WhatsApp-Button
Jual Aplikasi Layanan Pengaduan Desa

Jual Aplikasi Layanan Pengaduan Desa

  2021-03-16 14:21:51     Ulti Desi Arni     Dibaca 146 kali

Jual Aplikasi Layanan Pengaduan Desa - 0761-6704399 / 0811-767-4727

Fasilitas, layanan, kenyamanan dan keamanan pada sebuah desa tentu juga merupakan tugas terpenting yang mesti diperhatikan bagi pemerintah desa. Dimana setiap penduduk di desa layak menikmati serta merasakan aman dan nyaman tinggal di desa tersebut. Infrastruktur yang memadai seperti jalan, pasar dan hal lainnya tentu juga harus diperhatikan bagi kepala desa demi kenyamanan dan keamanan penduduknya.

Bisa kita katakan desa merupakan badan penyelenggara negara yang bergerak dalam pelayanan publik yang cukup harus diperhatikan. Sebab pada tingkat desalah nanti data terkait penduduk bermula dan bisa sampai tingkat nasional. Begitu juga hal dalam pembangunan jalan, atau lainnya. Tahapan awal warga harus mengadukan kepada kepala desa/lurah untuk ditindaklanjuti.

Keamanan dan kenyamanan disini tidak hanya sebatas infrastruktur lengkap saja, tapi juga aman dari adanya bencana dan kriminalitas. Jika selama ini kita beranggapan bahwa aktivitas dan layanan desa hanya sebatas administrasi atau surat menyurat saja, tapi pada dasarnya dan seharusnya lebih dari itu. Pemerintah desa juga harus menyalurkan bantuan dan dana untuk kebutuhan rakyatnya secara tepat sasaran.

Selain melayani administrasi atau kepengurusan surat menyurat kebutuhan penduduk, pemerintah desa juga harus tanggap dan sigap melayani pengaduan masyarakat. Pengaduan ini bisa saja berupa kerusakan infrastruktur, pengaduan kriminal, ketidaknyamanan layanan dari pejabat desa, kerusakan jalan atau lampu dan hal lainnya.

Pengaduan yang dilakukan oleh masyarakat seharusnya ditampung baik oleh kepala desa untuk berbenah diri lagi dan mendukung kemajuan desanya. Pengaduan ini cukup penting dalam menunjang kemajuan dan kesejahteraan desa, hanya saja dalam pelaksanaannya terkadang sulit dilakukan dengan berbagai alasan. Misalnya warga enggan mengadu ditakutkan identitasnya atau persoalan lainnya.

Selain itu, jika sudah melakukan pengaduan terkadang pihak desa keteteran menjalankan semuanya karena sifatnya yang masih manual dalam proses dan pelaksanaannya. Kita bayangkan saja berapa banyak aktivitas dan operasional yang terjadi di desa, dan jika menghandalkan cara manual tentu sangat tidak efektif.

Saat ini teknologi informasi dan komunikasi terus mengalami perkembangan semakin pesat dan maju, dimana seiring perkembangan tersebut terus menawarkan beragam kemudahan untuk penggunanya. Banyak sekali industri kerja atau instansi memanfaatkan teknologi dalam mendukung aktivitasnya, salah satunya juga sepatutnya diterapkan pada pemerintahan desa.

Saat ini telah hadir aplikasi yang cukup mumpuni dalam mendukung layanan pengaduan desa secara digital yaitu dengan Aplikasi Pengaduan Desa. Dimana masyarakat bisa melakukan pengaduan terkait keluhan atau hal lainnya secara mudah tanpa harus datang ke kantor desa/lurah.

Banyak sekali manfaat dan kemudahan ketika sebuah instansi menerapkan sistem digital dalam mendukung aktivitasnya. Tidak hanya bisa diakses secara cepat tanpa batasan ruang dan waktu, namun juga bisa meningkatkan kualitas layanan. Ketika pengaduan ini diproses secara digital, kepala desa/lurah bisa mendapatkan informasi terkait secara cepat dan mudah sehingga juga bisa memberikannya ke bagian terkait agar mendapatkan solusi secara cepat pula.

Ketika sebuah sistem pelayanan pada pemerintahan bisa berlangsung lebih cepat, maka kesan profesionalpun akan tumbuh di mata masyarakat. Mengingat kita berada di era digital saat ini, maka sudah selayaknya sistem pemerintahan beralih dari cara konvensional menuju digitalisasi.

Aplikasi Layanan Pengaduan Desa

Pada Aplikasi pengaduan desa mendukung layanan pengaduan secara online, dimana penduduk bisa melakukan pengaduan secara online dari mana saja dan kapan saja. Kesejahteraan tingkat desa tentu saja merupakan tanggung jawab pemerintah desa juga, dimana kepala desa juga harus memperhatikan keamanan dan kenyamanan warganya. Baik keamanan dari kejahatan atau kenyamanan karena fasilitas ataupun kondisi lingkungan yang ada.

Maka dari itu dengan adanya Aplikasi Layanan Pengaduan yang terintegrasi dalam Aplikasi Desa ini akan memudahkan masyarakat dalam mengirim segala jenis pengaduan. Semua pengaduan tersebut juga mudah dilihat oleh Kepala Desa/Lurah dan selanjutnya Kades/Luar mendisposisikan aduan ke bidang yang bersangkutan agar ditindaklanjuti. Terkait informasi pengaduan ini di akses langsung oleh Kades/Lurah sehingga data atau identitas yang mengadu hanya diketahui oleh Kades/Lurah saja.

Adapun ragam layanan pengaduan yang dapat diajukan ke dalam sistem adalah :

  • Layanan pengaduan sampah
  • Pengaduan Kebakaran
  • Pengaduan Kriminal
  • Pengaduan Jalan Rusak
  • Pengaduan Banjir
  • Pengaduan Kerusakan Lampu Jalan
  • Pengaduan Pohon Tumbang
  • Pengaduan Umum
  • Dll

Manfaat Aplikasi

Dengan ragam jenis pelayanan yang tersedia tentu semua tidak terlepas dari fitur yang mumpuni dan mudah di akses baik bagi pihak desa ataupun masyarakat. Ketika pengaduan terkait keamanan dan infrastruktur bisa tepat sasaran dan diatasi secara cepat, tentu ini akan sangat mendukung sekali demi kemajuan masyarakat desa.

Ada banyak sekali manfaat akan dirasakan dengan adanya aplikasi ini, diantara manfaat tersebut adalah :

  1. Bisa diakses kapan saja dan dimana saja sehingga pengaduan bisa dilakukan tanpa ada batasan ruang dan waktu.
  2. Kepala desa/lurah bisa melihat secara cepat pengaduan sehingga mengetahui kondisi lapangan secara realtime
  3. Memudahkan dalam pengambilan keputusan terkait pengaduan yang ada
  4. Meningkatkan kualitas pelayanan
  5. Memudahkan pemberian informasi dan instruksi secara global

Itulah beberapa manfaat dari adanya aplikasi layanan pengaduan desa yang ada pada Garuda Cyber. Tentu saja akan ada banyak manfaat lainnya dapat dirasakan langsung jika desa sudah menerapkan aplikasi yang tepat guna ini.

Sebagai layanan publik sudah sepantasnya pemerintahan baik itu di Desa/Lurah menggunakan teknologi di dalam mendukung aktivitas pekerjaanya. Dengan menerapkan teknologi tentu saya meningkatkan kualitas layanan dan mutu operasional, sehingga kesan di mata masyarakat juga lebih profesional dan semua lebih transparan.

 

#GarudaCyber23Maret


Sukai/Like Fan Page Facebook Garuda Cyber Indonesia
Subscribe Channel Youtube Garuda Cyber Indonesia
Follow Instagram Garuda Cyber Indonesia
Chat Wa

Signup for Newsletter

Langganan Newsletter dari Garuda Cyber untuk mendapatkan informasi terupdate dari Garuda Cyber Indonesia