WhatsApp-Button
Pentingnya Aplikasi Kasir untuk Usaha Retail dan Grosiran

Pentingnya Aplikasi Kasir untuk Usaha Retail dan Grosiran

  2021-04-06 16:56:26     Ulti Desi Arni     Dibaca 447 kali

Seiring dengan perkembangan teknologi informasi dan komunikasi di zaman modern ini, ragam kemudahan terus saja dirasakan oleh hampir semua orang. Berbagai teknologi yang hadir menawarkan banyak sekali kemudahan dalam proses kerja hampir untuk semua kalangan dan pelaku bisnis. Teknologi digital yang tepat jika dimanfaatkan maka akan mendukung kemudahan dalam proses bisnis, termasuk untuk pelaku usaha Retail hingga grosir sekalipun

Tentu kita tidak asing lagi mendengar kata retail dan grosiran, dimana bisnis retail ini pada hakikatnya yaitu melakukan transaksi atau penjualan barang kepada konsumen. Penjualan barang retail biasanya dilakukan dalam jumlah enceran atau satuan, sedangkan grosiran itu terkadang ada kalanya ia menjual satuan atau dengan jumlah grosir juga.

Dalam bisnis retail dan grosiran pada saat ini bisa dikatakan memiliki persaingan yang cukup ketat. Dimana banyak sekali pelaku usaha eceran yang menjadi pesaing, sehingga menjadi tantangan bagi pelaku bisnis dalam memanajemen bisnisnya agar tetap berkembang dan mampu bersaing secara baik.

Baik pelaku usaha retail maupun grosiran memiliki tantangan yang sama dalam manajemen transaksinya, dimana ada banyak jenis barang yang harus dikelola secara baik. Selain itu proses transaksi haruslah dicatat agar bisa menghasilkan laporan penjualan secara tepat nantinya agar bisnis tidak mudah gulung tikar. Pada grosiran tentu ada ragam jenis transaksi dengan berbagai harga, seperti penjualan secara satuan dan grosiran tentu saja harganya bervariasi sehingga setiap item penjualan harus memiliki satuan bertingkat dalam pencatatan penjualan.

Apabila proses transaksi baik pencatatan, pengecekan stock dan pelaporan hanya menggunakan cara manual atau aplikasi kasir konvensional saja tentu saja tidak efektif. Dimana akan banyak kemungkinan terburuk terjadi, entah itu tidak singkronnya stok tersedia dengan penjualan. Selain itu bisa saja berupa kesalahan dalam perhitungan dan pembuatan laporan, dan yang tidak kalah adalah membutuhkan waktu lama dalam memproses setiap transaksi dan pembuatan laporan.

Baca Juga : Jual Aplikasi Kelulusan Siswa (Smart School)

Beda halnya jika pelaku bisnis retail maupun grosir ini memanfaatkan teknologi di dalamnya seperti bantuan Aplikasi Kasir yaitu Garuda Kasir. Dimana aplikasi Garuda Kasir ini merupakan solusi tepat untuk pelaku usaha baik itu bisnis reatail, grosir atau UMKM lainnya. Dengan bantuan aplikasi ini bisa menjadi alat yang memudahkan jalanya bisnis dan prosesnyapun jauh lebih cepat dan efektif.

Pada dasarnya aplikasi Garuda Kasir ini dibangung untuk membantu dan memudahkan proses transaksi bisnis seperti retail, grosir hingga UMKM. Dengan bantuan aplikasi ini akan memproses transaksi lebih cepat dan menghindari antrean panjang pada bagian kasir. Namun, perlu para pelaku bisnis ketahui bahwa Garuda Kasir memiliki banyak sekali manfaat dalam mendukung proses bisnis Anda.

Sebagai bahan pertimbangan agar Anda semakin yakin bahwa begitu banyak manfaat dari aplikasi ini, berikut beberapa alasan kenapa Garuda Kasir sangat cocok untuk mendukung operasional bisnis Anda :

  1. Menghemat waktu

Waktu yang dibutuhkan ketika bisnis Anda menggunakan aplikasi ini tentu akan lebih hemat, seperti proses transaksi akan lebih mudah cepat berjalan. Antrean panjang di bagian kasir ketika proses penjualan akan diminimalisir karena sistem melakukan pencatatan secara cepat dan baik. Dimana cukup dengan menscan kode barcode pada barang, maka akan muncul nama barang beserta harga dan transaksipun cepat diselesaikan.

Selain itu, ketika proses pembelian barang juga bisa menghemat waktu karena setiap barang masuk ke gudang akan dicatat secara baik dan cepat. Dengan proses transaksi yang cepat tentu saja akan mendukung pelayanan yang lebih cepat pula.

  1. Manajemen stock secara baik

Tidak hanya memudahkan dalam proses transaksi penjualan dan pembelian, Garuda Kasir juga akan membantu anda dalam manajemen stock barang. Anda lebih mudah mengetahui jumlah ketersediaan barang yang ada sehingga juga akan memudahkan untuk memesannya kepada produsen kembali. Dengan adanya pemberitahuan otomatis terkait stock ini maka akan mengurangi kinerja karyawan dalam mengecek stock secara satu per satu.

Baca Juga : Jual Aplikasi Layanan Pengaduan Desa

Selain itu dengan adanya informasi manajemen stock ini, tentu saja akan memudahkan Anda memberitahu pelanggan ketika ia menanyakan ketersediaan barang. Dimana mereka tidak perlu menunggu lama untuk mengetahui apakah barang hendak ia beli tersedia atau tidak.

  1. Manajemen barang terlaris

Dengan kemudahan transaksi yang ditawarkan Garuda Kasir ini tidak hanya terbatas dalam manajemen stick saja, namun Anda juga bisa mengetahui produk apa saja yang banyak dibeli oleh pelanggan. Sehingganya ketika Anda mengetahui detail kebiasaan pelanggan dalam membeli akan memudahkan Anda dalam memberikan penawaran terkait sebuah produk tersebut. Selain itu, Anda bisa memaksimalkan stock sesuai barang yang paling banyak dibutuhkan oleh pelanggan.

  1. Menyediakan laporan lengkap

Aplikasi akan membantu Anda dalam mencatat arus kas bisnis secara baik dan otomatis, sehingga dalam proses laporan bisnis Anda bisa dihasilkan secara cepat pula. Aplikasi Garuda kasir akan memberikan laporan secara lengkap dan detail terkait setiap transaksi yang ada. Baik itu transaksi penjualan, pembelian, grafik penjualan, penjualan harian hingga laporan manajemen stock barang Anda.

Melalui laporan yang lengkap tentu saja akan berfungsi dalam mendukung kemajuan bisnis Anda, dimana laporan tersebut bisa digunakan sebagai pedoman dalam pengambilan keputusan terkait langkah apa yang akan dilakukan untuk pengembangan bisnis Anda.

  1. Manajemen Karyawan

Menggunakan aplikasi Garuda Kasir tentu akan memudahkan Anda dalam memanajemen karyawan Anda, terutama meminimalisir tindakan “nakal” karyawan Anda. Setiap kasir yang mengakses sistem akan tercatat karena ia harus login sesuai hak akses yang diberikan kepadanya, sehingga setiap transaksi akan tercatat dilakukan oleh karyawan siapa lengkap dengan waktu trasnsaksinya. Selain itu, para karyawan juga bisa memanajemen kondisi penjualan dengan adanya sistem yang mendukung seperti Garuda Kasir ini.

  1. Meminimalisir Kesalahan

Menggunakan cara manual tentu saja akan sangat rentan sekali akan kesalahan, entah itu kecurangan yang dilakukan karyawan atau kesalahan dalam pencatatan transaksi lainnya. Dengan adanya aplikasi Garuda Kasir tentu kesalahan-kesalahan tersebut bisa diminimalisir, sebab semua transaksi akan tercatat secara baik bahkan dalam proses pelaporanpun jauh lebih cepat dan efektif ketimbang cara manual.

Itulah beberapa alasan kenapa bisnis Anda sudah seharusnya menggunakan Aplikasi Garuda Kasir dalam mendukung proses bisnis Anda. Dimana aplikasi ini sangat mendukung sekali dalam memberikan kemudahan akses dan pengelolaan transaksi baik penjualan atau pembelian lebih efektif, efisien dan cepat.

Kemudahan dan manfaat yang ditawarkan oleh Aplikasi Garuda Kasir ini tentu saja tidak terlepas dari menu atau fitur yang disediakan. Fitur aplikasi Garuda Kasir cukup lengkap dalam menjawab keluhan Anda, sehingga memang pas untuk menjadi solusi tepat dalam manajemen bisnis Anda menjadi lebih baik. Sudah banyak pelaku bisnis baik itu retail, minimarket, toko baju dan jenis usaha lainnya mempercayakan Garuda Kasir dalam mendukung bisnisnya. Maka sudah saatnya kembangkan bisnis Anda dan manajemen secara bersama Garuda Kasir.

 

#GarudaCyber23April


Sukai/Like Fan Page Facebook Garuda Cyber Indonesia
Subscribe Channel Youtube Garuda Cyber Indonesia
Follow Instagram Garuda Cyber Indonesia
Chat Wa

Signup for Newsletter

Langganan Newsletter dari Garuda Cyber untuk mendapatkan informasi terupdate dari Garuda Cyber Indonesia