WhatsApp-Button
Kelebihan dan Kekurangan PROMETHEE Method

Kelebihan dan Kekurangan PROMETHEE Method

  2021-02-25 16:45:56     Ulti Desi Arni     Dibaca 2207 kali

Berdasarkan matematika dan sosiologi, metode Promethee dan Gaia dikembangkan pada awal 1980-an dan telah dipelajari dan disempurnakan secara ekstensif sejak saat itu. Ini memiliki aplikasi khusus dalam pengambilan keputusan, dan digunakan di seluruh dunia dalam berbagai skenario keputusan, di bidang-bidang seperti bisnis, lembaga pemerintah, transportasi, perawatan kesehatan dan pendidikan.

Daripada menunjukkan keputusan yang benar, metode Promethee dan Gaia membantu pengambil keputusan menemukan alternatif yang paling sesuai dengan tujuan dan pemahaman mereka tentang masalah. Ini memberikan kerangka kerja yang komprehensif dan rasional untuk menyusun masalah keputusan, mengidentifikasi dan mengukur konflik dan sinerginya, kelompok tindakan, dan menyoroti alternatif utama dan alasan terstruktur di baliknya.

Meskipun dapat digunakan oleh individu yang mengerjakan keputusan langsung, Promethee & Gaia paling berguna ketika sekelompok orang mengerjakan masalah yang kompleks, terutama yang memiliki beberapa kriteria, yang melibatkan banyak persepsi dan penilaian manusia, yang keputusannya bersifat jangka panjang. Dampak. Ini memiliki keuntungan unik ketika elemen penting dari keputusan sulit untuk diukur atau dibandingkan, atau di mana kolaborasi antara departemen atau anggota tim dibatasi oleh spesialisasi atau perspektif mereka yang berbeda.

Baca Juga : Macam-Macam Kardinalitas

Aplikasi Promethee dan Gaia untuk skenario keputusan multi-kriteria yang kompleks telah berjumlah ribuan, dan telah menghasilkan hasil yang ekstensif dalam masalah yang melibatkan perencanaan, alokasi sumber daya, penetapan prioritas, dan pemilihan di antara alternatif. Area lain termasuk peramalan, pemilihan bakat, dan analisis tender.

Pemilihan material adalah masalah yang kompleks dalam desain dan pengembangan produk untuk aplikasi teknik yang beragam. Makalah ini menyajikan metode fuzzy PROMETHEE (Preference Ranking Organization Method for Enrichment Evaluation) berdasarkan bilangan interval fuzzy trapesium yang dapat diterapkan pada pemilihan bahan untuk panel instrumen otomotif. Selain itu, menyajikan keunikan dalam memberikan kontribusi yang signifikan terhadap literatur dalam hal penerapan pendekatan pengambilan keputusan fuzzy untuk masalah pemilihan material.

Metode ini diilustrasikan, divalidasi, dan dibandingkan dengan tiga metode MCDM fuzzy yang berbeda (fuzzy VIKOR, fuzzy TOPSIS, dan fuzzy ELECTRE) dalam hal kinerja peringkatnya. Juga, hubungan antara metode yang dibandingkan dan skenario yang diusulkan untuk PROMETHEE fuzzy dievaluasi melalui koefisien korelasi Spearman. Styrene Maleic Anhydride dan Polypropylene ditentukan secara opsional sebagai bahan yang cocok untuk casing panel instrumen otomotif.

Kami mengusulkan metodologi MCDM fuzzy generik yang dapat diimplementasikan secara praktis untuk masalah pemilihan material. Keuntungan utama dari metodologi adalah pertimbangan ketidakjelasan, ketidakpastian, dan ketidakjelasan untuk lingkungan pengambilan keputusan

Baca Juga : Jual Sistem Ujian Online Kampus

Terdapat kelebihan dari metode promethee diantaranya sebagai berikut, yaitu :

  1. Pada saat melakukan proses perakitan atau perangkaian alternatif akan digunakan data kuantitatif maupun sebuah data kualitatif yang data tersebut akan bisa bergabung menjadi satu dengan bobot suatu penilaian yang telah diperoleh melalui suatu penilaian atau terdapat suatu pembuktian yang telah dilakukan oleh para pakar yang ada.
  2. Terdapat software decision LAB yang menjadi sebagai aplikasi metode yang sedang dijelaskan.
  3. Perangkat lunak perencanaan GAIA sebagai software visual promethee yang sangat mempunyai power yang tinggi untuk mengidentifikasikan atau menjelaskan apa saja konflik di antara kriteria dan juga bisa melakukan menggabungkan alat alternatif lain.
  4. Dibandingkan metode AHP, metode ini tidak mengagresikan adanya skor baik yang ada pada beberapa kriteria dan skor jelek yang ada pada beberapa kriteria lainnya.
  5. Dibandingkan dengan metode AHP juga, metode ini lebih sedikit dalam masalah perbandingan pairwise dan tidak memiliki artificial limitation yang ada di dalam pengguna skala.

Terdapat kekurangan yang ada pada metode promethee ini yaitu : Metode ini hanya dapat dibuat sebagai aplikasinya jika pengambil keputusan dapat menyatakan prefensi dan ada juga pada tingkat keputusan dari suatu kriteria dalam skala rasio.

 

Penulis : Yazid


Sukai/Like Fan Page Facebook Garuda Cyber Indonesia
Subscribe Channel Youtube Garuda Cyber Indonesia
Follow Instagram Garuda Cyber Indonesia
Chat Wa

Signup for Newsletter

Langganan Newsletter dari Garuda Cyber untuk mendapatkan informasi terupdate dari Garuda Cyber Indonesia