WhatsApp-Button
Jenis Jaringan Syaraf Tiruan

Jenis Jaringan Syaraf Tiruan

  2021-02-17 16:41:44     Ulti Desi Arni     Dibaca 27 kali

Jaringan syaraf tiruan merupakan sebuah algoritma klasifikasi yang konsepnya meniru suatu prinsip kerja dari jaringan syaraf tiruan. Algoritma tersebut merupakan sebuah data masukan yang berada pada layer masukan menuju target pada layer keluaran melalui neuron yang terdapat pada layer tersembunyi. Data tersebut pada setelah berada pada layer tersembunyi kemudian akan dihubungkan dengan bobot tersebut kemudian akan diproses menggunakan fungsi aktivasi. Lalu pada data hasil olahan yang terdapat pada layer tersembunyi dihubungkan kepada bobot tersembunyi menuju ke layer keluaran. Setelah hasil didapat kemudian akan dibandingkan dengan data target sehingga didapat tingkat kesalahannya atau error.Jika error yang didapat lebih kecil dibandingkan dengan target dari error tersebut, maka proses tersebut akan berhenti, sedangkan sebaliknya jika error masih lebih besar daripada target error maka akan dilakukan proses perambatan balik dengan melakukan pembaharuan bobot.

Setelah kita mengenal tentang apa itu jaringan syaraf tiruan, maka kita akan membahas mengenai jenis jenis dari jaringan syaraf tiruan. Berikut merupakan beberapa jenis yang terdapat pada jaringan syaraf tiruan serta penjelasan singkat.

  1. Backpropagation

Backpropagation merupakan salah satu dari banyaknya metode yang terdapat pada jaringan syaraf tiruan. Backpropagation merupakan salah satu metode pelatihan yang terawasi atau supervised learning yang terdapat maksud yaitu memiliki target yang akan dicari. Backpropagation memiliki ciri-ciri yaitu meminimalkan error yang terjadi pada output yang dihasilkan oleh jaringan. Backpropagation menggunakan metode yaitu jaringan multilayer. Jaringan multilayer yang dimaksud merupakan layer yang terdapat di dalamnya yaitu input layer (layer masukan), hidden layer (layer tersembunyi) output layer (layer keluaran).

Baca Juga : Firma

  1. Perceptron

Perceptron merupakan metode yang paling sering digunakan di JST serta paling sederhana, digunakan untuk mengklasifikasikan pola khusus (linearly separable) atau pola-pola yang terletak pada sisi yang berlawanan pada suatu bidang. Bagian perceptron terdiri dari neuron tunggal yang terdapat dalam bobot sinaptik dan threshold yang dapat diatur. Pada perceptron metode yang digunakan yaitu mampu melakukan proses perhitungan dengan mengenali variabel dalam pencocokan pola hasil keluaran dari jaringan untuk bahan pertimbangan pengambilan keputusan. Algoritma perceptron merupakan bentuk jaringan syaraf yang digunakan untuk melakukan klasifikasi suatu pola tertentu yang sering dikenal dengan pola pemisah yang dilakukan secara linear.

  1. Probabilistik neural network

Probabilistic Neural Network atau jaringan syaraf Tiruan Probabilistik dikembangkan oleh Donald F Specht pada tahun 1988. Probabilistik neural network merupakan suatu metode jaringan syaraf tiruan yang menggunakan sebuah pelatihan atau training supervised. Probabilistic Neural Network termasuk ke dalam struktur Feedforward. Probabilistic Neural Network berasal dari jaringan Bayesian dan algoritma klasifikasi terhadap sejumlah kategori.

Baca Juga : Pengertian Mouse

Probabilistic Neural Network digunakan untuk mengatasi sebuah masalah klasifikasi. Terdapat 3 lapisan pada probabilistic neural network, yaitu input layer yaitu merupajan layer data input bagi probabilistic neural network, yang kedua yaitu hidden layer yaitu untuk menerima data dari input layer yang akan diproses dalan probabilistic neural network dan yang terakhir yaitu output layer yaitu node ouput yang berupa binary yang menghasilkan keputusan klasifikasi.

  1. Radial basis network

Radial basis network merupakan sebuah model linear dimana sebuah fungsi basis merupakan suatu radial basis function yaitu terdapat fungsi yang tergantung kepada jarak antar argumennya. Radial basis function network memiliki tiga lapis yang bersifat feedforward yang dapat memecahkan masalah klasifikasi atau terhadap pengenalan sebuah pola. Radial basis network dikenal sebagai salah satu jaringan syaraf yang memiliki tiga lapis yang bersifat feedforward yang dapat memecahkan masalah klasifikasi atau untuk pengenalan pola.

Demikianlah jenis jenis yang terdapat pada jaringan syaraf tiruan (JST).

 

Penulis : Riela Annisa


Sukai/Like Fan Page Facebook Garuda Cyber Indonesia
Subscribe Channel Youtube Garuda Cyber Indonesia
Follow Instagram Garuda Cyber Indonesia
Chat Wa

Signup for Newsletter

Langganan Newsletter dari Garuda Cyber untuk mendapatkan informasi terupdate dari Garuda Cyber Indonesia