WhatsApp-Button
Apa itu 4G dan Bagaimana Penggunaannya di Indonesia?

Apa itu 4G dan Bagaimana Penggunaannya di Indonesia?

  2017-06-14 10:19:50     aknovia     Dibaca 1133 kali

Kalau kamu hobi nonton serial televisi Korea, pasti ketika nonton crime series berjudul Ghost, kamu akan ngiler menyaksikan penggunaan aneka perangkat canggih di serial televisi ini. Smartphone premium, LCD berukuran raksasa canggih, komputer tipe server yang keren, dan pasti juga jaringan LTE alias 4G tertera pada Samsung Galaxy SIII dan Galaxy Note yang bertebaran di sepanjang film! (Info: Korea adalah salah satu negara di dunia dengan jaringan Internet tercepat).

Menyaksikannya, PG jadi ngiler banget nih. Apakah nantinya jaringan 4G ini akan masuk ke Indonesia? Kapan dan kira-kira berapa harganya? Mudahkah jaringan ini diakses? Sekedar informasi, saat ini Indonesia tidak memiliki jaringan LTE atau 4G. Meskipun demikian, iPhone 5 dan Samsung Galaxy SIII tercatat paling laris di Indonesia – padahal kita tidak bisa memanfaatkan fitur yang menjadikan smartphone tersebut istimewa. Hehe..

PG jadi tertarik untuk membahas tentang 4G – apakah itu jaringan 4G dan bagaimana nanti penggunaannya di Indonesia?

4G adalah kependekan dari “fourth generation”dan mewakili generasi keempat untuk standar komunikasi mobile. standar tersebut ditetapkan oleh International Telecommunication Union, dengan patokan kecepatan transfer data 100MB per detik. Wow!

Catat fakta ini: Sebenarnya tidak ada area teknologi komunikasi mobile yang mampu memenuhi standar ini. Secara teknis, implementasinya digunakan oleh kebanyakan provider telekomunikasi di dunia (dikenal dengan nama Long Term Evolution atau LTE). Secara teoritis mereka mampu memenuhi standar 4G, tapi saat ini belum mampu melakukannya. Yang lebih buruk, beberapa provider melekatkan ‘merek’ 4G tersebut pada ponsel meskipun ini hanya upgrade dari teknologi 3G.

Jadi, sebenarnya standar 4G yang ada sekarang masih ‘belum’ masuk kriteria 4G sesungguhnya. Meskipun demikian, ponsel yang bisa memanfaatkan jaringan tersebut dikatakan lebih cepat daripada menggunakan jaringan 3G biasa.

 

Apakah 4G memang lebih cepat daripada 3G?

 

Pada dasarnya, meskipun memang 4G yang sekarang digembar-gemborkan itu belumlah mencakup teknologi 4G yang sesungguhnya, akan tetapi jelas lebih cepat dari teknologi 3G. Berdasarkan pengalaman seorang pengguna ponsel berteknologi LTE, kecepatan downloadnya meningkat dari di bawah 1 Mbps hingga mendekati 14 Mbps – sebuah lonjakan yang signifikan – dengan syarat bahwa download tersebut dilakukan di area yang ter-cover oleh sinyal 4G. Di AS, provider penyedia sinyal 4G yang dikatakan sebagai yang terbaik adalah Verizon.

 


Sukai/Like Fan Page Facebook Garuda Cyber Indonesia
Subscribe Channel Youtube Garuda Cyber Indonesia
Follow Instagram Garuda Cyber Indonesia
Chat Wa

Signup for Newsletter

Langganan Newsletter dari Garuda Cyber untuk mendapatkan informasi terupdate dari Garuda Cyber Indonesia