WhatsApp-Button
Jual Aplikasi BKD Kampus

Jual Aplikasi BKD Kampus

  2021-02-16 16:46:16     Ulti Desi Arni     Dibaca 160 kali

Jual Aplikasi BKD Kampus

Perkembangan teknologi informasi dan komunikasi kian hari terus pesat dengan menawarkan ragam kemudahan untuk para penggunanya. Dimana keberadaannya yang semakin canggih tersebut semakin diterima oleh masyarakat dan bahkan ada yang menjadikannya sebuah kebutuhan. Bukti dari banyaknya yang memanfaatkan kemajuan teknologi tersebut diantaranya penggunaan smartphone.

Keberadaan smartphone atau gadget tidak semata hanya sebagai alata komunikasi saja, dimana banyak orang memanfaatkannya untuk mendukung aktivitas kerja mereka. Bermodalkan smartphone saja mereka bisa menjelajahi dunia serta berkreasi semaksimal mungkin. Bahkan bermodalkan dengan smartphone itu juga banyak yang meraup keuntungan setiap harinya jutaan bahkan puluhan juta rupiah.

Melihat hal tersebut tidak heran dunia digital terus berupaya berkembang agar bisa memenuhi setiap kebutuhan manusia. Beberapa industri kerja atau instansipun telah memanfaatkan teknologi dalam mendukung aktivitas pekerjaan mereka. Memanfaatkan teknologi yang tepat, diharapkan mampu mempermudah dan mempercepat pekerjaan. Selain itu, dengan adanya teknologi digital juga akan bisa menjadi modal untuk bisa bertahan di era digital saat ini, termasuk juga pada sebuah perguruan tinggi.

Kita ketahui bahwa perguruan tinggi adalah sebuah institusi yang berperan penting dalam membantu mencerdaskan generasi bangsa. Banyak sekali aktivitas yang terjadi di dalamnya, diantaranya kegiatan belajar mengajar serta pengembangan diri untuk mahasiswa. Dalam mewujudkan impia generasi bangsa sebuah kampus yang baik tentu saja di dukung oleh dosen yang mumpuni pula.

Dimana pada sebuah kampus, dosen ini adalah salah satu komponen yang penting agar proses perkuliahan berjalan. Apabila tidak adanya dosen tentu proses belajar mengajar tidak akan terjadi di dalamnya. Sang dosenlah yang mengemban tanggung jawab agar bisa mewujudkan tujuan dari pendidikan nasional, yaitu mencerdaskan kehidupan bangsa, meningkatkan kualitas taqwa, akhlak mulia, penguasaan ilmu pengetahuan dan ikut mewujudkan masyarakat Indonesia yang maju, adil, dan beradab. Maka dari itulah sebuah perguruan tinggi benar-benar harus memilih dosen yang tepat serta profesional di dalam bidangnya.

Baca Juga : LAN, MAN & WAN

Seorang dosen ini memiliki tugas utama yaitu melaksanakan Tridharma perguruan tinggi, dimana masing-masing mereka memiliki beban kerja mengajar dalam setiap semesternya minimal 12 sks dan maksimal 16 sks. Sedangkan mereka yang sudah profesor tentu tidak hanya mengajar saja, namun juga memiliki tugas menulis karya tulis. Pada umumnya setiap dosen juga dituntut harus melakukan penelitian untuk mengembangkan pengetahuan mereka. Nah, pelaksanaan setiap beban kerja dosen ini tentu saja harus dievaluasi dan dilaporkan secara berkala setiap periodenya.

Dosen yang berkompetensi tentu saja mereka yang memiliki kemampuan dan skill mumpuni di dalam bidang yang diampunya. Dimana dengan kemampuan tersebutlah bisa menentukan kualitas pelaksanaan Tridharma perguruan tinggi. Maka dari itu dalam rangka menjamin pelaksanaan dari tugas setiap dosen yang ada berjalan sesuai dengan kriteria yang sudah diatur dalam perundang-undangan maka membutuhkan evaluasi atau pelaporan sesuai waktu yang sudah ditetapkan.

Dalam proses pelaporan tersebut maka dibutuhkan pencatatan yang valid untuk setiap kegiatan dan BKD yang dilaksanakan oleh dosen. Dalam hal ini kampus tentu saja harus dituntut maksimal dan profesional, sehingga jika hanya menghandalkan cara manual tentu saja tidak efektif dan efisien. Sebab pencatatan manual masih saja ada kemungkinan seperti manipulasi data atau kesalahan yang disebabkan oleh human error lainnya.

Di era digitalisasi saat ini sudah selayaknya kampus menerapkan teknologi tepat guna dalam membantu seluruh civitas akademika yang ada, diantaranya menggunakan Aplikasi Beban Kerja Dosen dari Garuda Cyber. Dimana Aplikasi ini adalah Aplikasi yang memudahkan dalam manajemen atau mengelola yang berkaitan dengan BKD.

Tentu saja akan banyak sekali kemudahan yang ditawarkan dalam Aplikasi BKD ini, selain lebih efektif dan efisien ia juga lebih hemat dalam banyak hal diantaranya waktu dan biaya. Proses pelaporan akan jauh lebih cepat ketimbang cara manual, dan tidak membutuhkan banyak kertas dalam melampirkan bukti BKD yang dilaksanakan karena semuanya berupa data digital yang tersistem secara baik.

Fitur-fitur Aplikasi BKD

Bagusnya sebuah aplikasi tentu saja semua itu di dukung degan fitur lengkap yang disajikannya. Ketika sebuah aplikasi memiliki fitur yang memenuhi setiap kebutuhan yang ada sehingga akan menjadi solusi yang tepat. Banyak sekali fitur yang ditawarkan dalam Aplikasi BKD ini untuk memberikan ragam kemudahan para penggunanya, diantara fitur yang tersedia adalah :

  1. Manajemen Master BKD

Fitur manajemen data master BKD ini berfungsi untuk memanajemen setiap data-data yang dibutuhkan untuk dikelola secara tepat. Disana bagian operator atau admin bisa memenajemen apa saja yang akan ditampilkan agar memudahkan dalam proses yang dibutuhkan.

Baca Juga : PENGERTIAN LAPTOP: Sejarah, Fungsi & Komponen Laptop

  1. Manajemen Poin BKD

Selain manajemen master, disini juga tersedia fitur untuk manajemen poin BKD. Sebab setiap Beban Kerja Dosen tentu saja akan mendapatkan poin yang nantinya akan menjadi penilaian di akhir. Bahkan berdasarkan poin tersebut bisa memungkinkan untuk memberikan penghargaan kepada sang Dosen.

  1. Upload Berkas BKD

Setiap BKD yang dilaksanakan oleh dosen tentu saja dilengkapi dengan berkas seperti bahan mengajar, penelitian dan lain sebagainya. Setiap berkas tersebut haruslah dilaporkan untuk menjadi penilaian, maka dari itu melalui sistem atau Aplikasi BKD ini akan memudahkan dosen dalam mengupload langsung berkas sehingga menghemat dalam penggunaan kertas dan lainnya.

  1. Verifikasi & Validasi Data BKD

Berkas yang diupload tentu saja nantinya akan diverifikasi dan divalidasi oleh bagian yang berwenang, sehingga setelah dosen bersangkutan mengupload berkas maka proses verifikasi dan validasi juga bisa dilakukan melalui sistem.

  1. Cetak Bukti BKD

Ketika dosen membutuhkan bukti atau bagian pihak tertentu membutuhkan bukti bahwa sang dosen telah melaksanakan BKDnya dan memenuhi berkas yang diinginkan, di sistem tersedia fitur cetak bukti.

  1. Laporan Lengkap

Selanjutnya mengenai laporan, laporan ini bisa saja berupa daftar ceklis apa saja yang telah dipenuhi oleh dosen atau berupa bentuk lainnya. Ketika laporan yang dihasilkan sangat lengkap tentu saja sangat mendukung dalam pengambilan keputusan demi kemajuan dan kebaikan sebuah organisasi. Karena hal itulah, aplikasi BKD ini menyediakan laporan lengkap sesuai kebutuhan kampus.

  1. Terintegrasi dengan Sistem Akademik

Tidak kalah penting, aplikasi BKD ini tentu saja terintegrasi langsung dengan Sistem Akademik sehingga data dosen tidak perlu diinputkan ulang atau berkali dan ini bisa menghindari yang namanya redundancy data.

 

#GarudaCyber23Februari


Sukai/Like Fan Page Facebook Garuda Cyber Indonesia
Subscribe Channel Youtube Garuda Cyber Indonesia
Follow Instagram Garuda Cyber Indonesia
Chat Wa

Signup for Newsletter

Langganan Newsletter dari Garuda Cyber untuk mendapatkan informasi terupdate dari Garuda Cyber Indonesia