WhatsApp-Button
Jual Aplikasi OJS (Open Journal System) Kampus

Jual Aplikasi OJS (Open Journal System) Kampus

  2021-02-26 16:34:43     Ulti Desi Arni     Dibaca 318 kali

Jual Aplikasi OJS (Open Journal System) Kampus - 0761-6704399 / 0811-767-4727

Sebuah kampus atau perguruan tinggi tentu saja tidak terlepas dari yang namanya jurnal. Baik itu kebutuhan sebagai bahan referensi dalam melakukan penelitian atau reset maupun hasil penelitian tersebut diterbitkan dalam bentuk tulisan berupa jurnal. Jurnal tersebut adalah sebuah karya tulis ilmiah dimana disusun dengan tujuan untuk memperluas ilmu pengetahuan dengan melakukan penelitian agar bisa menemukan temuan baru.

Tulisan hasil penelitian berupa jurnal tersebut tentu saja akan sangat bermanfaat sekali untuk para peneliti berikutnya sebagai bahan rujukan atau referensi. Karena kita tahu bahwa referensi merupakan hal yang sangat penting dalam sebuah penelitian, dimana sebagai ilmuwan kita harus mengumpulkan banyak jurnal sebagai rujukan. Selain itu, dalam sebuah kampus dosen juga dituntut harus bisa menerbitkan jurnal yang merupakan bagian dari Beban Kerjanya sebagai dosen yaitu melakukan penelitian untuk mengembangkan pengetahuan yang dimilikinya.

Sebagian besar kampus biasanya banyak yang masih menggunakan cara manual atau konvensional dam memproses jurnal atau hasil riset yang ada di lingkungan kampus mereka. Pada di era digital saat ini, teknologi memberikan ragam kemudahan. Jika hanya cara konvensional yang hanya diterbitkan secara cetak tentu saja tidak bisa tersebar secara luas sehingga membutuhkan sistem yang bisa mempublikasikannya secara online.

Aplikasi OJS (Open Journal System)

Segala kelemahan yang dirasakan kampus ketika menggunakan cara manual tentu saja bisa teratasi jika memanfaatkan teknologi digital di dalamnya. Kita tahu bahwa saat ini kehadiran teknologi yang kian hari makin berkembang memberikan banyak sekali manfaat untuk penggunanya. Sehingga perguruan tinggi haruslah tahu atau panda dalam memanfaatkan peluang yang ada.

Baca Juga : Ini Dia alasan Penggunaan Aplikasi Garuda Kasir Oleh Konsumen GCI

Saat ini teknologi digital atau sistem digitalisasi yang mumpuni dalam membantu penerbitan jurnal secara online adalah menggunakan Aplikasi OJS (Open Journal System) Kampus. Menggunakan Aplikasi OJS (Open Journal System) Kampus tentu saja jurnal yang ada bisa dikelola serta di akses secara online tanpa batasan ruang dan waktu.

Aplikasi OJS (Open Journal System) ini merupakan Content Management System berbasis web yang khusus dibuat untuk menangani keseluruhan proses manajemen publikasi ilmiah dari proses call for paper, peer review, hingga penerbitan dalam bentuk online.

Tentu saja penerbitan jurnal pada aplikasi OJS ini tetaplah harus mengacu kepada standar operasional prosedur (SOP) yang sudah ditetapkan. Dalam penerbitan jurnal pada IJS ini tentu saja juga melibatkan beberapa aktor dan tidak bisa sembarangan saja diantara aktor tersebut adalah Manager Jurnal, Editor, Author dan Reviewer.

Aplikasi OJS (Open Journal System) Kampus, Garuda Cyber

Sebagaimana sudah kita bahas bahwa teknologi digital saat ini memberikan banyak sekali manfaat dan kemudahan dalam manajemen kampus, diantaranya memudahkan dalam mengelola, dan mempublikasikan jurnal melalui OJS.

Keberadaan OJS (Open Journal System) ini sebenarnya bukanlah hal asing lagi di era digitalisasi, bahkan beberapa kampus ternama sudah menerapkannya. Tentu saja kampus-kampus tersebut merasakan segudang manfaat dan kemudahan, dan sudah saatnya kampus Anda juga beralih meninggalkan cara manual dengan menggunakan OJS (Open Journal System) dari Garuda Cyber.

Garuda Cyber ini merupakan perusahaan IT sekaligus konsultan IT yang cukup ternama dan bisa dihandalkan dalam memberikan solusi terkait persoalan IT di kampus Anda. Tentu saja mereka adalah tim yang sudah berpengalaman dengan beberapa kampus terbesar. Garuda Cyber menawarkan Smart Campus yaitu sistem terintegrasi yang di dalamnya terdapat banyak sekali Aplikasi dan sistem yang saling terhubung, diantaranya adalah OJS (Open Journal System) ini.

Pada OJS dari Garuda Cyber ini untuk mempertimbangkan banyak hal, dalam proses publikasi jurnal ilmiah ada beberapa tahapannya yaitu : proses pengumuman penerimaan naskah, pendaftaran penulis, proses penyerahan naskah dari penulis, proses evaluasi naskah oleh redaksi/editor, proses review oleh reviewer, proses editing oleh editor, proses pembayaran penerbitan naskah oleh penulis dan proses penjadwalan publikasi jurnal online.

Baca Juga : Pentingnya Produk G-Smart Medical

Ketika sebuah kampus atau perguruan tinggi memanfaatkan Open Journal System (OJS) dari Garuda Cyber maka semua pengelolaan jurnal dapat dilakukan secara online. Tentu saja untuk semua proses yang terjadi dilakukan secara online, mulai dari penyerahan naskah, review, editoring, hingga publikasi semuanya dapat dilakukan pada satu media yang sama hingga dapat menghasilkan keluaran sebuah jurnal elektronik atau e-journal.

Fitur-fitur OJS (Open Journal System)

Sebagaimana sudah di jelaskan di atas, banyak sekali ragam kemudahan yang disediakan dalam aplikasi OJS (Open Journal System) Garuda Cyber. Tentu saja semua kemudahan tersebut dibarengi dengan fitur-fitur yang mumpuni. Adapun ragam fitur yang tersedia dalam OJS (Open Journal System) ini adalah :

  1. Manajemen Jurnal

Terdapat fitur yang bisa memanajemen setiap jurnal yang di upload, mulai dari pengajuan hingga proses pubilkasi.

  1. Manajemen Reviewer

Sebelum jurnal dipublikasi tentu saja harus melalui tahapan review oleh reviewer terlebih dahulu, maka pada OJS (Open Journal System) ini tersedia fitur yang berfungsi memanajemen para reviewer dan tentu saja penulis tidak mengetahui identitas reviewer demi menghindari hal yang tidak diinginkan.

  1. Upload Berkas Jurnal

Selain itu di dalamnya juga tersedia fitur untuk upload berkas, sehingga penulis dapat langsung mengupload bekas untuk di review terlebih dahulu.

  1. Proses Reviewal

Setelah berkas jurnal di upload maka reviewer akan melakukan review terhadap aplikasi jurnal tersebut.

  1. Editoring

Setelah dilakukan review maka penulis juga bisa melakukan editoring pada jurnalnya sebelum di publish.

  1. Laporan Lengkap

Tidak kalah penting, OJS (Open Journal System) menyediakan laporan lengkap sesuai kebutuhan setiap user.

  1. Publikasi Jurnal

Setelah proses review dan editoring maka proses selanjutnya adalah publikasi, dan pada OJS (Open Journal System) tersedia fitur yang memudahkan mempublikasi jurnal secara online.

 

#GarudaCyber23Februari


Sukai/Like Fan Page Facebook Garuda Cyber Indonesia
Subscribe Channel Youtube Garuda Cyber Indonesia
Follow Instagram Garuda Cyber Indonesia
Chat Wa

Signup for Newsletter

Langganan Newsletter dari Garuda Cyber untuk mendapatkan informasi terupdate dari Garuda Cyber Indonesia