Pengertian dan contoh sistem informasi manajemen

Pengertian dan contoh sistem informasi manajemen

  2018-02-08 11:55:13     aknovia     Dibaca 6059 kali

Contoh Pengertian sistem informasi manajemen

Manajemen itu sendiri dapat meliputi tentang berbagai kegiatan mengenai proses perencanaan, pengawasan, pengarahan, pengorganisasian dan sebagainya. Sedangkan informasi dalam sebuah organisasi merupakan data yang diolah dengan sedemikian rupa hingga mempunyai nilai dan arti bagi organisasi. Dengan hal ini maka kita dapat menyimpulkan bahwa sistem informasi manajemen ( SIM ) adalah sebuah sistem yang mengolah dan mengorganisasikan data serta informasi yang akan memiliki kegunaan untuk mendukung semua pelaksanaan tugas dalam suatu organisasi.

 

Siapa sih yang tidak membutuhkan sebuah manajemen? Bahkan organisasi kecil pun membutuhkan sebuah manajemen yang tepat seperti rumah tangga yang jika tidak ada manajemen akan sulit untuk mengaturnya dengan baik. Dengan hal tersebut tentunya sistem manajemen sangat penting dalam organisasi-organisasi agar lebih teratur dengan adanya fungsi dan tugas masing-masing departemen yang berbeda.

 

Sistem informasi manajemen ini akan dapat memudahkan berbagai macam pekerjaan yang berhubungan dengan analisis manajemen, dan selalu dapat diselesaikan degan cepat. Sistem ini juga akan dapat bekerja dengan baik jika mendapatkann dukungan dari teknologi yang canggih, sumber daya manusia yang berkualitas dan juga komitmen yang ada pada sebuah organisasi. Kegiatan sistem ini akan dapat mendukung kelancaran proses bisnis disebuah perusahaan dan juga akan sangat berperan penting untuk berbagai kelangsungan perusahaan. Dengan demikian, perusahaana tentunya harus memiliki komitmen untuk menjalankan sistem ini, agar berbagai proses perusahaan dapat berjalan dengan baik dan juga akan memberikan keuntungan pada perusahaan, termasuk proses produksinya.

 

contoh judul skripsi sistem informasi

Agar informasi yang akan dihasilkan sistem informasi managemen bisa berguna untuk manajemen, analisis sistemnya tentu harus mengetahui segala macam kebutuhan informasi yang diperlukan seperti, dengan mengetahui berbagai kegiatan masing-masing tingkatan manajemen dalam organisasi serta keputusan yang dapat diambil untuk menyelesaikan masalah.

Berikut adalah beberapa contoh konkrit penerapan Sistem Informasi Managemen  ( SIM ) :

  1. Enterprize Resource Planning ( ERP )

Sistem Enterprize Resource Planning ini seringkali digunakan oleh sejumlah perusahaan besar dalam mengelola manajemennya serta untuk melakukan pengawasan yang akan saling terintegrasi dengan unit bidang kerja keuangan, Sumber Daya Manusia, Pemasaran, Accounting, Operasional dan Pengelolaan Persediaan perusahaan.

  1. Transaction Processing System ( TPS )

TPS ini digunakan sebagai pemproses data yang memiliki jumlah besar dengan transaksi bisnis yang rutin. Program TPS ini biasanya diaplikasikan oleh perusahaan untuk manajemen gaji dan inventaris. Misalnya aplikasi yang digunakan sebagai bantuan keuangan yang ada di desa pemprov di jawa timur.

  1. Office Automation System ( OAS )

Fungsi dari sistem ini yaitu sebagai media komunikasi antar departemen disebuah perusahaan agar menjadi lancar tanpa adanya suatu penghalang. Sistem ini juga dipergunakan oleh perusahaan untuk memperoleh informasi yang dibutuhkan oleh pekerja. Penggunaan sistem ini dapat berupa individu maupun kelompok.

  1. Supply Chain Managemen ( SCM )

SCM ini memiliki kegunaan yang sangat bermanfaat bagi managemen karena seluruh data-data yang disajikannya terintegrasi mengenai managemen suplai bahan baku, mulai dari pemasok, pengecer, produsen dan juga konsumen akhir.

  1. Informatic Managemen System ( IMS )

Sistem ini memiliki kegunaan untuk mendukung spektrum tugas-tugas yang ada dalam organisasi, dan juga dapat digunakan untuk membantu analisa pembuatan keputusan. Fungsi lain dari sistem ini yaitu dapat menyatukan beberapa fungsi informasi dengan program komputerisasi, contohnya e-procedurement.

  1. Expert System ( ES ) & Artificial Intellegent ( AI )

Sistem ini dibuat berdasarkan dari Artificial Intelegent atau kecerdasan buatan yang akan memberikan kegunaan untuk  penganalisa dan  memecahkan suatu persoalan atau masalah dengan menggunakan pengetahuan tenaga para ahli yang  dimasukkan sebuah program kedalamnya, contohnya bisa seperti Sistem Jadwal Akademik.

  1. Excekutif Support System ( ESS )

Kegunaan dari sistem ini dapat untuk membantu sang manajer perusahaan dalam berinteraksi dengan lingkungan perusahaan dengan berpegang pada grafik serta pendukung komunikasi lainnya untuk memberikan dukungan untuk keputusan yang tidak terprogram dalam manajemen.

Keuntungan ESS ini adalah mampu untuk menganalisa tren, mudah bagi eksekutif atas menggunakannya, dan augmentasi kemampuan kepemimpinan manager dan masih banyak lagi keuntungan menggunakan ESS ini.

 

Penulis Wikhe Refila

#Garudacyber14

 

 six e pdf keputusan pengambilan untuk manajemen informasi sistem makalah tentang internasional jurnal manajemen.pdf tujuan tesis teori tinggi perguruan sakit rumah soal sejarah struktur sap silabus sim.pdf sekolah jr mcleod raymond pengertian proposal rangkuman rs puskesmas skripsi perusahaan pada pelaporan perbankan pemerintahan perpustakaan.pdf produksi organisasi pendidikan pengembangan materi download model manfaat manufaktur lingkup ruang laporan lengkap logistik kuliah modul mata dasar konsep karakteristik keuangan.pdf koperasi komputer persediaan pemasaran keuangan penelitian nasional kumpulan jenis ilmiah integrasi indofood issn fungsi evaluasi edisi evolusi manusia daya sumber dalam data komunikasi ebook buku digital mengelola definisi desa.pdf contoh proyek laudon c kenneth berbasis bagi web kepegawaian belakang

latar o'brien james bisnis analisis ahli para menurut artikel ajar bahan aplikasi audit aset apotek akuntansi pengantar komponen ppt sekarang zaman kekurangan dan kelebihan amsyah zulkifli zakat amil badan perlunya apa terpadu ziswaf zalora youtube di ada yang efektif carrefour digunakan mendukung promosi bauran elemen kantor diterapkan indonesia pos pt berkualitas alfamart fisik mengandung yaitu baik xi kelas axiata xl wings word wikipedia food warnet warehouse service walmart winarno wahyu wing wirausaha wakaf virtual office pembelajaran video misi visi chain value basic visual dengan perpustakaan perhotelan variabel variasi menggunakan vcd rental informatika vs kendari

muhammadiyah universitas unpad kecil usaha unipma kompetitif keunggulan ups darah donor unit kebawah menengah umk ukm uber bersaing unilever ut operasional pengendalian toko tokopedia industri teknik dari terdiri terbaru toyota sutabri tata grosir akhir tugas telkomsel telkom transportasi travel tk traveloka kecuali berikut atas fungsional secara supermarket pengambil sebagai surat swalayan sdm empat salemba smp spbu smk kasus studi disamakan sering taufiq rohmat kfc restoran inap rawat pasien pendaftaran medis rekam bandung sadikin hasan adalah risiko mobil terintegrasi perancangan ritel rapat makan quiz bsi control quality paud indomaret perkantoran pertamina gojek mm s.kom. oleh oas otomatisasi inhealth obat publik olahraga operasi online outsourcing shop gaol l jimmy chr strategi olx negara sipil aparatur seririt negeri sma

administrasi nokia niaga cimb pegawai nestle ngo (simnas) nike notaris nikah jogiyanto islam susanto azhar depan masa mutu adanya karena aman tidak menjadi madrasah minimarket masjid lg bab air lion lintas lalu lembaga loudon laundry laboratorium lazada kependudukan kecamatan kepolisian klinik daerah keperawatan kampus kesehatan jaringan marga jasa tol jalan judul jilid raharja beli jual jembatan a jco konstruksi j&t jne indosat investasi sempurna inventory inventaris intelijen imigrasi barang inventori itu output proses input hut pizza fleksibel harus hirarki bpkp pengawasan hasil housekeeping bento hoka umroh haji bintang hotel resources human hardware hakikat honda software hrd pelanggan hubungan hypermart pemeriksaan davis b gordon tbk garam gudang geografis gratis gereja affair general gaji gramedia guru global giant garuda gunadarma grab

formal farmasi fitnes finance fakultas doc filetype ekonomi finansial frekuensi futsal fitness struktural flowchart e-ticketing e-banking e-business energi e-commerce commerce nugroho eko sutanta edhy e-government free e-ktp ebay ed erp eksekutif bri bank maksudnya piramida bangunan sebuah diibaratkan dapat diklat contohnya dokumen dakwah desa keluarga chapter cv crm cafe cbis l.gaol chr.jimmy cola coca bimas bukalapak basis baznas bca syariah mandiri asn adm absensi apotek.pdf akreditasi arsip akademik agribisnis keimigrasian fivsistem four three two one five 


Sukai/Like Fan Page Facebook Garuda Cyber Indonesia
Subscribe Channel Youtube Garuda Cyber Indonesia
Follow Instagram Garuda Cyber Indonesia
Chat Wa

Signup for Newsletter

Langganan Newsletter dari Garuda Cyber untuk mendapatkan informasi terupdate dari Garuda Cyber Indonesia