WhatsApp-Button
Konsep Video Company Profile

Konsep Video Company Profile

  2021-02-22 17:32:28     Ulti Desi Arni     Dibaca 58 kali

Dalam membuat sebuah video company profile, perlu melihat aspek-aspek apa saja yang dibutuhkan. Sebuah video company profile harusnya dapat menarik perhatian sehingga tidak bisa dibuat dengan sembarangan. Karena video company profile terdapat seluruh citra dari perusahaan yang akan tergambar secara sepenuhnya dalam video tersebut. Selain itu video profile tersebut yang dapat bertujuan untuk menyampaikan pesan tentang jati diri perusahaan.

Berikut merupakan konsep dari video company profile dalam proses pembuatannya :

  1. Pikirkan konsep dan isi video

Untuk membuat company profile hal pertama yang harus dilakukan yaitu memikirkan konsep dari video yang akan kita buat, ini disebut sebagai storyline. Storyline merupakan sebuah isi pokok dari gagasan yang akan disampaikan melalui sebuah cerita yang lebih menarik dan dapat mudah dipahami bagi mereka yang melihatnya. Pastinya kita harus memikirkan tujuan dari pembuatan video ini yang akan membuat kita menjadi mudah dalam menata alur untuk storyline.

  1. Menentukan durasi dari video

Video company profile lebih baik tidak memiliki durasi yang lama maupun panjang walaupun tidak adanya batasan untuk pembuatan video company profile namun kita juga harus memikirkan seberapa panjang dari video yang kita buat. Jika durasi pada video yang dibuat terlalu panjang hal tersebut akan membuat para penonton agar menjadi tidak bosan sebaiknya dipikirkan kembali cara agar video tersebut tampak nyaman untuk para penonton tersebut. secara umum video company profile hanya akan berdurasi sekitar 2 – 3 menit saja. Durasi sepanjang itu cukup jika hanya untuk menjelaskan informasi mengenai isi secara singkat dan jelas.

  1. Pengambilan Video (Shooting)

Untuk pengambilan video atau shooting, terdapat beberapa company profile yang menggunakan animasi. Namun jika kita ingin memiliki konten video berupa company kita langsung maka kita bisa melakukan shooting. Terdapat beberapa hal yang perlu diperhatikan saat kita shooting yaitu jangan terlalu terburu-buru dan terlalu mengejar waktu. 

Jika terdapat scene yang kurang memuaskan ada lebih baiknya jika kita mengulang kembali scene tersebut. selain itu terdapat hal yang patut kita perhatikan adalah bagaimana kita mengambil gambar dengan garis besar yang sudah ditentukan. Baik scene, angel atau pun hal lainnya harus sesuai dengan konsep yang kita inginkan.

  1. Editing

Setelah bahan yang kita perlukan sudah ada, kita tinggal menggabungkan seluruh video tersebut sehingga menjadi satu video yang utuh dengan konsep yang sudah kita tentukan. Tentunya untuk mendapatkan hasil yang bagus tidak ada salahnya kita menggunakan editor professional dikarenakan dengan ahlinya kita bisa mendapatkan hasil yang bagus pula. Jika kita ingin mengedit sendiri juga bisa, kita bisa mengedit menggunakan aplikasi seperti Edius, Final Cut Pro, Corel video studio dan Adobe Premiere.

  1. Video Harus Seimbang dan Menarik

Video company harus memiliki tampilan yang visual yang baik tentunya mampu menyampaikan pesan dari video tersebut dengan baik. Selain itu audio video yang bersih dan enak digunakan haruslah tetap. Baik untuk suara VO ataupun suara musik latar. Audio yang digunakan harus memberikan dan menambah kuatkan sebuah visualisasi yang ditampilkan dalam video tersebut. Video Company profile ini harus memberikan sebuah kesan kreatif dan tidak membosankan.

  1. Finishing

Setelah video yang dibuat selesai jangan terlalu merasa puas dahulu. Kita harus pastikan tidak ada bagian yang kurang ataupun tidak pada tempatnya. Pastikan orang yang melakukan pengecekan serta yang melakukan editing merupakan orang yang berbeda. Karena biasanya kekurangan dari sebuah project tidak bisa dilihat dengan jelas oleh si pembuat company profilenya. Selain itu jika dilakukan oleh orang lain akan lebih mudah untuk melihat bagian yang kurang tepat dari sebuah project tersebut.                                 

Demikian lah hal yang bisa kita lakukan untuk membuat konsep dari company profile. Semoga bermanfaat!

 

Penulis : Riela Annisa


Sukai/Like Fan Page Facebook Garuda Cyber Indonesia
Subscribe Channel Youtube Garuda Cyber Indonesia
Follow Instagram Garuda Cyber Indonesia
Chat Wa

Signup for Newsletter

Langganan Newsletter dari Garuda Cyber untuk mendapatkan informasi terupdate dari Garuda Cyber Indonesia