WhatsApp-Button
Cara Meningkatkan Brand Awareness

Cara Meningkatkan Brand Awareness

  2021-02-18 17:08:51     Ulti Desi Arni     Dibaca 33 kali

Brand awareness merupakan suatu kemampuan konsumen agar dapat langsung mengenali dan mengingat suatu merek hanya dengan melihat suatu warna, logo, image dan sebagainya yang menggambarkan identitas brand dan akan mampu untuk mengoperasikan suatu barang yang akan di jual dalam waktu singkat.

Merek juga memudahkan seorang penjual dalam mengolah pesanan dan dapat menelusuri masalah yang timbul merek dapat memberikan perlindungan hukum atas keistimewaan yang dimiliki oleh produk mereka memungkinkan untuk dapat menarik sekelompok pembeli yang berlangganan dan juga menguntungkan penjual dalam mem-promosikan merek untuk membantu dalam melakukan segmentasi pasar.

Brand awareness juga merupakan merek dengan kemampuan yang dapat dimiliki oleh masyarakat konsumen untuk mengenal sebuah merek, produk, maupun suatu jasa yang contohnya terdapat seperti merek aqua awalnya dianggap sebagai produk yang gagal karena menjual air minum di tengah negara air yang bersih melimpah.

Baca Juga : Frame Work Pemograman yang Banyak Diminati

Cara membangun brand awareness adalah :

  1. Buat logo dan tagline yang menarik hal paling dasar untuk dapat menciptakan suatu brand awareness dalam membuat logo dan tagline semenarik mungkin.
  2. Aktif di media social.
  3. Buat website yang menarik dan informative.
  4. Mengikuti event.
  5. Lakukan co branding.
  6. Memberi reward.
  7. Menggunakan influencer.

Brand awareness sangat penting bagi bisnis jenis apa saja karena hal tersebut dapat mempengaruhi konsumen membeli produk atau layanan jasa untuk pertama kalinya selain itu brand awareness juga dapat membuat suatu barang konsumen yang akan terus melakukan pembelian brand awareness yang biasa digunakan sebagai alat ukur kinerja suatu merek.

Berbeda dengan brand-brand identity yang merupakan suatu jenis elemen dari brand yang meliputi penyampaian karakter komitmen dan nilai produk suatu perusahaan agar lebih dikenal oleh konsumen melalui aspek warna simbol dan sebagainya karena brand identity lebih berkaitan dengan logo.

Cara membangun brand awareness adalah kemampuan konsumen dalam mengenali atau mengingat sebuah merek termasuk nama, gambar, logo, juga slogan slogan tertentu yang pernah digunakan oleh brand tersebut dalam mempromosikan produk-produk.

Di dalam hal pemasaran produk ada yang namanya strategi salah satunya brand positioning yakni cara membuat perusahaan diingat baik oleh konsumen atau mendapat tempat khusus dari konsumen dangan kata lain mencitakan kesan bagi pelanggan.

Cara meningkatkan brand awareness untuk manfaat jangka panjang bisnis brand awareness atau kesadaran merek merupakan kemampuan konsumen dalam mengenali dan mengingat suatu merek, produk atau jasa brand awareness penting bagi pengguna bisnis karena konsumen cenderung dapat membeli produk yang berasal dari merek yang dikenalnya.

Manfaat dari brand awareness memiliki suatu usaha branding yang bagus dalam merek yang digunakan dan dapat mengubah dan mendorong perspektif serta opini masyarakat menjadi positif dan akhirnya target pasar pun akan menjadi semakin luas.

Keunggulan brand awareness dengan adanya brand awareness perusahaan dan konsumen dapat membedakan satu produk dengan produk lainnya, perusahaan-pun dapat menyesuaikan jenis promosi yang sesuai dengan melalui iklan, sponsorship acara hingga media cetak.

Baca Juga : Pengertian Jaringan Seluler

Kekurangan utama dari brand awareness adalah tidak semua orang merasakan hubungan emosional yang sama terhadap suatu produk kamu mungkin menyukai merek ponsel anda pati temanmu yang tidak familir dengan merek tersebut bisa saja berpikir sebaliknya.

3 Metrik utama untuk mengukur brand awareness :

  1. Social media reach jangkauan konten yang diposting di media social menjadi salah satu indicator dari kesuksesan suatu campaign brand awareness
  2. Brand mention cara lain untuk mengukur brand awareness adalah melacak seberapa sering suatu brand disebutkan atau dimention secara online
  3. Branded search

Pengukuran variable menggunakan beberapa indicator diantaranya indicator brand awareness adalah kemampuan mengingat merek dalam level top of mine kemampuan mengenali merek kemampuan konsumen dalam mengingat kembali merek dan memiliki ciri khas

Kesadaran merek memiliki indicator yaitu

  • Mengingat symbol atau logo dengan cepat membantu konsumen dalam menyebutkan suatu merek dengan benar

Ada empat fase dalam mengelola brand management

  • Fase satu mengembangkan brand vision
  • Fase dua menentukan gambaran brand anda
  • Fase tiga mengembangkan brand asset management strategy
  • Fase empat mendukung brand asset management culture.

 

Penulis : Aini


Sukai/Like Fan Page Facebook Garuda Cyber Indonesia
Subscribe Channel Youtube Garuda Cyber Indonesia
Follow Instagram Garuda Cyber Indonesia
Chat Wa

Signup for Newsletter

Langganan Newsletter dari Garuda Cyber untuk mendapatkan informasi terupdate dari Garuda Cyber Indonesia