WhatsApp-Button
Lebih Baik Laptop Atau Notebook Untuk Kuliah

Lebih Baik Laptop Atau Notebook Untuk Kuliah

  2021-02-17 16:55:50     Ulti Desi Arni     Dibaca 32 kali

Pada dunia perkuliahan, tentunya kita memerlukan laptop untuk menunjang pelajaran agar memudahkan kita saat mengerjakan tugas dan lain-lain. Namun terdapat laptop dan notebook yang dapat menjadi salah satu pilihan dalam membantu untuk menyelesaikan tugas. Tapi antara laptop dan notebook manakah yang sesuai untuk menunjang perkuliahan?

Untuk memilih laptop atau notebook tentu sesuai dengan kebutuhan kita sendiri, terdapat beberapa alasan yang dapat membantu kita memilih manakah yang bagus antara laptop dan notebook. Berikut beberapa alasannya.

  1. Alasan memilih Laptop

Laptop merupakan suatu bentuk computer yang lebih slim dan ringan saat dibawa kemana-mana. Ada banyak hal yang dapat menjadi kelebihan dari laptop. Kelebihan tersebut dapat membantu kita dalam memilih laptop ataukah notebook. Berikut kelebihan dari laptop.

  • Laptop memiliki performa yang sangat baik.

Kita tau laptop merupakan computer namun lebih mudah dibawa, dengan bentuk yang lebih kecil dari computer namun laptop memiliki performa yang baik saat digunakan. Performa yang dimiliki laptop lebih bagus dibandingkan dengan notebook. Pada laptop kita dapat melakukan aktivitas-aktivitas yang lebih berat. Selain itu laptop juga memiliki fitur yang sangat lengkap sehingga dapat mendukung aktivitas kita dengan sempurna. Untuk yang memiliki aktivitas berat seperti bermain game atau pun untuk desain grafis lebih baik memilih laptop.

Baca Juga : Pengertian Internet

  • Laptop mempunyai layar yang lebih besar

Kelebihan selanjutnya yaitu mempunyai ukuran yang lebih besar. Ukuran laptop yang paling rendah yaitu 18 inci. Dengan memiliki layar monitor yang besar tentu akan membuat kita menjadi lebih nyaman.

  • Laptop memiliki ukuran RAM dan juga VGA yang lebih besar

Tak hanya memiliki ukuran layar yang lebih besar. Laptop juga harus memiliki RAM dan VGA yang lebih baik. RAM dengan kapasitas yang lebih besar sehingga bisa membuat laptop bekerja dengan lebih baik dan antilelet. Sedangkan VGA yang lebih tinggi bisa membantu kita membuat tampilan layar laptop menjadi lebih baik.

  1. Alasan memilih notebook

Sedangkan untuk notebook berikut adalah kelebihan yang dimiliki oleh notebook. Notebook merupakan computer yang lebih kecil dengan ukuran yang lebih kecil dari laptop.

  • Notebook memiliki bobot dan ukuran yang lebih ringan

Salalh satu hal yang menjadi kelebihan dari notebook yaitu terdapat pada ukuran yang lebih kecil serta bobot yang lebih ringan. Notebook memiliki berat sekitar 1 sampai 2 kg. Sementara laptop bisa memiliki berat yaitu 3 kg – 5 kg. Oleh karena itulah notebook lebih nyaman jika dibawa kemana-mana.

Baca Juga : Manfaat Belajar Komputer di Sekolah

  • Notebook lebih fleksibel untuk dibawa kemana-mana

Pada notebook karena ukurannya lebih kecil dan ringan, notebook lebih bisa dibawa kemana-mana. Sehingga notebook lebih bisa meyakinkan untuk mendukung kemudahan. Karena bagian ini bisa jadi pertimbangan untuk pilih laptop atau notebook.

  • Notebook memiliki daya tahan baterai lebih lama.

Laptop memiliki kelebihan performa yang lebih bagus sedangkan notebook memiliki kelebihan pada daya tahan baterai yang tahan lama. Sebagian besar dari semua notebook difasilitasi dengan kapasitas baterai yang lebih tinggi. Maka dari itu kita bisa menggunakan notebook dalam waktu lama tanpa harus terhubung dengan sumber listrik.

Setelah kita menemukan kelebihan dari laptop dan notebook maka kita akan terdapat gambaran untuk memilih antara keduanya. Untuk pilihan kita tergantung dengan kebutuhan yang kita perlukan. Maka dari itu sesuaikan dengan kondisi kita saat memilih untuk menggunakan laptop ataupun notebook dalam perkuliahan. Karena jika kita tidak nyaman dengan laptop atau notebook yang kita pilih itu akan membuat kesulitan untuk diri kita juga. Demikian lah alasan yang dapat kita lihat saat memilih laptop atau notebook atau laptop untuk kuliah. Semoga bermanfaat!

 

Penulis : Riela Annisa


Sukai/Like Fan Page Facebook Garuda Cyber Indonesia
Subscribe Channel Youtube Garuda Cyber Indonesia
Follow Instagram Garuda Cyber Indonesia
Chat Wa

Signup for Newsletter

Langganan Newsletter dari Garuda Cyber untuk mendapatkan informasi terupdate dari Garuda Cyber Indonesia