WhatsApp-Button
Jasa Pembuatan Website Desa

Jasa Pembuatan Website Desa

  2021-03-24 17:01:36     Ulti Desi Arni     Dibaca 114 kali

Jasa Pembuatan Website Desa - 0761-6704399 / 0811-767-4727

Seiring dengan perkembangan zaman dimana kita berada di era modern dan teknologi digital hampir menjadi sebuah kebutuhan untuk menjadi solusi dalam permasalahan yang ada. Perkembangan teknologi yang sangat pesat ternyata membawa dampak yang cukup signifikan dan kemajuan dalam berbagai bidang kehidupan. Hal ini terbukti hampir semua lapisan masyarakat di dunia memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi dalam kehidupannya terutama dengan adanya keberadaan internet.

Munculnya internet telah memberikan begitu banyak kemudahan untuk masyarakat terutama dalam berkomunikasi dan memperoleh informasi. Bisa dikatakan kemudahan dalam mendapatkan informasi adalah bagian yang dibutuhkan saat ini, dimana cukup bermodalkan gadget dan internet semua orang bisa mendapatkan informasi yang mereka butuhkan.

Tidak hanya kemudahan dalam memperoleh informasi dan memberikan informasi saja, dengan adanya sebuah situs website juga mampu meningkatkan branding sebuah organisasi atau pemerintahan. Maka dari itu, banyak pihak entah itu individu, pemerintah, industri swasta maupun organisasi memanfaatkan website untuk menghadirkan informasi terkini dengan salah satu tujuan untuk meningkatkan branding mereka.

Mengingat begitu besarnya manfaat dari perkembangan teknologi yang ada terutama dalam penggunaan website, maka sudah seharusnya pemerintah desa memanfaatkan teknologi tersebut untuk meningkatkan kualitas pelayanan dan berbagai aspek kehidupan masyarakatnya. Dengan memanfaatkan sebuah website diharapkan juga mampu mendukung kemajuan suatu desa.

Website Desa

Sebuah desa tentu saja memiliki beragam potensi dan aspek yang bisa dikembangkan agar masyarakatnya bisa terus berkembang dan maju dalam perekonomian. Dalam mewujudkan hal tersebut tentu saja haruslah didukung oleh pemerintah desa setempat. Memang sudah menjadi tugas dan andil pemerintah desa mengupayakan masyarakatnya bisa terus berinovasi dalam berbagai sisi baik itu pemberdayaan masyarakat, kinerja, ekonomi, hasil usaha dan lingkungannya. Dalam hal ini memanfaatkan teknologi merupakan salah satu cara dalam mempermudah kehidupan masyarakat tersebut.

Baca Juga : Macam-Macam Bahasa Pemrograman  

Tentu saja informasi mengenai perkembangan dan kegiatan desa sangat sayang sekali jika tidak di ekspose untuk diketahui masyarakat luas. Terlebih lagi setiap kegiatan dan potensi itu memanglah sangat patut untuk di apresiasi, maka membutuhkan wadah dalam menyebarkannya agar bisa diketahui oleh pemerintah pusat sekaligus.

Semakin luas penyebaran informasi terkait dengan keunggulan dan ragam aktivitas yang dilakukan oleh Desa tentu akan semakin dikenal oleh masyarakat luas. Website Desa menjadi wadah yang tepat dalam mengekspos setiap aktivitas dan perkembangan desa.

Website desa bisa dikatakan salah satu solusi dan pilihan tepat yang bisa diterapkan oleh pemerintah desa dalam mendukung dan meningkatkan kualitas layanan mereka. Melalui sebuah website tentu akan banyak sekali kemudahan dan manfaat di dalamnya, terutama dalam penyebaran informasi. Ketika kemudahan bagi masyarakat desa dalam memperoleh informasi tentu saja juga mendukung mereka lebih kreatif dan inovasi dalam mengembangkan potensi yang ada.

Tidak hanya itu saja, menggunakan website desa bisa juga dimanfaatkan sebagai media dalam melaksanakan pelayanan publik serta memanajemen informasi terkait desa dengan mudah. Sifat sebuah website yang bisa di akses secara online maka penduduk akan mudah sekali mengetahui informasi baik itu seputar berita desa, transparansi dana desa, info kegiatan desa, bantuan dan hal lainnya.

Ketika pemerintah desa membangun sebuah website dalam mendukung operasionalnya ia juga bisa bertujuan sebagai pelayanan publik resmi untuk masyarakat dan tentu saja dikelola oleh pemerintah desa setempat. Diharapkan dengan adanya website ini maka penyelenggaraan pelayanan publik bisa dilakukan lebih cepat dan mudah. Tidak hanya itu saja, kredibilitas desa juga lebih dipercaya serta mampu menimbulkan kesan profesional pemerintahan desa yang ada tersebut.

Sebagaimana sudah kita paparkan bahwa diantara fungsi adanya website desa ini adalah sebagai pelayanan publik, yaitu memudahkan dalam memberikan layanan kepada masyarakat. Nah, ragam pelayanan publik tentu saja bisa dicakup dalam website desa ini, diantaranya adalah :

  1. Pelayanan administrasi dan surat menyurat baik itu olah data maupun pembuatan dokumen
  2. Memudahkan dalam pengelolaan pengaduan masyarakat berupa formulir online, sms gateway atau media komunitas.
  3. Pengelolaan informasi
  4. Penyuluhan kepada masyarakat
  5. Berita terkini terkait suatu kejadian atau layanan pengumuman publik
  6. Laporan kegiatan Desa
  7. Menampilkan profil desa dan potensi desa
  8. Dan lain sebagainya.

Fitur-fitur Website Desa

Sebagai media yang digunakan oleh pemerintah desa untuk memudahkan dalam penyebaran informasi dan pelayanan publik tentu saja website ini memiliki ragam fitur atau menu yang mendukung itu semua. Setiap fitur yang ada bisa disesuaikan dengan kebutuhan, maka semakin lengkap fitur website yang tersedia maka layananpun akan semakin maksimal.

Baca Juga : Modus Kejahatan Dalam Teknologi Informasi

Adapun fitur pada website desa ini adalah :

  1. Profil Desa

Fitur utama yang ada pada website desa adalah bisa menampilkan profil desa secara lengkap sehingga ini menjadi media informasi dalam menampilkan profil desa tersebut. Profil ini bisa saja berupa jumlah penduduk, sejarah, kondisi desa, wilayah desa, pemerintahan yang menjabat dan hal lain sebagainya.

  1. Berita Desa

Fitur selanjutnya yang ada pada website ini adalah menampilkan berita terkait desa sehingga pemerintah bisa dengan mudah dan cepat menyebarkan informasi kepada masyarakat.

  1. Komunikasi / Layanan Chat Interaktif

Tidak hanya memudahkan dalam memberikan informasi terkini, pada website juga bisa sebagai wadah atau media memudahkan interaksi dengan masyarakat dengan adanya layanan chat interaktif.

  1. Galeri Desa

Fitur selanjutnya adalah adanya Galeri Desa, dimana admin atau operator bisa mengupload setiap bukti kegiatan atau kondisi desa baik berupa foto maupun video. Tidak hanya itu saja, pada fitur ini juga bisa mengupload, Peta wilayah desa, kegiatan kerja bakti, rapat pemerintah, dan lain-lain.

  1. StatistikDesa

Fitur selanjutnya adalah menampilkan statistik desa, dimana dalam memberikan informasi statistik ini bisa menjadi salah satu kewajiban yang dipenuhi pemerintah desa terkait transparansi data kepada masyarakat.

Itulah beberapa fitur yang tersedia pada website desa ini, tentu saja semua fitur yang ada juga bisa disesuaikan dengan kebutuhan setiap desa. Setiap fitur merupakan solusi tepat untuk menjawab persoalan yang ada. Nah, mengingat banyaknya manfaat website desa ini semua keunggulan dan manfaat tersebut bisa didapatkan dari Garuda Cyber.

Garuda Cyber merupakan perusahaan IT yang terkemuka serta profesional dan telah memiliki banyak pengalaman dalam mengembangkan berbagai software dan pembuatan website. Dalam meningkatkan kualitas layanan desa, Garuda Cyber tidak hanya menyediakan jasa pembuatan website saja namun juga pembuatan aplikasi tepat guna dalam meningkatkan kualitas dan mutu layanan pemerintahan desa.

Memanfaatkan teknologi digital dalam mendukung operasional dan aktivitas kerja tentu saja akan memudahkan semua pihak yang terlibat di dalamnya. Selain itu kualitas dan citra pemerintahan akan terus terbangun dan semakin baik entah itu di mata pihak internal maupun eksternal. Sistem digital yang tepat dan mumpuni merupakan solusi terbaik agar terus bisa meningkatkan mutu di era modern saat ini.

 

#GarudaCyber23Maret


Sukai/Like Fan Page Facebook Garuda Cyber Indonesia
Subscribe Channel Youtube Garuda Cyber Indonesia
Follow Instagram Garuda Cyber Indonesia
Chat Wa

Signup for Newsletter

Langganan Newsletter dari Garuda Cyber untuk mendapatkan informasi terupdate dari Garuda Cyber Indonesia