WhatsApp-Button
Strategi Marketing di Instagram

Strategi Marketing di Instagram

  2021-02-22 17:30:43     Ulti Desi Arni     Dibaca 15 kali

Saat ini social media bukan hanya sekedar untuk memposting foto atau video saja. Social media jug di pakai untuk melakukan penjualan produk bisnis yang kita miliki. Salah satu social media yang paling berpengaruh terhadap penjualan produk suatu bisnis adalah instagram.

Instagram telah menjadi salah satu social media yang memiliki pengaruh besar dan penting dalam suatu bisnis. Hingga saat ini, instagram telah memiliki 700 juta pengguna dan setiap harinya sekitar 60 juta foto di bagikan dan dapat memberikan 1,6 milyar likes.

Instagram merupakan aplikasi yang paling popular yang di pakai untuk berbagai foto dan video. Ini menjadi salah satu alasan mengapa instagram mempunyai berbagai manfaat untuk para pebisnis guna untuk membangun dan mengembangkan brand suatu bisnis. Mungkin banyak dari kamu yang bertanya bagaimana cara memanfaatkan instagram untuk mendukung bisnis kamu.

Instagram For Bunsiness

Pada mei 2016 silam, Instagram mengumumkan bahwa mereka akan merilis Instagram For Business. Dengan fitur ini, sebuah bisnis bisa membuat sebuah profil bisnis dengan gratis atau free.

Baca Juga : Pengertian Server dan Client

Dengan profil bisnis, Kamu sebagai pemilik bisnis dapat memilih bagai mana Kamu ingin pelanggan mereka dapat menghubungi mereka baik lewat telephone, sms, maupun dengan e-mail dengan tombol kontak dan dapat petunjuk arah. Profil bisnis juga memungkinkan Anda untuk melihat Insights dan kemampuan untuk mempromosikan.

Insight

Insights di Instagram membantu memberi tahu kamu informasi penting tentang followers kamu dan postingan mana yang memiliki jangkauan dan angement atau keterlibatan yang paling tinggi.

 Dengan informasi ini, Kamu bisa mengenal lebih dalam tentang perilaku (behavior) dan demografis audience kamu. Dengan begitu kamu bisa membuat konten yang lebih relevan dan sesuai untuk audience kamu.

Promote

Fitur promote pada instagram memperbolehkan kamu untuk menjadikan postingan kamu sebagai ads atau iklan di aplikasi instagram. Ads tentunya membantu kamu untuk berkomunikasi dengan pelanggan bisnis kamu. Kamu tinggal memilih salah satu postingan yang sudah kamu share di instagram da menambahkan action button.

Baca Juga : Domain dan Hosting

Kamu juga bisa memilih target audience dan membolehkan instagram memberi saran target audience untuk kamu. Dan kemudian, postingan kamu tersebut akan di promosikan sebagai iklan selama periode yang sudah kamu pilih.

Cara Membuat Akun Instagram Bisnis

Jika bisnis Kamu memiliki akun instagram for business, Kamu bisa mendaftarkan diri dengan mudah. Berikut adalah langkah-langkah nya :

  1. Yang pasti kamu download aplikasi instagram, setelah aplikasi terinstal di handphone kamu, kamu tinggal membuka aplikasi.
  2. Pilih Sign Up, masukkan alamat email Kamu, dan klik Next. Kamu juga bisa login dengan menggunakan akun Facebook kamu.
  3. Setelah kamu mengubah akun kamu menjadi akun bisnis, Kamu tinggal memasukkan informasi penting seperti waktu bisnis, alamat bisnis, dan nomor telepon bisnis kamu.

Strategi Konten Instagram

Dengan akun bisnis, kamu perlu menyusun rencana marketing untuk membangun komunitas yang kuat dan melihat hasil yang tepat untuk bisnis kamu. Dan strategi kamu harus mencangkup 4 poin di bawah ini :

  • Waktu Posting : Salah satu cara yang bisa anda gunakan untuk memilih jadwal adalah dengan melakukan test di waktu yang berbeda dan kemudian lihat hasilnya.
  • Guidelines untuk Style Instagram Kamu : Instagram adalah sebuah brand sebaiknya mempunyai style mereka sendiri untuk membedakan sehingga mereka dari brand lain sehingga brand kamu bisa menjadi morable.
  • Guidelines untuk Engagement : Guideline ini di buat untuk menentukan bagaimana sebaiknya bisnis kamu berinteraksi dengan akun lain yang ada di instagram, dari me-like dan komentar di foto akun lain sampai merespon komentar yang masuk ke akun instagram bisnis kamu.

 

Penulis : Tina


Sukai/Like Fan Page Facebook Garuda Cyber Indonesia
Subscribe Channel Youtube Garuda Cyber Indonesia
Follow Instagram Garuda Cyber Indonesia
Chat Wa

Signup for Newsletter

Langganan Newsletter dari Garuda Cyber untuk mendapatkan informasi terupdate dari Garuda Cyber Indonesia