WhatsApp-Button
Jual Sistem Perpustakaan Sekolah (Smart School)

Jual Sistem Perpustakaan Sekolah (Smart School)

  2021-03-04 16:45:12     Ulti Desi Arni     Dibaca 239 kali

Jual Sistem Perpustakaan Sekolah (Smart School)  - 0761-6704399 / 0811-767-4727

Pada sebuah institusi pendidikan apapun baik itu perguruan tinggi atau sekolah tentu saja harus memiliki perpustakaan dalam mendukung pembelajarannya. Pasalnya perpustakaan ini adalah bagian penting yang menjadi jendala dunia bagi peserta didik. Disini mereka bisa menemukan beragam pengetahuan, karena itulah keberadaan perpustakaan menjadi wajib bagi setiap institusi pendidikan.

Pada perpustakaan tersedia buku yang mendukung dalam meningkatkan pengetahuan peserta didik, baik itu buku berkaitan dengan pelajaran ataupun pengetahuan lainnya. Pentingnya buku ini bahkan pemerintahpun telah mengantur gerakan literasi dalam kurikulum pendidikan.

Kita bisa bayangkan ada banyak transaksi yang terjadi pada perpustakaan sekolah, mulai dari pengelolaan koleksi buku, peminjaman, pengembalian, perhitungan denda hingga pembuatan laporan setiap periodenya. Jika semua proses atau transaksi tersebut hanya menghandalkan cara manual alias mencatat pada buku atau kertas saja tentu akan sangat rentan sekali dan juga tidak efektif.

Ketika ada yang hendak meminjam sebuah buku mereka harus mencari satu per satu pada rak buku, setelah itu petugas mencatat pada buku catatan untuk transaksi tersebut dan ini membutuhkan waktu relatif lama. Selain itu, ketika ada yang mengalami keterlambatan dalam pengembalian harus menghitung denda secara manual.

Mengingat saat ini kita berada di era digital, maka cara manual tentu tidak mumpuni lagi sebab kemajuan teknologi informasi dan komunikasi telah menawarkan banyak kemudahan dalam mendukung setiap aktivitas yang ada. Diantara kemudahan yang ditawarkan oleh kemajuan teknologi tersebut adalah adanya sistem informasi untuk membantu institusi pendidikan. Tidak hanya institusi pendidikan sebenarnya, sudah banyak sekali industri dan instansi lainnya memanfaatkan sistem informasi untuk mendukung pekerjaan mereka.

Baca Juga : Jual Sistem Manajemen Asset (Inventaris) Kampus

Nah, sistem informasi yang tepat dalam membantu manajemen atau mengelola data dan transaksi perpustakaan ini adalah menggunakan Sistem Perpustakaan Sekolah dari Smart School. Dimana Sistem Perpustakaan Sekolah ini adalah salah satu sistem yang saling terintegrasi dalan Smart School. Tentu saja akan banyak sekali kemudahan yang akan dirasakan oleh pihak sekolah, petugas perpustakaan dan setiap yang terlibat dengan adanya sistem ini.

Proses transaksi akan berjalan lebih cepat dibandingkan dengan cara manual, selain itu ini juga akan lebih menghemat biaya dan waktu. Seperti hemat dalam penggunaan kertas dan waktu ketika proses pencarian dan pencatatan transaksi.

Selain itu Sistem Perpustakaan Sekolah tentu akan jauh lebih efektif dan efisien dibandingkan cara manual. Tidak hanya memudahkan dalam transaksi saja, namun juga bisa meningkatkan kredibilitas sekolah. Dengan adanya sistem digital akan meningkatkan mutu dan layanan sebuah perpustakaan dan ini secara langsung juga membuat sekolah terlihat lebih profesional.

Fitur-fitur Sistem Perpustakaan Sekolah

Fitur merupakan bagian yang terpenting yang harus dimiliki oleh sebuah sistem agar bisa berjalan sebagai mestinya untuk menjadi solusi para penggunannya. Sebuah aplikasi yang bagus tentu tidak terlepas dari yang namanya fitur yang lengkap. Semakin lengkap fitur yang disediakan oleh aplikasi tersebut maka semakin bagus dan memenuhilah ia dalam menjadi solusi untuk user atau para pengguna.

Begitu juga dengan Sistem Perpustakaan Sekolah ini yang menjadi solusi terbaik dalam manajemen perpustakaan di sekolah, tentu saja dilengkapi dengan fitur yang tepat. Ada beberapa fitur yang tersedia, dan semua fitur itu adalah solusi untuk manajemen dan mengelola data perpustakaan sebuah sekolah agar berjalan baik. Adapun fitur-fitur atau menu dari Sistem Perpustakaan Sekolah dalam Smart School ini diantaranya :

  1. Manajemen Buku

Sebuah perpustakaan tentu saja diidentik dengan buku, dan bisa kita bayangkan berapa banyak koleksi buku yang ada pada sebuah perpustakaan baik itu perpustakaan umum maupun perpustakaan sekolah. Keberadaan buku pada sebuah sekolah tentu saja terdiri dari beberapa tingkatan atau kelas, serta beberapa mata pelajaran, pengarang dan kriteria lainnya.

Jika buku ini tidak dimanajemen atau dikelola secara baik tentu akan sangat berantakan dan tidak tepat sasaran. Terlebih lagi ketika proses pencarian buku membutuhkan waktu lama, maka dari itu Sistem Perpustakaan Sekolah ini memudahkan dalam manajemen buku. Semua data berkaitan buku tersimpan di dalam database dan memudahkan ketika hendak menemukan koleksi buku, baik dari segi judul, pengarang, penerbit hingga menampilkan stock buku.

  1. Manajemen Anggota Perpustakaan

Data anggota yang terdaftar di perpustakaan tentu saja harus dimanajemen secara baik agar memudahkan dalam mencatat ketika ada yang melakukan peminjaman atau kunjungan. Karena itulah sistem ini menyediakan kemudahan dalam memanajemen data anggota.

  1. Manajemen Rak Penyimpanan

Sebagaimana kita tahu bahwa di perpustakaan tentu saja banyak sekali rak-rak yang berisi buku-buku tersebut. Nah, dengan adanya sistem ini setiap buku akan termanajemen berdasarkan rak. Fitur manajemen rak penyimpanan akan memudahkan pihak perpustakaan dalam mengelola atau penempatan buku serta peserta atau anggota juga mudah dalam pencarian.

  1. Pembuatan Barcode Buku

Sistem Perpustakaan Sekolah dalam Smart School ini menyediakan fitur untuk memudahkan dalam pencetakan atau pembuatan barcode. Apabila buku yang ada ingin diberi kode khusus tanda sekolah, maka ini sangat membantu sekali untuk hal tersebut.

Baca Juga : Macam - Macam Algoritma Kecerdasan Buatan

  1. Transaksi Peminjaman & Pengembalian Buku

Dalam proses transaksinya pada sebuah perpustakaan tentu saja ada peminjaman dan pengembalian buku oleh anggota. Setiap peminjaman dan pengembalian haruslah dicatat secara baik agar buku tidak hilang atau rusak. Nah, dengan Sistem Perpustakaan Sekolah ini menyediakan fitur untuk mencatat setia peminjaman dan pengembalian buku. Peminjaman tersebut dicatat sesuai nama anggota peminjam serta tanggal pinjam dan pengembalian. Sehingganya petugas bisa dengan mudah melihat laporan jika dibutuhkan nantinya.

  1. Penghitungan Denda Otomatis

Agar proses peminjaman dan pengembalian buku ini disiplin dan tepat waktu maka pihak sekolah biasanya memberikan dispensasi berupa denda jika ada yang terlambat dalam pengembalian. Nah, sistem ini bisa menghitung jumlah denda secara otomatis.

  1. Pencetakan Kartu Anggota Perpustakaan

Untuk bisa mendapatkan akses peminjaman buku, tentu harus memiliki kartu anggota perpustakaan. Karena itu sistem ini mendukung pencetakan kartu anggota yang sudah mendaftar.

  1. Pencarian buku & jurnal pada OPAC

Pada Sistem Perpustakaan Sekolah menyediakan fitur pencarian cepat dan mudah, sehingga cukup memasukan kata kunci maka sistem akan menampilkan posisi buku hingga ketersediaan buku tersebut.

  1. Integrasi Sistem Akademik

Fitur lainnya yang ditawarkan dalam Sistem Perpustakaan Sekolah ini adalah sudah terintegrasi dengan Sistem Akademik sehingga siswa yang berada di lingkungan sekolah bisa otomatis menjadi anggota perpustakaan tanpa harus menginputkan data ulang.

  1. Laporan Lengkap

Pada Sistem Perpustakaan Sekolah ini menyediakan fitur untuk mencetak laporan secara lengkap, sehingga pimpinan yang ingin melihat laporan baik itu peminjaman, pengembalian, koleksi dan hal lainnya bisa dilakukan dengan mudah. Sebuah laporan yang lengkap serta bisa disajikan secara cepat tentu saja akan dapat menjadi pertimbangan dalam pengambilan keputusan di masa akan datang.

  1. Buku Tamu Online

Fitur berikutnya yang ditawarkan oleh Sistem Perpustakaan Sekolah ini adalah buku tamu online, dimana sistem ini bisa mencatat pengunjung perpustakaan secara online.

 

#GarudaCyber23Maret


Sukai/Like Fan Page Facebook Garuda Cyber Indonesia
Subscribe Channel Youtube Garuda Cyber Indonesia
Follow Instagram Garuda Cyber Indonesia
Chat Wa

Signup for Newsletter

Langganan Newsletter dari Garuda Cyber untuk mendapatkan informasi terupdate dari Garuda Cyber Indonesia