Peranan Penting Sistem Informasi Dalam Perusahaan

Dengan bertumbuhnya tingkat persaingan di lingkungan global, maka terdapat beberapa tekanan bagi banyak organisasi bisnis atau perusahaan untuk membuat kegiatan operasi dan strategi yang lebih efektif dan efisien. Sistem informasi adalah seperangkat alat yang dapat meningkatkan daya saing dan mendapatkan informasi yang lebih baik untuk pengambilan keputusan. Oleh karena itu, banyak organisasi bisnis memutuskan untuk mengimplementasikan sistem informasi dengan tujuan untuk meningkatkan efektivitas dan efisiensi perusahaan. Selain itu, penerapan sistem informasi manajemen memberikan pengaruh dalam sebuah organisasi bisnis, dan pengaruh ini berhubungan dengan proses bisnis perusahaan.

Sistem merupakan sarana yang bisa dijadikan acuan untuk mengelola suatu kinerja tertentu. Yaitu sistem tentang bagaimana sebuah perusahaan bisa dijalankan dengan baik. Informasi pada perusahan sangat penting sekali, karena merupakan bagian dari kelancaran kinerja perusahaan, dengan adanya informasi, perusahaan akan berkembang dengan cepat dan terus maju oleh adanya perbaikan kinerja seiring berkembangnya informasi yang didapat oleh perusahaan tersebut.

Oleh karena itu, Sistem Informasi pada sebuah perusahaan memiliki peranan penting dalam kemajuan perusahaan dan merupakan bagian yang tidak boleh diabaikan. Kesadaran atas pentingnya manajemen merupakan hal mendorong majunya perusahaan. Semakin maju perusahaan berarti semakin maju pula sistem informasi yang digunakan perusahaan tersebut. Bagi perusahaan yang belum sadar akan hal ini, tentu saja akan membuat persuhaan tersebut ketinggalan jauh dari perusahaan-perusahaan saingannya. Peranan penting sistem informasi ini merupakan dasar yang tidak boleh diabaikan oleh organisasi bisnis manapun.

Adapaun peranan-peranan Sistem informasi bagi perusahaan adalah sebagai berikut:

  1. Dapat mengelola data informasi perusahaan dengan baik, cepat dan akurat.
  2. Menghindari kesalahan fatal akibat kelalaian yang dilakukan pada kegiatan manual.
  3. Kemudahan manajemen perusahaan baik dari segi waktu, kemudahan dan keefektifan.
  4. Perusahaan akan lebih peka dengan adanya kekeliruan, dan kelengkapan informasi data pada perjalanan bisnis perusahaan. Sehingga segala upaya untuk perbaikan dan evaluasi bisa segera dilakukan.
  5. Mengendalikan kinerja bisnis supaya lebih cepat dengan pendayagunaan waktu yang efektif dan maksimal.
  6. Dapat mengungguli persaingan pasar.
  7. Mulai dari akuntansi sampai dengan penelusuran pesanan pelanggan, sistem informasi menyediakan dukungan bagi manajemen dalam operasi kegiatan bisnis sehari-hari. karena tanggapan yang cepat, sehingga dapat mengumpulkan dan mengintegrasikan informasi ke berbagai jajaran organisasi bisnis.

Jika sistem informasi diterapkan dengan benar pada sebuah perusahaan, maka akan memiliki efek dan manfaat masing-masing sesuai dengan sistem yang diterapkan. Karena hal inilah yang membuat perusahaan yang menerapkannya lebih maju daripada organisasi bisnis atau perusahaan lainnya dari segala bidang, karena dengan penerapan sistem informasi pada sebuah perusahaan sangat berguna untuk menunjang kinerja perusahaan menjadi jauh lebih baik.

Penulis Nilna Bilmarhamah

#garudacyber11januari

Sukai/Like Fan Page Facebook Garuda Cyber Indonesia

Subscribe Channel Youtube Garuda Cyber Indonesia

Follow Instagram Garuda Cyber Indonesia

Chat Wa

Artikel Terpopuler

Definisi Struktur Kontrol Perulangan Dalam Pemrograman Dan Contohnya

Pada dasarnya perulangan pada pemrograman yang sama dengan perulangan bahasa pemrograman lainnya. Struktur kontrol perulangan yang dipakai memilki suatu fungsi dari program yang akan dijalankan secara berulang. Contohnya anda ingin membuat tampilan nama anda sebanyak 100 kali, tentu akan sangat lama jika anda menuliskan kode program secara dengan manual. Dengan struktur kontrol perulangan bisa menampilkan dengan nama sebanyak 100 kali...