WhatsApp-Button
Skill Yang Harus Dimiliki Sebagai Admin Kantor

Skill Yang Harus Dimiliki Sebagai Admin Kantor

  2021-03-01 16:50:31     Ulti Desi Arni     Dibaca 282 kali

Admin kantor atau bisa disebut dengan Administrasi Perkantoran merupakan sebuah profesi yang umumnya dibutuhkan perusahaan yang bertugas untuk mengorganisir serta memastikan kegiatan yang bersifat administrasi atau ketatausahaan perusahaan agar berjalan dengan baik dan lancar.

Menjadi Administrasi Perkantoran akan membutuhkan beberapa keahlian yang perlu dipenuhi agar dapat mendukung pekerjaan. Jika anda berminat melamar pekerjaan di posisi ini, maka tonjolkanlah beberapa skill dibawah ini agar peluang diterimanya lebih besar. Jika merasa belum yakin dengan kemampuan yang dimiliki, anda dapat belajar atau mengikuti beberapa kursus online ataupun offline.

Sebelum kamu memutuskan untuk melamar diposisi ini, kamu juga perlu tahu Skill yang harus dimiliki sebagai admin kantor

  1. Memahami fungsi microsoft office

Sebagai seorang admin perkantoran, tugas salah satunya adalah mengorganisir dan memasukkan data-data perusahaan serta kamu juga wajib menguasai setidaknya dasar Microsoft office. Kamu juga perlu up to date sesuai dengan perkembangan teknologi agar dapat menyeimbangkan keterampilan keterampilan dengan teknologi sekarang ini, hal tersebut akan membuat kamu akrab dengan software dan tools kekinian.

Baca Juga : Kuy Jaga Kesehatan Dengan Tingkatkan Pelayanan Kesehatan

  1. Mampu dalam berkomunikasi yang baik

Admin kantor akan berinteraksi dengan banyak orang, seperti karyawan ataupun atasan. Agar dapat berkoordinasi dengan banyak orang, maka dibutuhkan keterampilan yang baik dan efektif dalam berkomunikasi agar pekerjaan menjadi semakin jelas dan terarah. Selain itu, kamu juga memiliki kemungkinan untuk berhadapan dengan klien untuk memastikan agenda perusahaan.

  1. Mampu mengaplikasikan software dan update teknologi

Tugas harus bisa melakukan rekap dan juga arsip data dan hal ini dapat dibantu dengan software yang umum digunakan, contohnya seperti Microsoft Word, Mocrosoft Excel, atau PowerPoint. Jika kamu berminat di posisi ini maka diperlukan keahlian mengoperasikan secara fasih untuk membantu menyelesaikan pekerjaan dengan cara yang efisien. Kamu juga tidak akan jauh dari website dan juga media sosial yang mengharuskan untuk tidak gagap dalam sesuatu yang update dan viral.

  1. Kemampuan dalam menulis

Tugas admin juga akan banyak berhadapan dengan kegiatan surat menyurat dan juga mencatat. Keahlian menulis ini juga dapat dipelajari dengan cara membaca, memperbanyak referensi kosa kata sehingga pesan yang telah kamu sampaikan dapat dibaca dan juga dipahami secara baik.

  1. Manajemen waktu yang baik

Keahlian yang seperti ini sebenarnya wajib dimiliki oleh siapapun karena dengan mengatur waktu yang baik maka akan meningkatkan efisien pekerjaan. Menjadi seorang admin memerlukan ketelitian dan kedisiplinan yang tinggi dalam mengatur waktu, karena perusahaan akan seringkali membutuhkan data dalam waktu yang singkat. Hal tersebut akan membuat kamu lebih teliti dan wajib menyusun skala prioritas untuk menentukan pekerjaan mana yang perlu diselesaikan terlebih dahulu.

  1. Memperhatikan detail dan juga ketelitian

Sebagai admin wajib perfeksionis dalam hal kerapian data, jika terjadi sedikit kesalahan maka akan berakibat fatal. Contoh, jika kamu seorang staff administrasi keuangan yang diberi tugas untuk menginput pengeluaran beban operasional, dan satu  angka yang luput dari ketelitian maka hal tersebut akan berimbas besar bagi kondisi keuangan perusahaan. Jika kesalahan tersebut terjadi secara berulang-ulang, maka hal ini akan mengancam posisi kamu sebagai karyawan.

Baca Juga : Sistem Informasi Perpustakaan Pada Produk G-Smart Campus GCI

  1. Teratur, teliti, dan teroganisir

Dalam mengumpulkan berbagai jenis data fisik dan juga elektronik, maka hal ini tentu tidak mudah. Dalam kemampuan ini akan memudahkan kamu untuk memilah serta mengurutkan data kebagian yang seharusnya. Maka hal tersebut juga akan memudahkan pihak yang lain pada saat membutuhkan data-data untuk kepentingan yang mendesak ataupun perilaku tinjauan ulang.

  1. Kualifikasi khusus

Kualifikasi khusus ini merupakan persyaratan jenis kelamin, usia, dan juga pendidikan terakhir. Biasanya sebuah kantor akan mencari pelamar dengan jenis kelamin perempuan, karena akan dihadapkan dengan kebutuhan administratif. Beberapa perusahaan juga membutuhkan pelamar dengan tingkat pendidikan yang tinggi. Tetapi, skill yang berkaitan dengan administrasi akan tetap menjadi indikator utama.

  1. Interpersonal dan team work

Interpersonal adalah kemampuan yang berinteraksi dengan karyawan lain secara personal. Seperti bagaimana seorang karyawan dapat menjaga hubungan baik dengan karyawan lain. Seseorang yang tidak memiliki interpersonal biasanya akan susah untuk diajak bekerja sama atau berkomunikasi, padahal admin kantor sedang membutuhkan kerjasama kelompok yang baik.

 

Penulis : Tria


Sukai/Like Fan Page Facebook Garuda Cyber Indonesia
Subscribe Channel Youtube Garuda Cyber Indonesia
Follow Instagram Garuda Cyber Indonesia
Chat Wa

Signup for Newsletter

Langganan Newsletter dari Garuda Cyber untuk mendapatkan informasi terupdate dari Garuda Cyber Indonesia