WhatsApp-Button
Aplikasi Bel Sekolah Smart School

Aplikasi Bel Sekolah Smart School

  2021-04-07 17:36:51     Ulti Desi Arni     Dibaca 339 kali

Aplikasi Bel Sekolah Smart School  - 0761-6704399 / 0811-767-4727

Sekolah merupakan salah satu institusi pendidikan yang ada di Indonesia yang membutuhkan perhatian lebih dalam manajemennya. Ada banyak aktivitas yang cukup kompleks dan beragam aktivitas terjadi dalam sekolah ini, mulai dari proses belajar mengajar, administrasi siswa, surat menyurat, kepegawaian, manajemen guru hingga manajemen pergantian jam pelajaran.

Banyak sekali aktivitas dan operasional yang kompleks butuh manajemen yang baik di dalamnya, sehingga sekolah harus sadar betul dengan semua itu. Kemampuan dalam memanajemen operasional secara baik tentu saja nantinya akan berdampak kepada kualitas mutu dan layanan sekolah. Semakin cepat dan mudah sebuah informasi disajikan maka akan semakin bagus juga dalam mendukung peningkatan kualitas dan citra sekolah.

Selain manajemen yang kompleks, pelayanan ini juga merupakan hal yang sangat penting dipertimbangkan. Entah itu layanan informasi untuk pihak internal maupun pihak eksternal, sehingganya jika sekolah hanya menghandalkan cara manual pada proses dan sistem di dalamnya tentu ini kurang efektif.

Saat ini teknologi informasi dan komunikasi terus berkembang, sehingga sistem digital menjadi solusi hampir untuk seluruh bidang industri atau instansi. Hal ini tentu saja juga bisa dimanfaatkan dalam mendukung manajemen dan peningkatan kualitas mutu layanan sekolah. Diantara layanan dan kemudahan informasi yang juga cukup penting diperhatikan adalah terkait bel sekolah.

Jika biasanya sekolah hanya menghandalkan cara manual di dalamnya, dimana guru piket bertugas memencet bel setiap pergantian jam disertai dengan pengumuman bahwa jam berganti. Tentu saja cara ini jauh dari kata efektif dan efisien, sebab akan ada kemungkinan-kemungkinan di dalamnya. Mulai dari pergantian jam tidak sesuai jadwal semestinya hingga guru piket harus menyediakan tenaga ekstra untuk tugas ini.

Baca Juga : Strategi Membangun Awareness

Sebab sebagai guru piket ia tidak hanya bertugas dalam memastikan pergantian jam saja, namun juga harus memastikan setiap guru mengajar masuk sesuai jadwal di dalam kelas. Selain itu, ia juga harus menghandel siswa untuk disiplin berada di kelas selama jam pelajaran. Begitu kompleksnya tugas guru piket ini tentu dengan adanya bel otomatis ini akan jauh lebih mudah, dan pergantian jam-pun akan lebih tersistem secara otomatis.

Solusi tepat agar pergantian jam pelajaran ini bisa secara otomatis dan ontime sesuai jadwal seharusnya, maka sekolah bisa menggunakan Aplikasi Bel Sekolah yang terdapat di dalam Produk Smart School Garuda Cyber. Dimana di dalam Smart School ini banyak sekali sistem dan aplikasi saling terintegrasi, salah satunya adalah bel Sekolah ini.

Dengan adanya bel yang terintegrasi dengan akademik dan penjadwalan maka, setiap perubahan atau pergantian jam maka aplikasi akan berbunyi secara otomatis sebagai pengingat. Ketika ini berjalan secara otomatis maka guru yang mengajar dan proses pembelajaranpun akan berjalan secara disiplin sesuai jam telah ditetapkan.

Fitur-fitur Aplikasi Bel Sekolah

Beragam kemudahan akan dirasakan oleh sekolah ketika menggunakan bel yang terjadwal secara otomatis, terutama akan memudahkan guru yang piket. Dimana ia tidak perlu lagi memencet bel berkali-kali untuk sebagai tanda pergantian jam sebab bel akan berjalan secara otomatis.

Kemudahan dan manfaat yang ditawarkan oleh aplikasi Bel Sekolah ini tentu saja tidak terlepas dari adanya fitur mumpuni di dalamnya. Dimana fitur inilah yang akan berfungsi dalam memberikan solusi untuk permasalahan yang ada. Semakin lengkap dan memenuhi kebutuhan fitur yang tersedia pada sebuah aplikasi maka semakin baguslah sistem tersebut. Adapun fitur yang terdapat pada aplikasi Bel Sekolah ini adalah sebagai berikut :

  1. Pengaturan Waktu Pergantian Jam

Fitur utama yang tersedia pada aplikasi Bel Sekolah adalah memudahkan koordinator piket dalam mengatur jadwal pergantian jam pelajaran. Sebagaimana tujuan sistem ini adalah sebagai pengingat otomatis untuk pergantian jam atau pemberitahuan istirahat. Maka sistem ini mendukung kemudahan dalam hal tersebut, dimana koordinator piker bisa menginputkan durasi untuk setiap pergantian jam atau jadwal pelajaran sehingga akan berbunyi sesuai instruksi tersebut.

Baca Juga : Jual Sistem Proposal dan Skripsi Online

  1. Pengaturan Bunyi atau Suara Bel

Selain adanya fitur pengaturan waktu pergantian jam, aplikasi juga mendukung pengaturan bunyi atau suara bel yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan. Misalnya untuk pemberitahuan pergantian jam dengan pemberitahuan istirahat diberikan bunyi yang berbeda. Dengan adanya pengaturan bunyi atau suara ini maka akan memudahkan semua pihak dalam setiap pergantian jam karena diingatkan oleh bel otomatis tersebut.

  1. Integrasi Sistem Akademik

Selain fitur di atas yang memudahkan dalam pengaturan waktu pergantian jam, dan suara sistem ini juga terintegrasi dengan sistem akademik sekolah. Sebagai sistem terintegrasi tentu saja sangat mendukung sekali dalam proses keberlangsungan pembelajaran yang lebih efektif dan efisien. Selain itu pengelolaan dan manajemen data juga lebih terkendali secara baik dan tepat tanpa adanya redundancy data atau data ganda. Sistem terintegrasi juga meminimalisir kesalahan dalam penginputan berulang terkait jadwal pelajaran.

  1. Integrasi Penjadwalan

Tidak hanya terintegrasi dengan sistem akademik, untuk memudahkan dalam berlangsungnya bel otomatis ini sesuai jadwal pelajaran yang sudah ditetapkan maka aplikasi juga terintegrasi dengan penjadwalan. Ketika bel terintegrasi dengan penjadwalan maka diharapkan akan mengingatkan sesuai jadwal yang ada, alias pergantian jam dan durasi sesuai jadwal yang telah ada.

Itulah beberapa fitur yang tersedia pada aplikasi bel sekolah ini, semua fitur yang ada tentu saja merupakan solusi dalam membantu bagian piket untuk manajemen pergantian jam pelajaran. Dengan adanya aplikasi ini maka setiap pergantian jam pelajaran akan berbunyi otomatis. Fitur yang tersedia tidak hanya terlepas dengan fitur di atas saja, namun sekolah bisa menyesuaikan dengan kebutuhan sekolah masing-masing.

 

#GarudaCyber23April


Sukai/Like Fan Page Facebook Garuda Cyber Indonesia
Subscribe Channel Youtube Garuda Cyber Indonesia
Follow Instagram Garuda Cyber Indonesia
Chat Wa

Signup for Newsletter

Langganan Newsletter dari Garuda Cyber untuk mendapatkan informasi terupdate dari Garuda Cyber Indonesia