WhatsApp-Button
Jual Sistem Akademik Sekolah (Smart School)

Jual Sistem Akademik Sekolah (Smart School)

  2021-03-02 17:15:54     Ulti Desi Arni     Dibaca 586 kali

Jual Sistem Akademik Sekolah - 0761-6704399 / 0811-767-4727

Sekolah merupakan salah satu institusi pendidikan yang memang harus mendapatkan perhatian khusus, sebab banyak sekali aktivitas yang terjadi di dalamnya. Apalagi sekolah ini memiliki tujuan untuk mendukung dalam mencerdaskan anak bangsa serta merubah kualitas pendidikan yang ada di Indonesia. Tidak hanya berkaitan dengan siswa saja yang harus diperhatikan, namun semua orang yang berinteraksi di dalamnya haruslah diperhatikan secara baik agar kualitas dan mutu bisa terus ditingkatkan.

Banyaknya ragam aktivitas yang terjadi di sekolah ini tentu saja harus menjadi perhatian khusus. Terlebih lagi sebuah pelayanan yang baik serta kualitas mutu yang baik juga merupakan bagian penting harus terus di perhatikan, dan salah satu manajemen yang menjadi perhatian khusus adalah berkaitan dengan akademik.

Banyak sekali hal yang berkaitan dengan akademik pada sekolah ini, entah itu manajemen data siswa, guru, nilai, dan lain sebagainya. Semua itu haruslah terkelola secara baik dan tepat agar menghasilkan data yang baik pula. Nah, jika sekolah masih menggunakan cara manual dalam hal ini, tentu saja ini sangat tidak efektif terlebih lagi saat berada di era digital ini.

Ketika berada di zaman modern saat ini, kemajuan teknologi informasi dan komunikasi terus berkembang menawarkan ragam kemudahan. Hal ini menyebabkan banyak sekali lembaga atau institusi memanfaatkan teknologi untuk mendukung pekerjaan mereka. Hal serupa tentu saja sudah seharusnya diterapkan oleh sebuah sekolah dalam mendukung manajemen yang baik.

Baca Juga : 

Sejarah Mobil Listrik

Bisa kita bayangkan berapa ribet dan sulitnya data berkaitan dengan akademik, dan ini merupakan hal yang harus menjadi perhatian khusus. Maka dari itu sudah sepantasnya setiap sekolah beralih meninggalkan cara manual atau konvensional ke sistem yang sudah terintegrasi seperti Smart School. Dimana Smart School ini terdapat banyak sistem atau aplikasi yang saling terintegrasi sehingga banyak sekali memberikan kemudahan dan manfaat untuk sekolah.

Salah satu sistem yang terdapat di dalam Smart School ini adalah Sistem Akademik Sekolah, dimana sistem ini akan memudahkan dan membantu sekolah dalam manajemen data akademik mereka. Dengan adanya sistem digitalisasi dan terintegrasi tentu saja tidak hanya saja memudahkan sekolah saja, namun untuk semua civitas akademika yang terlibat. Selain itu, sistem terintegrasi dan digital juga bisa meningkatkan citra, mutu dan kualitas layanan. Sehingga sekolahpun akan terkesan profesional baik di mata pihak internal maupun eksternal.

Tentu saja ada banyak sekali kemudahan dan manfaat yang akan di rasakan ketika menggunakan Sistem Akademik Sekolah. Selain menghemat waktu alias pekerjaan bisa relatif lebih cepat, juga bisa menghemat anggaran. Seperti menghemat penggunaan kertas, hingga lemari kabinet untuk penyimpanan, dan paling penting menghemat ruangan.

Fitur-fitur Sistem Akademik Sekolah

Ada banyak sekali fitur yang tersedia di dalam Sistem Akademik Sekolah ini, dimana semua fitur tersebut bertujuan mendukung kebutuhan sekolah. Menggunakan sistem yang mumpuni dilengkapi dengan ragam fitur yang memenuhi tentu saja akan menjadi solusi tepat untuk setiap permasalahan yang ada. Salah satunya adalah pada Sistem Akademik Sekolah, setiap fitur merupakan bagian penting yang memberikan solusi.

Sebuah sistem atau aplikasi dikatakan berfungsi dan berjalan baik, tentu tidak terlepas dari fitur yang ada di dalamnya. Nah, diantara beberapa fitur pada Sistem Akademik Sekolah ini adalah :

  1. Dashboard

Tampilan pertama kali yang akan muncul ketika pengguna atau user login ke dalam aplikasi adalah menu dashboard. Dimana pada fitur ini tersedia berbagai informasi berkaitan tentang sistem atau informasi lainnya. Selain itu, di menu ini bisa juga menampilkan data singkat pengguna yang sedang login dan info-info update terbaru.

  1. Data Master

Fitur selanjutnya yang ada pada Sistem Akademik Sekolah ini adalah data master, dimana data master ini merupakan data acuan dari keseluruhan sistem.  Ketika adanya fitur data master ini maka semua kebutuhan akan sistem atau aplikasi bisa berjalan sebagaimana seharusnya. Keberadaan data master ini bisa dikatakan cukup penting dan juga data sumber untuk sebuah sistem.

  1. Manajemen User

Selanjutnya fitur yang cukup penting dan mumpuni pada sebuah aplikasi adalah manajemen user, dimana keberadaan fitur ini untuk mengatur siapa saja yang terlibat ke dalam sistem. Selain mengatur siapa aja yang terlibat, ia juga berfungsi mengatur hak akses setiap user alias batasan-batasan akses setiap user. Sehingganya keamanan data dan sistem akan tetap terjaga jika pengguna aplikasi diatur secara baik dan sedemikian rupa.

  1. Manajemen Data Siswa

Siswa merupakan salah satu user atau pengguna dari sistem, dan manajemen data siswa ini merupakan bagian yang sangat penting dan sulit. Pasalnya jumlah siswa tentu saja tidak sedikit, sehingga ada banyak data yang mesti dikelola. Menggunakan aplikasi ini manajemen untuk setiap data siswa baik itu perubahan nantinya, dan lain sebagainya bisa dilakukan dengan mudah karena di dukung oleh fitur ini.

Baca Juga : Media Sosial

  1. Manajemen Data Guru

Fitur selanjutnya adalah memudahkan dalam manajemen data guru, sebab data berkaitan tentang guru ini tentu saja cukup banyak. Selain itu, pada waktu tertentu data setiap guru tentu akan mengalami perubahan entah itu dari segi pendidikan, jumlah anak dan hingga jabatan. Maka dari itu dengan adanya fitur ini akan memudahkan dalam memanajemen data guru tersebut dalam waktu yang relatif cepat, bahkan sang guru juga bisa memperbaharui datanya secara langsung.

  1. Manajemen Data Mata Pelajaran

Mata pelajaran untuk tiap tingkatan di sekolah tentu saja berbeda-beda, sehingga butuh ketelitian dalam mengelolanya. Aplikasi ini mendukung memudahkan dalam memanajamen data mata pelajaran yang ada, bahkan jika ada perubahan kurikulum-pun akan sangat mudah dalam mengelola data tersebut.

  1. Manajemen Penjadwalan

Kesalahan yang sering sekali terjadi pada penjadwalan ini adalah guru dan jam mengajar bentrok, dan memang sulit sekali dalam menjadwalkan setiap pelajaran yang ada. Terlebih lagi jika nantinya ada guru yang mengajar lebih dari satu mata pelajaran dan tingkatan, maka itu akan menyulitkan dalam penjadwalan. Adanya fitur penjadwalan ini akan menghasilkan jadwal pelajaran secara otomatis dan mudah tanpa pusing jika ada yang bentrok nantinya.

  1. Manajemen Rombongan Belajar

Rombongan belajar juga merupakan hal yang mesti dimanajemen secara baik, sehingganya sistem ini menyediakan fitur yang memudahkan pihak sekolah memanajemen setiap rombel yang ada.

  1. Manajemen Nilai Siswa

Selain ragam fitur di atas Sistem Akademik Sekolah juga memudahkan dalam manajemen nilai siswa. Dimana guru bisa menginputkan nilai ke dalam sistem, dan siswapun bisa melihat hasil belajarnya secara mudah. Goal akhir dari adanya fitur manajemen nilai ini akan memudahkan dalam pencetakan rapor nantinya.

  1. Setting Semester & Tahun Ajaran

Fitur selanjutnya yang tersedia adalah untuk mengatur setting semester dan tahun ajaran, sehingga tidak akan adanya redundancy data nantinya.

  1. Manajemen Ruangan

Manajemen ruangan juga merupakan hal penting, terutama untuk menghindar penggunaan ruangan yang sama dalam waktu bersamaan seperti penggunaan lab dan lainnya. Dengan adanya sistem yang memudahkan dalam penggunaan ruangan, maka setiap kelas akan mendapatkan hak yang seharusnya.

  1. Laporan Lengkap

Laporan merupakan bagian terpenting dalam sebuah manajemen, dimana dengan adanya laporan yang lengkap akan sangat bermanfaat untuk mendukung dalam pengambilan keputusan di masa akan datang. Laporan lengkap juga bisa dijadikan acuan untuk kemajuan dalam manajemen agar menjadi lebih baik lagi.

  1. Penyesuaian data Dapodik, Simpatika, dll

Hal yang sering menjadi keluhan dan kesulitan bagi operator sekolah setiap periodenya adalah melaporkan data Dapodik, Simpatika atau data lainnya. Butuh kesabaran dan waktu yang lama, namun dengan adanya sistem ini maka akan memudahkan hal itu. Sebab Sistem Akademik Sekolah ini menyediakan fitur untuk penyesuaian data Dapodik, Simpatika dan lain sebagainya.

 

#GarudaCyber23Maret


Sukai/Like Fan Page Facebook Garuda Cyber Indonesia
Subscribe Channel Youtube Garuda Cyber Indonesia
Follow Instagram Garuda Cyber Indonesia
Chat Wa

Signup for Newsletter

Langganan Newsletter dari Garuda Cyber untuk mendapatkan informasi terupdate dari Garuda Cyber Indonesia