WhatsApp-Button
Perbedaan Notebook, Netbook dan Laptop

Perbedaan Notebook, Netbook dan Laptop

  2021-02-18 17:10:02     Ulti Desi Arni     Dibaca 31 kali

Meskipun tergolong sama namun ternyata perangkat komputer terbagi menjadi beberapa jenis yang biasanya dapat dibedakan oleh spesifikasi dan bahkan ukuran perangkat tersebut dapat dijadikan tolak ukur untuk membedakan suatu perangkat komputer tersebut.

Notebook, netbook dan laptop merupakan perangkat komputer yang secara ringkas berbentuk sama namun ukurannya saja yang berbeda.

Perbedaan antara notebook, netbook, dan laptop masih banyak yang belum mengetahui perbedaannya. Walaupun memiliki bentuk tampilan yang hamper serupa, namun ketiga perangkat ini memiliki berbagai perbedaan mendasar. Perbedaan ketiga komponen perangkat ini dilihat dari tampilannya, selain itu ada juga dilihat dari spesifikasi dan berat yang dimiliki sehingga anda bisa dengan cermat dalam membedakan ketiga perangkat komputer tersebut.

Berikut perbedaan antara notebook, netbook, dan laptop sebagai berikut:

  • Perbedaan ukuran layar

Dilihat dari perbedaan ukurannya layarnya. Melihat dari perbedaan yang satu ini tentunya sangat mudah dan anda bisa langsung memahami mana yang laptop, notebook, dan netbook. Laptop biasanya memiliki ukuran layar yang paling besar dibandingkan dengan notebook dan netbook dan laptop biasanya yang paling tebal diantara keduanya.
Selanjutnya notebook memiliki ukuran yang lebih kecil dibandingkan dengan laptop dan jadi ukuran notebook berada di tengah – tengah antara laptop yang besar da netbook yang paling kecil.

Baca Juga : Jasa Pembuatan Website Sekolah di Pekanbaru  

Netbook biasanya memiliki ukuran layar yang paling kecil dibandingkan dengan laptop dan notebook, jadi dari perbedaan ukuran layar ini saja anda sudah dapat membedakan antara ketiga perangkat komputer tersebut.

  • Perbedaan Berat

Perbedaan yang kedua adalah dilihat dari segi beratnya. Tidak jauh berbeda dengan perbedaan ukuran layar, perbedaan berat ini juga dapat menempatkan netbook menjadi yang paling ringan dan ukuran layarnya pun yang paling kecil antara notebook dan laptop. Dan tentunya laptop akan menjadi yang paling berat dan ukuran layarnya juga yang paling besar.
Notebook biasanya memiliki berat sekitar 1,5 kg hingga 2 kg , dan hal ini tentunya akan membuat notebook memiliki berat yang tidak melebihi angka tersebut. Dan berikutnya laptop memiliki berat yang tentunya melebihi berat dari notebook dan netbook. Namun sekarang ini sangatlah sulit untuk membedakan antara ketiga perangkat ini hanya dilihat dari segi beratnya, karena berbagai perusahaan terus menerus mengembangkan teknologinya, sehingga bisa saja laptop menjadi lebih ringan dan notebook.

  • Perbedaan Spesifikasi

Di antara ketiga perangkat komputer ini yang paling mudah dibawa kemana – mana, netbook merupakan perangkat yang dengan spesifikasi yang paling rendah. Biasanya netbook sering menggunakan prosesor kelas menengah ke bawah yang tentunya dapat menyebabkan performa yang tidak begitu tinggi.
Sedangkan pada notebook, biasanya memiliki spesifikasi yang lebih tinggi dari pada netbook dan masih di bawah laptop dan bisa dibilang spesifikasi merupakan kelas menengah pada perangkat komputer.

Baca Juga : Jual aplikasi keuangan Sekolah di Pekanbaru

Dan yang terakhir adalah laptop yang memiliki spesifikasi yang biasanya lebih tinggi dari netbook dan notebook, kadang ada juga spesifikasi laptop yang hampir sama dengan notebook, namun kebanyakan laptop sudah menawarkan spesifikasi yang lebih tinggi.

Meskipun sebuah perangkat netbook terlihat sangat sederhana, tetapi perangkat ini memiliki keterbatasan dan kekurangan sana - sini, tetapi sebenarnya ada sisi lain dari netbook yang bisa dibilang lebih baik dibandingkan dari notebook dan laptop, yaitu daya tahan baterai netbook durasinya lebih awet, selain itu karena berbagai alasan diatas dan minimnya peminat dan menjadikan harga netbook menjadi lebih murah.

Kesimpulan

Untuk zaman sekarang, kebutuhan pemrosesan data lebih berat dan netbook cukup tertinggal dalam hal ini, ukuran file zaman sekarang sudah rata- rata besar dan biasanya netbook memiliki kapasitas yang lebih kecil. Dan sekarang sudah banyak notebook yang sudah memiliki dimensi lebih tipis, bobotnya ringan dan layarnya tetap lebar, dan untuk kebutuhan anda sebaiknya pilihlah notebook.  

Penulis : Syaidah


Sukai/Like Fan Page Facebook Garuda Cyber Indonesia
Subscribe Channel Youtube Garuda Cyber Indonesia
Follow Instagram Garuda Cyber Indonesia
Chat Wa

Signup for Newsletter

Langganan Newsletter dari Garuda Cyber untuk mendapatkan informasi terupdate dari Garuda Cyber Indonesia