Strategi Membangun Awareness

Pengertian awareness

Menurut ahli Soehadi, awareness adalah sesuatu yang membuat pelanggan mengerti kategori produk atau layanan dimana produk tersebut bersaing, pada tingkatan yang lebih luas, dan keberhasilan membangun sebuah produk untuk memenuhi kebutuhan konsumen. Sedangkan menurut umum, Awareness adalah strategi untuk yang dapat mendeskripsikan kesadaran konsumen terhadap suatu produk.

Dengan cara mempromosikan atau mengiklankan produk baru dan menghidupkan kembali produk lama, contohnya seperti merek minuman biasa (Aqua), awalnya dianggap sebagai produk gagal karena menjual air minum di tengah negara yang air bersihnya melimpah. Namun setelah satu dekade, pada akhirnya merek ini menjadi pilihan masyarakat luas dalam memenuhi kebutuhan air minum yang sehat dan bersih bagi keluarga. Awareness sangat penting di berbagai bisnis apapun karena bisa mengundang konsumen untuk membeli suatu produk serta membuat konsumen terus membeli produk di suatu bisnis tersebut.

Baca Juga : Sistem Kendali Berbasis Mikroprosesor

Awareness juga bisa digunakan sebagai alat ukur kinerja sebuah brand. Setiap tahunnya, perusahaan berinvestasi untuk memperbaiki dan menaikkan tingkat brand awareness mereka, dan juga menambah nilai sebuah produk, jasa, atau perusahaan. Jika kita ingin berinvestasi untuk membangun awareness, hal ini bisa membantu sebuah bisnis untuk bertahan dan menjadi semakin maju.

Strategi Membangun Awareness

Dan berikut ini ada beberapa tips atau langkah dalam membangun brand awareness, yaitu :

  1. Sosial Media(Sosmed)

Media sosial menjadi pilihan yang terbaik untuk meningkatkan awareness, Sebab media sosial sudah menjadi konsumsi wajib masyarakat saat ini. Dalam menggunakan sosial media, kita juga harus menyusun strategi yang tepat. Kita harus memastikan bahwa sosial media bisnis kita harus aktif. Selain waktu dan interaksi, kita harus memiliki dan mempelajari strategi community marketing, seringnya komunikasi tersebut dilakukan pada ruang lingkup online seperti grup online media sosial, situs blog dan media sosial lainnya. dan juga kita harus memperhatikan konten. Topik yang dibahas di sosial media harus relevan sehingga banyak orang akan lebih tertarik membaca dan berinteraksi dengan kita. Memilih konten dan platform sosial media yang tepat tidak hanya akan membantu memperkuat brand kita tetapi juga mencapai konsumen atau calon konsumen dengan lebih luas lagi.

  1. Event Marketing.

Event sangat penting untuk membangun sebuah brand awareness. Sebab dengan mengadakan sebuah event merupakan salah satu cara untuk membangun brand awareness.  Jika kita mengadakan sebuah live event, kita bisa membantu mendapatkan perhatian dari konsumen dan calon konsumen pada suatu produk yang sedang kita ingin beritahu kepada para konsumen. Maka kita bisa membuat event seperti launching produk baru atau promosi dan seminar.

Baca Juga : Macam-Macam Transduser

  1. Content Marketing

Dalam membuat konten marketing, perlu diperhatikan bahwa kita harus menulis artikel yang menarik, relevan, dan memiliki nilai. Dalam sebuah konten yang akan kita buat bisa membantu menetapkan kita sebagai seorang expert di bidangnya, yang nantinya akan membantu kita untuk meningkatkan awareness dan menambah jumlah konsumen. Tujuan dari content marketing adalah membantu sebuah perusahaan untuk menekankan citra dan pesan dari bisnis kita. Untuk melakukan atau membuat content marketing, langkah pertama yang bisa dilakukan adalah dengan membuat strategi yang jelas dan tepat. Gunakan waktu untuk memikirkan apa yang ingin kita sampaikan kepada konsumen.

  1.  Menjalin kolaborasi dengan brand yang lebih besar

Langkah terakhir untuk meningkatkan awareness adalah melakukan sebuah kolaborasi dengan brand lainnya. Jika sebuah brand masih terbilang kecil dan ingin membangun awareness, maka tidak ada salahnya mempertimbangkan untuk mencari kolaborasi atau kerjasama dengan brand lain yang lebih besar.

Dalam perkembangan produk yang mulai pesat dan memiliki persaingan yang banyak, setiap masyarakat pasti mencari sebuah produk yang memiliki merek atau brand, baik itu pada sebuah baju, sepatu, tas, dan lain sebagainya.

 

Penulis : Sukri

Sukai/Like Fan Page Facebook Garuda Cyber Indonesia

Subscribe Channel Youtube Garuda Cyber Indonesia

Follow Instagram Garuda Cyber Indonesia

Chat Wa

Artikel Terpopuler

Definisi Struktur Kontrol Perulangan Dalam Pemrograman Dan Contohnya

Pada dasarnya perulangan pada pemrograman yang sama dengan perulangan bahasa pemrograman lainnya. Struktur kontrol perulangan yang dipakai memilki suatu fungsi dari program yang akan dijalankan secara berulang. Contohnya anda ingin membuat tampilan nama anda sebanyak 100 kali, tentu akan sangat lama jika anda menuliskan kode program secara dengan manual. Dengan struktur kontrol perulangan bisa menampilkan dengan nama sebanyak 100 kali...