WhatsApp-Button
Prinsip Manajemen Keuangan Akuntabilitas

Prinsip Manajemen Keuangan Akuntabilitas

  2021-02-18 17:11:23     Ulti Desi Arni     Dibaca 44 kali

Manajemen keuangan sangat dibutuhkan di dalam sebuah perusahaan, karena untuk mengatur aktivitas pengeluaran dan pemasukan keuangan di dalam sebuah perusahaan, pada sebuah rumah tangga juga harus mempunyai ilmu untuk manajemen keuangan di dalam rumah tangga. Untuk itu disini kita akan membahas tentang pengertian manajemen keuangan, Tujuan, dan keuangan beserta fungsi nya.

Pengertian Manajemen Keuangan

Manajemen Keuangan merupakan semua kegiatan entitas bisnis (organisasi), dalam suatu kerangka penggunaan serta pengalokasian dana entitas bisnis (perusahaan) dengan efisien. Pengertian ini juga mengalami banyak berbagai perkembangan yang berawal dari hanya sekedar mengutamakan suatu kegiatan mendapatkan atau memperoleh dana saja hingga mencakup kegiatan yang mendapatkan, penggunaan dana hingga pengelolaan atas aset (aktiva).

Pengertian Manajemen Keuangan Menurut Para Ahli   

  1. Bambang Riyanto

Bambang Riyanto menyatakan bahwa manajemen keuangan ini merupakan salah satu kegiatan perusahaan yang berhubungan dengan suatu usaha untuk mendapatkan dana yang diperlukan dengan biaya yang minimal dan syarat-syarat yang paling menguntungkan serta usaha menggunakan dana tersebut se-efisien mungkin.

Baca Juga : Kelebihan Zoom Berbayar

  1. L. Massie

J.L.Massie menjelaskan manajemen keuangan ini juga merupakan aktivitas operasional bisnis yang bertanggung jawab untuk mendapatkan dana dan memakai yang diperlukan untuk suatu operasi yang efektif dan efisien.

  1. Sonny, S.

Sonny, S juga menjelaskan manajemen keuangan ini merupakan kegiatan perusahaan yang berhubungan dengan bagaimana caranya untuk mendapatkan suatu dana, memakai dana dan untuk mengelola asset sesuai dengan tujuan perusahaan secara menyeluruh.

  1. Agus Sartono

Agus Sartono menjelaskan manajemen keuangan ini juga bisa dapat diartikan sebagai dana baik yang berkaitan dengan suatu pengalokasian dana dalam bermacam bentuk investasi secara efektif maupun suatu usaha pengumpulan dana untuk investasi atau pembelanjaan secara efisien. (2001:6)

  1. JF Bradley

JF Bradley menjelaskan manajemen keuangan ini juga merupakan bidang manajemen bisnis yang ditujukan untuk penggunaan model secara bijaksana & seleksi yang seksama dari sumber modal untuk memungkinkan unit pengeluaran untuk bergerak ke arah mencapai tujuannya.

Fungsi – Fungsi Manajemen Keuangan

  1. Investment Decision (Keputusan Investasi)

Investasi merupakan penanaman modal pada aset riil ataupun aset finansial (surat berharga), keputusan investasi ini merupakan sebuah keputusan terhadap aset apa yang nantinya akan dikelola oleh entitas/perusahaan. Keputusan yang strategis ini akan sangat mempengaruhi secara langsung terhadap besar kecilnya suatu rentabilitas investasi, serta aliran dana dalam perusahaan pada masa yang mendatang.

  1. Financing Decision (Fungsi Pendanaan)

Keputusan perihal pendanaan yaitu dengan mempelajari berbagai sumber dana perusahaan dalam laporan keuangan yang berada dalam sisi pasiva. Dalam keputusan ini juga harus memperhatikan berapa sumber dana biaya dengan seminimal mungkin dan juga adanya syarat yang bisa menguntungkan baik itu yang berasal dari internal perusahaan ataupun sumber dana yang berasal dari luar perusahaan (eksternal).

Baca Juga : Pengertian Keyboard, Jenis-jenis dan Fungsi pada Komputer

  1. Deviden Decision (Keputusan Deviden)

Pada fungsi ini keputusan biasanya akan menyangkut hal hal seperti:

  1. Besaran presentase laba yang akan dibagikan kepada pemilik dalam sebuah bentuk
  2. Untuk tingkat stabilitas deviden yang akan dibagikan oleh manajemen
  3. Dalam Penarikan saham yang telah beredar

Tujuan Manajemen Keuangan

Manajemen keuangan mempunyai tujuan untuk memaksimalkan nilainya dari sebuah perusahaan. Di dalam manajemen ini kita juga harus menekan suatu perputaran uang yang bisa menghindarkan dari suatu aktivitas yang tidak diinginkan. Yang harus diingat tujuan utama dari suatu perusahaan yaitu untuk memaksimalkan atau menambah kesejahteraan para pemilik perusahaan. Saham yang beredar merupakan suatu bukti kepemilikan, kesejahteraan para pemilik direfleksikan dari harga pasar perusahaan itu, harga perusahaan tersebut ialah buah dari suatu keputusan manajemen mengenai keputusan untuk investasi, keputusan di dalam pendanaan serta aktivitasnya dalam memanage suatu aktivitas, keputusan keputusan tersebut akan berdampak pada harga saham para pemilik perusahaan tersebut.

 

Penulis : Yafi


Sukai/Like Fan Page Facebook Garuda Cyber Indonesia
Subscribe Channel Youtube Garuda Cyber Indonesia
Follow Instagram Garuda Cyber Indonesia
Chat Wa

Signup for Newsletter

Langganan Newsletter dari Garuda Cyber untuk mendapatkan informasi terupdate dari Garuda Cyber Indonesia