WhatsApp-Button
Jual Aplikasi Pasar Digital (Marketplace) Desa

Jual Aplikasi Pasar Digital (Marketplace) Desa

  2021-03-18 16:13:41     Ulti Desi Arni     Dibaca 181 kali

Jual Aplikasi Pasar Digital (Marketplace) Desa - 0761-6704399 / 0811-767-4727

Seiring dengan perkembangan zaman yang semakin modern, beragam kemudahanpun ditawarkan untuk para penggunanya. Dimana perkembangan teknologi informasi yang ada seakan hampir memberikan solusi untuk semua para penggunanya, termasuk dalam transaksi. Dimana banyak sekali orang beralih memilih berbelanja secara online, dan ini juga menjadi peluang besar untuk para penjual dimana mereka tidak harus menyewa toko lagi untuk memasarkan dagangannya.

Diantara bukti perkembangan dari teknologi digital yang ada saat ini, keberadaan marketplace banyak menjadi pilihan oleh masyarakat dalam bertransaksi. Melalui pasar digital ini setiap orang bisa berbelanja secara online untuk kebutuhan mereka meskipun barang tersebut berada jauh di luar negeri. Tidak heran jika beragam marketpalcepun banyak sekali bermunculan seiring dengan perkembangan teknologi tersebut, karena banyak sekali kemudahan yang ditawarkannya.

Ragam manfaat dirasakan masyarakat dengan adanya marketplace, cukup dengan satu klik seseorang bisa bertransaksi dengan mudah. Tidak hanya memudahkan pembeli, sebagai penjualpun tidak harus membongkar lapaknya karena setelah pembeli melakukan transaksi penjual tinggal mengirimkan barang yang dijualnya.

Tren pasar digital di era globalisasi dan modern ini merupakan hal yang banyak diminati. Para pelaku bisnispun banyak yang memanfaatkan peluang dengan berjualan online. Terbukti banyak sekali jenis barang, produk atau layanan kini di pasarkan secara online. Adanya pasar digital tentu memberikan banyak manfaat untuk para penggunanya, entah sebagai penjual maupun pembeli.

Aplikasi Pasar Digital Desa (Marketplace)

Mengingat begitu besarnya manfaat dari adanya pasar digital ini, hal ini tentu saja sangat bermanfaat sekali jika pemerintahan desa mengembangkan potensi yang dimiliki oleh masyarakatnya. Potensi dan kompetensi yang dimiliki oleh masyarakat desa tentu saja berpeluang untuk terus diberdayakan agar perekonomian terus meningkat. Salah satu cara atau langkah yang bisa dilakukan dalam meningkatkan kualitas perekonomian bisa dengan membantu memasarkan setiap produk atau jasa yang dimiliki oleh masyarakat seperti menggunakan Aplikasi Marketplace.

Baca Juga : Manfaat Belajar Komputer di Sekolah

Tentu saja masyarakat pada setiap desa atau lurah memiliki potensi dalam bidang perdangangan atau menjualkan hasil tani mereka. Ketika dipasarkan secara online, maka itu akan mencakup atau mencapai target pasar yang lebih luas. Bekerja sama dengan Badan Usaha Milik Desa, Pemerintah desa bisa meningkatkan kualitas perekonomian masyarakatnya dengan memasarkan produk atau hasil keahlian yang dimiliki masyarakatnya.

Sebagaimana kita tahu bahwa keberadaan marketplace saat ini begitu banyak sekali memberikan kemudahan, dan berpeluang dalam menjangkau pasar lebih luas. Selain bisa meningkatkan perkenomian, tentu saja hal ini juga bisa membantu dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Nah, aplikasi yang sangat tepat untuk digunakan oleh desa dalam mendukung usaha dan potensi miliki desa yaitu Aplikasi Pasar Digital (Marketplace) dari Garuda Cyber.

Pada aplikasi ini semua masyarakat boleh memasarkan produk atau jasa yang akan ditawarkannya, dan tentu saja memiliki jangkauan luas yaitu seluruh indonesia dan tidak menutup kemungkinan juga hingga dunia. Persyaratan untuk bisa memasarkan produk sangat mudah, yaitu terdaftar ke dalam aplikasi sedangkan pembeli nantinya tidak harus terdaftar. Sebagai bentuk upaya agar aplikasi berjalan sebagaimana mestinya dan mencapai apa yang diharapkan maka sebagai Admin bisa saja oleh BUMDES.

Aplikasi ini merupakan miliki desa dalam mendukung usaha masyarakat dan dikelola oleh BUMDES. Setiap masyarakat yang ada di desa tersebut boleh mendaftarkan usaha atau produknya untuk dijualkan melalui aplikasi ini.

Keunggulan

  1. Marketplace melibatkan peran aktif Badan Usaha Milik Desa (BUMDES) / Badan Usaha Milik Kelurahan (BUMK)
  2. Cakupan Luas, Proses jual, beli dan promosi yang dapat di beli secara nasional
  3. Berbasis Mobile Jaminan kemudahan penggunaan
  4. Promosi UMKM Wadah untuk pemberdayaan ekonomi desa / kelurahan

Fitur Aplikasi Pasar Digital Desa (Marketplace)

Beragam fitur tersedia pada Aplikasi Pasar Digital (Marketplace) dari Garuda Cyber ini untuk mendukung kemudahan masyarakat desa dalam mengembangkan perekenomiannya. Sebelum kita melihat ragam fitur, terlebih dahulu sistem ini terbagi menjadi 3 hak akses yaitu admin, penjual dan pembeli.

  1. Admin

Admin merupakan ia yang memiliki hak akses penuh terhadap aplikasi dan ia mengelola kelancaran aplikasi, disini desa bisa memilih BUMDES sebagai admin yang mengontrol. Admin akan memverifikasi data yang mendaftar sebagai penjual pada aplikasi. Admin juga akan menambahkan kategori dan hal lainnya.

  1. Penjual

Selain akses admin, penjual juga harus mendaftar dan login ke dalam aplikasi untuk bisa mengupload produknya.

  1. Pembeli

Sebagai pembeli tidak harus mendaftar ke dalam aplikasi dan ia bisa mengakses dan melakukan pembelian sesuai kebutuhan. Hanya saja jika ingin mendapatkan kelebihan dan diskon lebih baik mendaftarkan diri.

Baca Juga : Sejarah Penemuan Internet

Nah, selain 3 hak akses tersebut diantara fitur yang ada pada Aplikasi Pasar Digital Desa ini adalah :

  • Manajemen Data User
  • Manajemen Kategori
  • Manajemen Produk
  • Manajemen Transaksi
  • Grafik penjualan per user
  • Laporan lengkap
  • Dan lain sebagainya

Banyak fitur yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan desa dalam mendukung marketplace ini, dan tentu saja bisa di custom bersama tim handal Garuda Cyber. Selain beragam fitur, aplikasi ini juga memiliki manfaat atau kelebihan yaitu :

Manfaat atau Kelebihan Aplikasi Pasar Digital Desa (Marketplace)

  1. Produk lokal dipasarkan secara nasional sehingga meningkatkan nilai perekonomian masyarakat
  2. Produktivitas masyarakat dan perekonomian bisa meningkat
  3. Kompetensi sumber daya alam pada desa dapat dioptimalkan dan menghasilkan
  4. Meningkatkan kesejahteraan masyarakat desa
  5. Jangkauan lebih luas
  6. Proses transaksi lebih cepat

 

 #GarudaCyber23Maret


Sukai/Like Fan Page Facebook Garuda Cyber Indonesia
Subscribe Channel Youtube Garuda Cyber Indonesia
Follow Instagram Garuda Cyber Indonesia
Chat Wa

Signup for Newsletter

Langganan Newsletter dari Garuda Cyber untuk mendapatkan informasi terupdate dari Garuda Cyber Indonesia