Online dalam Membantu HRM Perusahaan

Manfaat Aplikasi Absensi Online dalam Membantu HRM Perusahaan

  2021-04-08 16:59:35     Ulti Desi Arni     Dibaca 93 kali

Dalam manajemen sebuah perusahaan agar bisa mewujudkan visi dan misinya, kehadiran para pegawai merupakan hal yang cukup penting mesti diperhatikan. Dimana kehadiran ini akan berkaitan dengan kedisiplinan para pekerja sehingga ketika mereka bisa bekerja secara disiplin dan hadir tepat waktu maka apa yang menjadi target bisa tercapai. Selain itu dengan hadir tepat waktu dan disiplin juga akan menunjang produktivitas dalam bekerja.

Mengingat cukup pentingnya kehadiran ini, maka yang bertugas dalam memanajemennya adalah Human Resource Management (HRM) perusahaan. Dimana seorang HR harus mencatat secara baik kehadiran setiap pegawai termasuk memanajemen izin maupun sakit. Tidak hanya sebatas pada kehadiran saja, ia memiliki peranan yang sangat penting dalam keberlangsungan perusahaan. Diantara tanggung jawabnya ialah mulai dari merekrut karyawan, seleksi, wawancara hingga penempatan posisi.

Selain itu ia juga harus memanajamen tugas para pekerja dalam keseharian, memastikan para karyawan tersebut harus bekerja sebagaimana mestinya, memproses penggajian termasuk menghitungkan tunjangan dan salah satunya yaitu memantau kedisiplinan dan kehadiran. Dimana kehadiran ini nantinya akan berpengaruh pada penggajian nantinya.

Dalam manajemen kehadiran pegawai tentu saja menjadi tantangan tersendiri bagi HRM perusahaan jika semua prosesnya hanya dilakukan dengan cara manual. Ketika perusahaan hanya menerakan cara manual yaitu mencatat kehadiran pada selembar kertas, hal in cukup rentan akan kesalahan atau memungkinkan kecurangan. Sehingganya HR mengalami kesulitan dalam mengidentifikasi kehadiran karyawan, baik yang terlambat maupun yang tidak hadir.

Ketika proses pencatatan kehadiran ini tidak akurat tentu ini nantinya akan berdampak dalam penghitungan gaji dan pemberian bonus. Selain itu manajemen yang baik dalam proses kehadiran akan memberikan efek positif bagi perusahaan. Maka sudah sepatutnya perusahaan meninggalkan cara manual dan beralih menggunakan teknologi informasi dalam manajemen kehadirannya.

Dimana teknologi yang hadir di masa kini begitu banyak memberikan manfaat hampir untuk seluruh bidang pekerjaan. Diantara teknologi atau sistem digital yang mendukung pencatatan absensi secara akurat serta membantu HR dalam manajemen karyawan secara baik adalah menggunakan Aplikasi Absensi Online dari Garuda Cyber.

Baca Juga : Jual Aplikasi BKD Kampus

Absensi Online yang ditawarkan Garuda Cyber ini berbasis Android sehingga cukup bermodalkan smartphone setiap karyawan. Dalam genggaman semua kinerja akan bisa dipantau dan banyak hal bisa dilakukan. Paling utama tujuan keberadaan Absensi Online ini adalah memudahkan HR dalam manajemen kehadiran karyawan serta meningkatkan produktivitas pekerjaan mereka.

Fitur-Fitur Aplikasi Absensi Online

Keunggulan yang ditawarkan oleh sebuah aplikasi tentu saja tidak terlepas dari yang namanya fitur yang tersedia. Semakin lengkap fitur yang ditawarkan maka akan semakin baguslah aplikasi tersebut, sebagaimana fitur yang ditawarkan oleh Aplikasi Absensi dari Garuda Cyber ini. Banyak sekali fitur yang tersedia dan tentu saja itu semua mendukung dan memudahkan HR dalam manajemen kehadiran dan pekerjaan para karyawan yang ada. Adapun fitur tersebut adalah :

  1. Scan Barcode

Fitur utama dari Aplikasi ini adalah mencatat kehadiran menggunakan scan barcode, sehingga setiap karyawan memiliki ID berbeda yang akan dicatat oleh Aplikasi. Sistem scan barcode akan meminimalisir kecurangan karyawan yang titip absen atau hal lainnya. Sebab aplikasi hanya bisa dijalankan untuk satu user pada satu smartphone, dalam artian karyawan lain tidak bisa login dengan user berbeda di smartphone yang sama.

  1. Pengajuan Izin

Selain adanya scan barcode aplikasi juga memudakan karyawan untuk mengajukan izin secara langsung, dimana tersedia menu ajukan izin. Sehingganya karyawan bisa mengajukan izin tanpa harus mendatangi HRM perusahaan.

  1. Ajukan Cuti

Sama halnya dengan fitur pengajuan izin, aplikasi ini juga menyediakan fitur pengajuan cuti langsung. Dimana karyawan bisa mengajukan cuti melalui aplikasi tanpa harus mendatangi HRM perusahaan.

  1. GPS

Tidak kalah penting dalam menghindari kecurangan aplikasi ini dilengkapi dengan fitur GPS, dimana setiap karyawan yang hadir akan terpantau lokasi keberadaannya. Sehingga jika ia berkeliaran di luar sana di jam kerja akan terdeteksi oleh HRM Perusahaan.

  1. Daily Activity / Workplan

Dalam memastikan bahwa setiap pegawai bekerja sebagaimana mestinya, aplikasi ini juga mendukung pembuatan workplan atau rencana kerja setiap harinya lengkap dengan progress yang telah ia buat.

  1. Log Absensi

Fitur Log Absensi ini memudahkan karyawan untuk melihat kehadirannya selama satu bulan. Ketika ia mengklik fitur akan ditampilkan tanggal, hari, jam masuk dan jam pulangnya.

  1. Informasi Jam Telat

Agar para pegawai bisa mengantisipasi kelewatan jam telat karena berdampak pada pemotongan gaji, maka fitur ini menampilkan informasi jumlah jam telat yang bersangkutan. Dengan adanya tampilan jam telat ini diharapkan karyawan akan meminimalisir keterlambatannya.

  1. Integrasi dengan Sistem Informasi Manajemen Perusahaan

Tidak kalah penting untuk memudahkan HRM atau pihak yang berwenang terhadap akses info menggenai seluruh karyawan, aplikasi ini juga terintegrasi dengan sistem manajemen. Sehingga semua informasi di aplikasi bisa dilihat juga di sistem manajemen perusahaan.

  1. Lainnya

Fitur lainnya yaitu berkaitan dengan informasi lainnya yang dibutuhkan perusahaan.

Manfaat Aplikasi Absensi Online

Begitu banyaknya fitur yang tersedia pada aplikasi Absensi Online ini tentu saja akan memberikan banyak manfaat pula bagi perusahaan. Nah, adapun manfaat dari aplikasi ini adalah :

  1. Akurasi lebih baik

Sebagaimana kita ketahui bahwa pencatatan kehadiran secara manual bisa dikatakan sangat rentan akan kesalahan ataupun kecurangan. Sehingganya besar kemungkinan data kehadiran tersebut tidak akurat sehingga akan merugikan salah satu pihak. Beda halnya jika perusahaan menggunakan aplikasi dalam pencatatan kehadiran ini, dimana tingkat akurasinya tentu saja lebih baik dan meminimalisir yang namanya human error.

  1. Lebih efisien

Selain tingkat akurasi lebih baik dan tinggi, tentu saja aplikasi terintegrasi jauh lebih efisien. Dimana proses manajemen dan pengelolaan kehadiran akan jauh lebih cepat dibandingkan cara manual. Jika manual tentu membutuhkan banyak waktu dalam memantau atau mendata satu per satu karyawan, apalagi karyawan berjumlah ratusan bahkan ribuan. Dengan aplikasi online maka semua bisa menjadi mudah, bahkan bisa mencatat kehadiran secara otomatis dan penghitungan gajipun bisa otomatis.

Baca Juga : Kelebihan Dan Kekurangan Mind Mapping

  1. Mudah memantau jam kerja karyawan

Karena pencatatan kehadiran dilakukan secara realtime, dimana semua tercatat dalam aplikasi mulai kehadiran, izin, cuti hingga aktivitas sang karyawan maka akan memudahkan HRM dalam memantau jam kerja karyawannya dari mana saja tanpa harus mendatangi satu per satu mereka.

  1. Meningkatkan manajemen karyawan

Tentu saja tujuan utama adanya aplikasi absensi online ini adalah untuk meningkatkan manajemen karyawan. Dimana aplikasi ini menampung semua data karyawan dalam satu database, bahkan memungkinkan karyawan mengajukan cuti dan izin secara langsung. Informasi terkait izin dan cuti juga bisa mereka lihat, baik jumlah cuti yang telah digunakan hingga sisanya. Dengan adanya aplikasi maka HRM akan meningkatkan kualitas manajemennya terhadap karyawan sehingga juga akan meningkatkan kualitas mutu layanan perusahaan.

  1. Melacak lokasi karyawan dengan mudah

Karena aplikasi absensi ini dilengkapi dengan GPS, maka HRM bisa melacak posisi karyawan secara mudah. Terlebih lagi jika perusahaan memiliki marketing yang kesehariannya bekerja di luar kantor, maka dengan adanya aplikasi ini memudahkan dalam mengetahui keberadaan sang marketing.

 

#GarudaCyber23April


Sukai/Like Fan Page Facebook Garuda Cyber Indonesia
Subscribe Channel Youtube Garuda Cyber Indonesia
Follow Instagram Garuda Cyber Indonesia
Chat Wa

Signup for Newsletter

Langganan Newsletter dari Garuda Cyber untuk mendapatkan informasi terupdate dari Garuda Cyber Indonesia