WhatsApp-Button
Cara Kerja Influencer Marketing  

Cara Kerja Influencer Marketing  

  2021-02-26 16:34:23     Ulti Desi Arni     Dibaca 970 kali

 

Influencer adalah orang-orang yang mempunyai ratusan follower, ribuan bahkan hingga jutaan follower. Dalam hal menjadi seorang influencer juga dapat dikategorikan sebagai suatu mega influencer, marco-influencer atau micro-influencer yang telah bekerja bersama tipe-tipe untuk memberikan keuntungan yang cukup baik dengan follower yang sangat memungkinkan seseorang untuk menjadi seorang influencer yang terkenal di seluruh negara bahkan luar negeri.

Cara kerja influencer

Sebagai influencer marketing yaitu bekerja dengan cara yang sangat beda dengan pekerjaan yang orang lain kerjakan. Dimana para influencer yang di endorse oleh brand yang tidak hanya menghiasi layar Televisi atau iklan-iklan tradisional saja, tetapi dapat juga untuk mendominasi suatu media sosial yang akan digunakan untuk membuat suatu pekerjaan yang di tampilkan di sosial media atau dapat juga terlihat pada layar android yang bisa digunakan untuk menarik perhatian para pengguna android yang akan dapat melihat kreasi atau aktivitas yang di upload secara bertahap.

Contoh Influencer Marketing di Instagram

  1. Kode diskon. Anda mungkin sering bermain atau menggunakan aplikasi instagram, tentu anda pernah melihat influencer mengunggah foto atau video produk beserta dengan kode unik untuk dibuat dalam konten yang telah di upload di akun yang dimiliki.
  2. Melakukan kontes dan Giveaway.
  3. Feed dengan foto produk atau jasa.
  4. Promosi di IG Story.

5 Cara optimal kerja sama dengan influencer

  1. Pilih influencer secara bijak

Dalam memilih seorang influencer yang bijak untuk di ajak kerja sama anda harus mengetahui terlebih dahulu latar belakang dan kehidupan sehari-hari yang di tampilkan oleh influencer yang akan anda ajak kerja sama di sosial media-nya, demografi pengikutnya, cara dia membuat konten, cara dia berinteraksi dengan pengikut, dan juga mengetahui biaya yang harus di bayar untuk kerja sama. Anda harus lebih mengenal lebih dalam siapa yang akan anda ajak kerja sama dengan mengetahui apa yang dilakukan setiap harinya.

  1. Perkuat pesan influencer

Kewajiban seorang influencer tanpa brand yaitu melakukan apapun supaya pesan yang dibawa influencer di dalam kontennya bisa semakin kuat dan dapat membuat yang melihat kontennya semakin banyak yang menonton dan oven terhadap suatu konten yang ia buat. Ada hal sederhana yang perlu anda lakukan, yaitu dengan membagikan ulang konten tersebut di jaringan sosial media anda sendiri (jaringan sosial media resmi milik brand yang anda punya) agar dapat membuat konten dengan membuat dan mengikuti cara yang telah di upload oleh seorang influencer. Caranya bisa dengan meng-share di Instastory, reshare di Facebook, membagikannya di akun Twitter dan di akun lain yang anda punya agar dapat meng-upload konten tersebut.

  1. Tawaran “Something Special” kepada Influencer sebagai penyemangat

Membangun suatu hubungan yang baik terkadang tidak cukup untuk menjadi seorang influencer. Ada banyak influencer yang perlu untuk menggunakan sesuatu yang lebih nyata dan lebih dari sekedar melakukan penciptaan konten yang menarik untuk menarik perhatian follower-nya. Tetapi harus melakukan suatu hal yang lebih mengesankan dari yang sebelumnya supaya tidak membuat orang lain yang melihat merasa bosan dengan konten yang itu-itu saja.

  1. Bangun hubungan baik dengan influencer

Menjalin suatu hubungan yang baik dengan seorang influencer itu tidak ada ruginya karena ketika hubungan sudah terjalin dengan baik bahkan di luar campaign yang diselenggarakan oleh influencer kadang dengan senang hati dalam mempromosikan suatu produk anda yang akan di upload di akun yang ia punya supaya terlihat oleh para pengikutnya serta dengan orang-orang yang berada di lingkungan sekitarnya.

  1. Jangan Spamming dengan Follow-up

Anda harus berusaha untuk selalu sabar karena sebagian influencer itu memiliki kesibukannya sendiri. Jangan sampai anda menjadi seorang yang menjengkelkan di mata seorang influencer, karena itu akan membuat anda kehilangan usaha yang sudah anda lakukan dalam mengikuti semua peraturan yang telah di tetapkan untuk menjadi seorang influencer.

 

Penulis : Pinta


Sukai/Like Fan Page Facebook Garuda Cyber Indonesia
Subscribe Channel Youtube Garuda Cyber Indonesia
Follow Instagram Garuda Cyber Indonesia
Chat Wa

Signup for Newsletter

Langganan Newsletter dari Garuda Cyber untuk mendapatkan informasi terupdate dari Garuda Cyber Indonesia